Resep Jamur Tiram Kung Pao

Kalau suka makan di restoran pecinan, salah satu menu adalah kung pao. Baik ayam, daging non halal, ataupun sayuran dimasak dengan kung pao. Semula saya nggak terlalu ngeh apa artinya, namun keseringan makan baru ngerti. Bagi saya kung pao itu masak ditumis sebentar dengan bumbu kacang tanah, cabai kering dan dimasak dengan saus asam pedas. Nah saya lebih merasa aman dan nyaman, kalau mencicipi versi vegetarian restoran pecinan. Setidaknya tidak ada daging yang non halal. Walau mungkin saja pakai angciu atau proses dan sistemnya yang non Halal yang dahulu saya belum aware banget dengan seksama
Dahulu sekolah seperti SD IT belum lah sepopuler sekarang dan saya mencicipi sekolah negeri yang alhamdulillah ada banyak etnis dan suku bangsa. Teman baik saya vivi suka sekali masak begini. Biasanya menggunakan daging nabati yaitu daging versi vegetarian yang berasal dari terigu yang dicuci berulang kali. Waktu itu jamur tiram tidaklah sepopuler sekarang. Dan saat makan siang kami akan bertukar lauk makan untuk saling cicip makanan ibu kami masing-masing. Dan Kungpao adalah salah satu tumisan yang suka dia dibawa. Sedap sekali.

Sekarang si Kung pao banyak versi. Mulai dari tahu, ayam, dan sayur mayur hingga isian roti. Bisa pakai kacang mete agar rasanya lebih enak dan tidak biasa. Saya pernah buat roti dengan menggunakan isian Ayam Kung Pao dengan kacang mete disini. Postingan pertama di tahun 2015 sebelum akhinya blog ini terbengkalai. Ngurus bayi, sambil kerja dan LDR itu benar-benar menguras waktu. Jangankan buat foto-foto makanan. Jemuran pakaian aja rasanya panjang sekali dari Sabang Sampai Merauke. Cucinya kapan, jemurnya kapan. Jarak waktu terbentang Jauhh sekali. Dan lebih bernapas lega emang setelah resign. Sudah nggak ada keriput mikirin target kerja dan beban lainnya. Lebih enjoy sekarang dan lega. Alhamdulillah. Ada plus dan minusnya, but I am Happy
Saya menggunakan kacang tanah yang sudah di chopper kasar, sisa topping donat. Kalau anda menggunakan kacang tanah utuh. Tentu lebih jelas fotonya ya. Jangan lupa di kupas dahulu kulitnya atau beli kacang tanah kupas yang telah di masak/panggang. Atau masak sendiri dan kupas. Tergantung aksesnya saja. 

Gunakan Cabai merah kering agar rasanya mendekati rasa aslinya, dan saya menggunakan cabai lokal. Cabai kering bisa dibeli di supermarket atau membuat sendiri seperti saya. Kebiasaan orang lama, suka nimbung cabai saat harga cabai murah untuk dipakai masak kalau harga cabai selangit dan memang kalau mau masakan padang agar warnanya lebih ngejreng digunakan cabai kering. Saya sudah stok 1 kantong cabai kering yang saya buat sendiri dari 1 kg cabai yang saya jemur dan oven hingga kering. Sebelum digunakan rendam cabai kering dengan air mendidih hingga lunak, potong-potong dengan gunting. Agar rasanya tetap kriuk dan renyah dalam balutan saus asam pedas, buat semua masakan ini sesaat sebelum disajikan. Dengan bumbu saos dikumpulkan pada satu wadah saja agar tidak terlupa/ada yang tertinggal. Dan ini resepnya 

Resep Jamur Tiram Kung Pao

Bahan 
250 gram jamur tiram (cuci bersih, peras dan tiriskan)
1 butir telur Kocok lepas (optional untuk baluran basah jamur tiram_saya tidak pakai)
1 bungkus tepung bumbu serbaguna ( atau jika ingin  gluten free bisa campur sagu/tapioka :maizena (3:1), saya menggunakan tepung terigu  dan diberi merica, bawang putih bubuk dan garam. Cicipi dan koreksi asinnya sesuai keinginan)
1 batang daun bawang rajang kasar
3 pcs bawang putih iris halus
1/2 pcs bawang bombay
2 cm jahe cincang halus (saya jahe bubuk)
10 pcs cabai merah kering (rebus air hingga mendidih, lalu rendam cabai hingga lunak, potong-potong serong menggunakan gunting)
1 genggang kacang tanah/kacang mete ( goreng hingga matang)
secukupnya wijen putih

Bahan dan bumbu Saus
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
3 sdm saus tiram (pilih yang kualitasnya baik)
4 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt minyak ikan

Cara membuat isi:
  1. Cuci bersih jamur , peras kuat airnya. Tiriskan dan suir suir. 
  2. Siapkan tepung bumbu sesuai selera. Masukkan jamur tiram .Aduk rata. Balurkan tepung merata
  3. Panaskan minyak. Goreng kacang tanah hingga matang, angkat dan tiriskan. Goreng juga jamur yang sudah dibalur tepung hingga kecokelatan. 
  4. Angkat dan tiriskan. Sisihkan
  5. Masukkan semua bahan saus dalam satu wadah, iris bawang bombay, bawang putih dan cabai. 
  6. Ambil sedikit minyak. Panaskan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  7. Masukkan cabai kering dan kacang tanah. Aduk rata
  8. Tambahkan saus aduk rata
  9. Tambahkan jamur yang telah di goreng crispy. Aduk rata
  10. Angkat dan sajikan. Tabur dengan daun bawang dan wijen

 Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.