Mie Koba - Mie Bangka dengan Kaldu Ikan Beraromah Rempah-rempah

Ada banyak variant jenis dan masakan  mie di Indonesia ini, salah satunya Mie Koba. Walau mie ini tidaklah seterkenal mie ayam. Bagi Masyarakat Bangka Belitung, Mie Koba sangatlah enak. Mie Koba merupakan mie yang diberi kuah kaldu ikan dengan bumbu rempah. Bumbu rempah ini berupa cengkeh, kembang lawang. Citarasanya seperti bumbu semur rempah yang suka dimasak ibu dan mama saya. 

Sebelum Februari 2001, Bangka Belitung masuk ke dalam provinsi Sumatera Selatan. Makanan bangka,dulu di sebutnya dari ya dari Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan. Dan memang beberapa Makanan tradisional sama, sebut saja pempek /empek-empek, getas (kerupuk berbentuk bulat, lebih besar dari pilus dan dari ikan dan sagu) dll. Baik pempek dan getas, Produsen Palembang pun bisa memproduksinya menggunakan ikan sungai seperti dulu menggunakan ikan belida, sekarang menjadi ikan gabus dan beberapa jenis ikan laut. Tapi ada satu makanan yang benar-benar khas Bangka Belitung yaitu Kricu. Sekilas mirip telur gabus /getas tapi  terbuat dari campuran telur cumi dan sagu. Palembang yang secara demografi dialiri sungai tanpa laut. Tentu saja tak bisa memproduksi kricu. Sehingga kricu jarang ada di Palembang, kita harus benar-benar ke Bangka kalau ingin makan kricu dan sekarang melalui online shop. 

Sejak kecil, saya sering melihat kapal speed boat melaju kencang di dermaga sungai musi 35 ilir  untuk ke Pulau Bangka (Dermaga Mentok). Dahulu tak pernah tertarik ke sana, tapi sejak Buku Laskar Pelangi booming. Menggambarkan tentang pulau indah dan eksotik bernama Belitung, kamipun menjadi sangat tertarik kesana. Belitung dan Bangka masih dalam 1 provinsi bangka belitung (Babel), sama-sama punya pantai indah dengan Bebatuan besar mendominasi (tergantung pantainya juga sih). Dan tentu saja disana Mie Koba akan sangat mudah ditemui. Di Palembang sendiri tak banyak yang menjual mie koba. Bahkan penjual yang sedari kecil pernah saya beli  tak tahu lagi kemana. Palembang telah sangat berubah, dan penjual tradisional semakin terpinggirkan hari demi hari. 

Dari Palembang ke Bangka Belitung tak sesulit dahulu. Sebelum pelabuhan Tanjung Siapi-api dibuka, perjalanan melalui dermaga sungai musi di 35 ilir bisa ditempuh sekitar 8 jam (kalau lancar) ke pelabuhan tanjung kalian mentok Bangka, sekarang cukup 3 jam saja. Jadi kalau ke Bangka Bisa melalui 2 pelabuhan yaitu Pelabuhan Boom Baru dan Pelabuhan Tanjung Siapi-api. Kalau mau bawa kendaraan sendiri, bisa naik dari Tanjung Siapi-api (TAA) menggunakan kapal ferry. Saya sendiri lebih nyaman naik kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru. Backpaker kan simple hehehe. Tapi untuk yang menginginkan kenyamanan apalagi bawa bayi sebaiknya rute ini dihindari. Kenyataannya jarak tempuh tak semulus teori. Jadwal on time kapal ferynya nggak tentu. Jarak TAA ke Tanjung Kalian yang cuma 24 km normalnya 2 jam bisa menjadi molor 4 -7 jam. Melebihi waktu tempuh Bangkauheni- Merak yang 45 km cukup 2 jam sajašŸ˜‚. Kalau ada budjet lebih mending naik pesawat saja. Kalau naik pesawat sekitar 40 menitan. (curcol)

Kami diberi tetangga sebelah rumah Ikan gurame, saya ini tak pandai memfillet ikan, jadi di tulang ikan akan tersisa banyak sekali daging ikan yang sayang jika tidak dimanfaatkan. Teringat dengan mie koba yang menggunakan daging ikan dan kaldu ikan, saya lantas mengolah tulang dan sedikit daging ikan untuk menjadi kuah mie koba. Andai tak ada, bisa menggunakan ikan gabus, udang hingga ikan tenggiri. Ikan Alu-alupun enak. Yang penting ikannya segar. Untuk mienya, bisa membuantya sendiri seperti yang saya lakukan, atau membeli mie kuning untuk mie ayam. 

Kalau menggunakan ikan tambak dari kolam, pastikan insangnya dibuang. Karena tanah akan mengendap di insang ikan, membuat aroma ikan menjadi tak sedap walau sudah diberi banyak air jeruk nipis dan asam jawa. Saya  membuang insang ikan dan menumpas darah yang mungkin saja terperangkap di perut ikan, agar bau tanah bisa hilang tuntas sampai ke akarnya. Dan aroma amis ikan pun hilang dari kuah. 

Bagi yang ingin membuat mienya sendiri, resep mie di Mie Ayam ini bisa menjadi salah satu referensi Mie Ayam Lampung. Bingung membedakan aneka jenis rempah dan khasiat bisa membaca ini ya, Bumbu Dapur dan khasiatnya Part 2 Aneka Rempah disini. Pastikan rempah yang digunakan di haluskan dahulu dengan lumpang agar tidak meninggalkan baret /goresan dilumpang untuk kemudian dihaluskan di blender . Atau beli bumbu rempah halus untuk semur. Bumbunya halus, kering berbentuk serbuk halus seperti merk Ayam Jago. Selanjutnya membuat mie koba ini tak susah loh teman. Berikut ini resepnya 

Mie Koba - Mie Bangka dengan Kaldu Kaldu Ikan Beraroma Rempah-rempah

Untuk 4 porsi 
Bahan Mie
Mie Kuning Bulat(bisa membuatnya sendiri disini Mie Ayam Lampung)
1sdt garam
4 sdm kecap manis
1 sdm air asam jawa
1/2 sdt gula pasir (pengganti MSG)
300 gram daging ikan
400 ml air matang /air kaldu ikan
2 pcs daun salam
1 pcs batang serai memarkan

Tambahan Mie ( Optional, Bisa pilih salah satu Jenis minyak  atau semuanya) :
- Minyak baceman bawang (dari 50 ml minyak sayur yang digoreng bersama 5 siung bawang putih)
- minyak wijen, minyak ikan

Bumbu Tumisan
1 buah pekak/kembang lawang
3 buah cengkeh
5 cm kayumanis (saya 1 sdm kayumanis bubuk)
1 pcs kapulaga
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe (keruk kulitnya)
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt jinten bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Pelengkap
tauge
caisim
Daun bawang dan Daun seledri (iris-iris)
kecap manis
saus tomat
saus sambal
bawang goreng untuk taburan (saya tidak pakai)
Sambal merah (10 cabai rawit merah diblender dengan 1 siung bawang putih)

Cara Membuat
  1. Kukus / Rebus tulang ikan /daging ikan hingga lunak. Jika mengukus ikan,air yang ada di dandang kukusan ikan jangan dibuang. Kita gunakan sebagai air kaldu. Jika merebus ikan. Saring air yang di dapatkan. Ambil daging ikan dan pisahkan dari tulangnya.
  2. Haluskan bumbu keras seperti cengkeh, pekak dilumpang. Saat sudah halus bisa dimasukkan ke dalam blender. Masukkan semua bumbu lainnya. Blender hingga Halus. Blender juga sebagian daging ikan. Sisihkan
  3. Masukkan bumbu rempah ke dalam kuali. Tambahkan air. Dan sebagian ikan yang dihaluskan  dan sebagian ikan yang telah di suir. Rebus dan masak kuah hingga matang dan harum
  4. Tambahkan gula dan garam,kecap manis. Aduk rata.koreksi rasa dan sesuaikan asin dan gurihnya
Penyelesaian
  1. Panaskan air sekitar 600 ml  tambahkan 1 sdt garam , 1sdm minyak baceman bawang masak air hingga mendidih
  2. Sementara itu di dalam mangkuk masukkan 1 sdt minyak ikan, 1/4 sdt minyak wijen. Sisihkan
  3. Masukkan mie ke dalam rebusan air mendidih dan rebus hingga matang sekitar 3 menit. Masukkan ke dalam mangkok. Aduk rata dengan minyak yang dipakai 
  4. Tambahkan potongan caisim dan tauge. Blanching sebentar. Angkat. Tiriskan, masukkan ke mangkuk. 
  5. Siram mie dengan kuah kaldu ikan yang telah dibuat. Sekitar 1 sendok centong sayur. Taburkan dengan daun bawang. 
  6. Siap disajikan bersama  cabai giling.
Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.