Resep Kembang Kol Kung Pao

Kalau makan sup umumnya akan mudah kita temui sayuran, salah satunya adalah kembang kol. Namun kalau kembang kol dimasak itu-itu saja, saya bisa bosan. Mengolah kembang kol menjadi aneka sayuran lain sepeti tumis kung pao ini sangat layak dicoba. Walau saya tahu, kembang kol yang kaya vitamin dan mineral ini tak baik jika di goreng dengan minyak banyak. Namun sesekali tak mengapa. Apalagi kalau dipadupadankan dengan lauk seperti ikan yang dibakar. Menurut saya seimbang. Salah satu makanan  terkena minyak, dan lainnya tanpa minyak sama sekali. Sedap bertubi-tubi. 


Kembang kol atau bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kubis bunga yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool. Kata blumbol juga dikenal secara lazim. Kembang kol  umumnya berwarna putih kekuningan atau kehijauan, tapi ada juga yang berwarna ungu dan orange. 

Menurut Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram kembang kol mentah mengandung 25 kalori, 5 gram karbohidrat yang terdiri dari 3 gram serat dan 2 gram gula, 30 miligram natrium, dan 1 gram protein. Dalam takaran yang sama, kembang kol juga dapat memenuhi 77 persen kebutuhan vitamin C harian, 19 persen kebutuhan vitamin K, 2 persen kebutuhan kalsium, dan 2 persen zat besi harian Anda.

Dilihat dari kandungan gizinya, kembang kol termasuk sayuran yang sangat rendah kalori, tapi tinggi serat. Oleh karena itu sering digunakan untuk yang menjalani diet keto. Makan kembang kol ini bisa membuat kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi, dan tentu saya segudang manfaat lainnya seperti melancarkan pencernaan, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung. Yang terakhir nggak berlaku sepertinya karena metode di goreng ya. Tapi kalau pakai minyak zaitun atau canola tentu lebih sehat lagi 

Resepnya masih sama dengan Jamur tiram kung pao yang pernah saya posting disini . Enaknya masak ini sesaat sebelum disajikan, agar kembang kolnya masih crunchy , renyah dan bertepung crispy dan dibalur dengan saos asam pedas. Saya menggunakan kacang tanah yang telah di copper kasar. Sebenarnya itu sisa dari topping donat. Kebanyakan mencacah kasar si kacang, hingga kacang utuh sudah habis tak bersisa.

Di kembang kol biasanya suka ada ulat yang hidup di dalam dan sela-sela kembang kol, warnanya yang sama dengan di kuntum kembang kol sehingga tak kasat mata jika sedang bersembunyi. Oleh karena itu pancing ulat keluar dengan merendamnya dengan air garam. Lalu potong kembang kol , perkuntum kesukaan. Rendam air garam juga kurang lebih 10 menit. Nanti kalau ada ulat, ulatnya segera keluar. Cuci bersih lalu ditiriskan. Dan ini resepnya ya

Kembang Kol Kung Pao

Bahan
1 kuntum kembang kol ukuran sedang ,sekitar 350 gram (potong kecil, rendam dengan air garam,bilas  dan tiriskan)
1 butir telur Kocok lepas (optional untuk baluran basah kembang kol, saya tidak pakai)
1 bungkus tepung bumbu serbaguna ( atau jika ingin  gluten free bisa campur sagu/tapioka :maizena (3:1), saya menggunakan tepung terigu  dan diberi merica, bawang putih bubuk dan garam. Cicipi dan koreksi asinnya sesuai keinginan)
3 pcs bawang putih iris halus
1/2 pcs bawang bombay
2 cm jahe cincang halus (saya jahe bubuk)
10 pcs cabai merah kering (rendam sebentar lalu potong-potong serong)
1 genggang kacang tanah/kacang mete ( goreng hingga matang)

Bahan dan bumbu Saus
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
3 sdm saus tiram (pilih yang kualitasnya baik)
4 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt minyak ikan

Topping
1/2  batang daun bawang rajang kasar (optional, saya tidak pakai)
Biji wijen (saya tidak pakai)

Cara membuat isi:

  1. Rendam kembang kol dengan air garam, potong per kuntum, rendam air garam sekitar 10 menit. Bilas bersih dan tiriskan. 
  2. Kocok lepas telur (jika pakai) , masukkan kembang kol ke dalam dalam tepung, kocokan telur dan tepung kembali. Jika hanya menggunakan tepung tanpa air. Masukkan kembang kol ke dalam tepung, dan balurkan hingga rata. Kelebihan air di kuntum kembng kol, akan membuat tepung menempel tipis.  Aduk rata. Balurkan tepung merata
  3. Panaskan minyak. Goreng kacang tanah hingga matang, angkat dan tiriskan. Goreng juga kembang kol yang sudah dibalur tepung hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan
  4. Masukkan semua bahan saus dalam satu wadah, iris bawang bombay, bawang putih dan cabai.
  5. Ambil sedikit minyak. Panaskan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  6. Masukkan cabai kering dan kacang tanah. Aduk rata
  7. Tambahkan saus aduk rata
  8. Tambahkan kembang kol yang telah di goreng crispy.
  9. Angkat dan sajikan. Tabur dengan daun bawang dan wijen

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.