Roti Burger Bolognese

Roti Burger Saus Bolognese ini hanya memanfaatkan roti dan saus yang ada dikulkas untuk sarapan kami. Resep roti yang sama dan saus yang sama. Saus nya sudah hapal luar kepala dan sudah sering saya posting juga. Kebiasaan sekali saya, 2 minggu ini adalah stok saus bolognese. Harga tomat sekarang murah banget 1 kg cuma 4 ribu rupiah. Jadi saya puas-puasin makan saus tomat. Lebih tenang juga kasih saus tomat homemade ke anak saya. Walau kadang buat saunya tanpa daging sapi, alias vegetarian menggunakan tahu putih yang dicacah dan dihaluskan lalu dipanggang. Saya mah nggak vegetarian. Mengikuti kantong saja. Mahal daging sapi makanya ganti tahu. Walau di Postingan ini nggak pakai tahu ya, pakainya daging ayam

Beberapa dari anda mungkin tak sependapat dengan saya dan beranggapan Saus Bolognesenya menjadi tidak otentik, tapi bukankah itu enaknyanya home cooking? Memasak sendiri di rumah membuat saya bisa bereksperimen dengan lebih mudah, dan tentu saja sesuai dengan lidah dan perekonomian keluarga saya. Bukan berati kita tidak respect atau berterima kasih kepada si pemilik resep asli tapi jika ada versi yang lebih sedap, sesuai kantong, kenapa tidak dicoba bukan? 

Revolusi Industry 4.0 tidak hanya memudahkan hidup manusia, tetapi juga menggerus selera makan dan kebiasaan makan yang sehat. Saya tak perlu bercerita tentang bahayanya pengawet dan aneka junk food lainnya karena sudah sering juga saya tulis. Kadang saat teman sakit, justru nasehatnya lah yang saya dengar. Jangan suka makan ini ,itu dan itu. Kadang kita sudah tahu ya, bukan masalah porsinya tapi frekuensinya. Tanpa sadar frekuensi makan makanan yang tak sehat, serba instan dan berpengawet telah menumpuk tahunan menyebabkan penyakit tak kasat mata ke depannya. 

Membuat rotinya, saya berbarengan dengan roti pada Fish Fillet Bun disini, saya memang suka stok saja petty bun, roti nya untuk sarapan kami. Kan pagi-pagi bisa cepat menyajikan untuk suami dan anak. Ok ini resepnya. Saya copas aja dari blog saya juga. 

Roti Burger Bolognese

Untuk 8 pcs roti
Bahan adonan roti :
200 gram terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang
60 gram gula pasir
6 gram ragi bubuk
7 gram susu bubuk
5 gram garam
100 ml susu cair full cream putih
1butir telur
37 gram margarine

Saus Bolognese
250 gram daging ayam cincang /daging sapi
1/2 sdt merica hitam
1 buah bawang bombay (iris-iris)
4 siung bawang putih (cincang halus)
5 buah tomat
2 sdm oregano kering
1 sdm basil kering
3 sdm saus sambal (tambah jika suka pedas)
6 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1sdm maizena (larutkan dengan sedikit air)

Pelengkap
Keju Lembaran
Selada
Tomat
Saus sambal/Mayonaise

Cara membuat
membuat Saus Bolognese
  1. Cuci bersih tomat. Tusuk tusuk dengan garpu. Didihkan air, masukkan tomat masak sekitar 5 menit hingga kulit tomat terkelupas dan matang. Dinginkan.
  2. Kupas kulit dan buang isinya (bijinya), blender hingga halus
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan daging ayam. Aduk rata. Tambahkan pasta tomat, masak hingga meletup letup. tambahkan bahan lainnya
  4.  Koreksi rasa.Masukkan maizena dan kentalkan. Dinginkan.
  5. Siap dipakai
Membuat Roti
  1. Aduk rata terigu, gula, ragi bubuk, bread improver (jika pakai), susu bubuk hingga tercampur rata
  2. Masukkan air dan telur hingga tercampur rata. Saya menggunakan mixer aduk dengan kecepatan sedang hingga setengah kalis. Jika menggunakan tangan, pindahkan adonan ke atas meja dapur yang bersih lalu dengan kedua tangan uleni seperti kita mencuci baju manual dengan tangan.Tanda adonan kalis saat dibentangkan dan ditipiskan tidak putus.
  3. Tambahkan margarin, garam. Uleni kembali hingga kalis.
  4. Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi adonan masing -masing sebesar 70 gram dan bulatkan.Tutup dengan plastik /serbet, diamkan kembali selama 10 menit
  5. Ambil  adonan , kempiskan, bulatkan. Susun adonan di loyang, beri jarak agar tidak menempel satu sama lain.  Lakukan hal sama hingga adonan habis. Diamkan selama  60 -90 menit sampai mengembang.
  6. Oles dengan kuning telur , beri taburan tepung roti
  7. Panggang dalam oven suhu 180 oC . Harap kenali oven masing -masing. Panggang sekitar 10 -15 menit. Sampai matang, ditandai dengan bagian bawah coklat /menguning dan atas kecoklatan.
Penyelesaian
  1. Cuci bersih sayuran yang digunakan seperti tomat, selada, timun. Potong tipis untuk tomat dan timun. Sisihkan
  2. Tata roti, potong 2 roti sampai putus, panggang sebentar. Angkat. Beri selada, timun, tomat, keju lembaran (jika pakai), saus mayonaise, saus tomat, saus sambal, saus bolognese dan tutup dengan roti kembali. 
  3. Sajikan 

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.