Puding Santan Double Tapai - Cassava Fermented With Coconuts Milk Pudding

Tape atau tapai yang merupakan fermentasi dari pangan karbohidrate seperti singkong dan beras ketan enak sekali di olah menjadi apapun. Mau cake tape,menjadi pengisi pada es teller ataupun berpadu dengan agar-agar dan menjadi puding yang saya posting ini. Walau puding ini bukan makanan Mewah ataupun istimewa  tapi saya suka sekali. Istimewa itu jika jarang dijumpai, saya sering sekali buat jadi bagi saya tidak lagi istimewa, tapi mungkin berbeda dengan yang jarang menemui tape di tempatnya hehe. Rasa tape yang manis asam menurut saya cocok dipadupadankan dengan apapun. Kalau  nggak suka santan dan mau ganti susu. Silahkan saja. Enak juga saya yakin. 

Tapai yang berasal dari fermentasi bahan karbohidrate seperti singkong dan ketan hitam menggunakan fungi (kapang kamir) sebagai mikroorganisme yang mengubah struktur karbohidrate utama menjadi makanan baru yang berbeda dengan  aslinya. Fermentasi yang berlanjut dari Singkong atau beras akan menjadi alkohol seperti halnya mirin, angciu, tuak dll. 

Fermentasi Tapai akan meningkatkan kandungan vitamin B12 (tiamin) dalam produk itu. Tiamin ini berfungsi bagi sistem otot, sistem pencernaan dan sistem syaraf tubuh. Air tapai mengandung asam laktat yang dipercaya sebagai probiotik karena mengandung bakteri baik yang sangat diperlukan tubuh, terutama sistem pencernaan. Kelebihan tapai lainnya adalah kemampuannya mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dari tubuh. Aflatoksin adalah racun /toksin yang berasal dari kapang terutama jenis Aspergillus Flavus yang terdapat pada pangan sehari-hari seperti kecap. Konsumsi tapai dalam takaran pas diharapkan mampu mereduksi aflatoksin dari tubuh. 

Walau begitu konsumsi berlebihan tapai tidak baik untuk kesehatan, terutama pada lansia dan anak balita. Orang sedang sistem imun rendah pun tak bagus mengkonsumsi tapai karena akan menimbulkan infeksi pada darah dan gangguan pada  sistem pencernaan. Apalagi kalau tapainya dibuat tidak higienis, malah mikroorganisme lain yang berkembang. Untuk itu selalu perhatikan kebersihan apapun tidak hanya tapai saja. 

Saya menamainya dengan double tape karena pada agar-agar ini menggunakan dua jenis tapai yaitu tape singkong dan tape ketan hitam. Tadi pagi beli di pasar 5rb. Dapat 3 tapai singkong dan 2 tapai ketan hitam. Nah kebetulan sudah lama sekali nggak makan puding tapai. Dahulu nggak ada juicer. Kami suka menghancurkan tape di atas saringan. Kalau sekarang tinggal masukan semua ke dalam wadah juice saja, dan biarkan blender juice bekerja. 

Untuk topping atasnya bisa menggunakan potongan nangka, ketan hitam, selasih atau kelapa muda ya. Saya menggunakan tape ketan hitam yang saya tebarkan di sekeliling wadah. Tapai sendiri sudah manis dan asam. Jadi sesuaikan tingkat kemanisan sesuai selera. Dan ini resepnya

Puding Santan Double Tapai

Bahan 
200 gram tapai singkong (Berat bersih tanpa sumbu yang ada ditengah singkong dan bagian keras lainnya)
2 bungkus kecil tapai ketan hitam (sekitar 50 gram)
600 ml santan sedang
1 sachet Kental manis (optional)
120 -150 gram gula pasir (sesuaikan dengan manisnya tapai dan manis yang diinginkan)
2 lembar daun pandan
Pewarna dan pasta pandan secukupnya (jika menggunakan air pandan suji kurangi takaran air diresep)
1 bungkus agar-agar

Cara membuat
  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender juice. Kecuali tapai ketan hitam, blender hingga halus. Angkat, Tuang ke dalam panci
  2. Beri panci 2 helai daun pandan. Nyalakan kompor. Aduk sesekali. Cicipi dan sesuaikan manisnya puding dengan selera
  3. Tata tapai ketan hitam di cetakan puding, 
  4. Kalau agar-agar sudah mendidih. Matikan kompor. Aduk-aduk rata hingga uap air berkurang. Ambil beberapa sendok, tuang ke dalam cetakan. 
  5. Rendam cetakan dengan air agar cepat dingin, atau masukkan ke kulkas
  6. Beri sisa agar dengan beberapa tetes pasta pandan. Masukkan ke dalam cetakan dengan hati-hati
Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.