Mari Membuat Udang Kering Ebi Halus Mu Sendiri - Dired Shrimp

Ebi Kering atau Dried Shrimp sering digunakan pada masakan untuk menambah rasa umami di dalam banyak masakan di asia tenggara, asia timur dan asia selatan. Walau ebi kering  tersedia di pasaran  dengan mudah, tak ada salahnya membuatnya sendiri sesuai dengan selera dan tingkat keasinan yang di inginkan. Ebi dalam bahasa jepang berarti udang, atau Hebi dalam bahasa mandarin. Kesemuanya merujuk ke arti udang. Udang kering merupakan udang yang dikeringkan,diberi tambahan bumbu sesuai keinginan. Untuk masyarakat Palembang, ebi kering sering diberikan pada pempek goreng baik panggang ataupun panggang, cuka pempek, sayur tumis, kuah mie celor dll, bahkan sebagai topping talam ketan gurih. 
Untuk membuat ebi kering bisa menggunakan udang yang sangat kecil seperti udang rebon ataupun udang berukuran kecil. - sedang. Walau rebon dan udang kering memiliki rasa yang berbeda. Keduanya umumnya sama -sama sering dibuat dan digunakan untuk menambahkan rasa umami pada masakan. Saya lebih menyukai udang kecil dibandingkan udang halus seperti rebon.

Indonesia yang memiliki banyak laut, memang memberikan hasil laut yang berlimpah pada musim dan bulan-bulan tertentu. Pada bulan-bulan dengan musim tangkap relatif lancar, tidak pasang atau badai. Seperti bulan-bulan yang tidak berawalan "Ber" seperti November atau Desember. Harga udang relatif murah dan bisa ditemui di pasar-pasar tradisional hingga di supermarket. Membuat udang kering sendiripun tak sulit yang dibutuhkan adalah sinar matahari panas -terik. Yang negara tropis miliki dengan berlimpah, termasuk Indonesia.

Untuk mengeringkan biasanya di jemur di terik matahari hingga kering. Saya sendiri lebih memilihnya di oven dalam suhu kecil sekitar 120 oC, karena menghindari dari santapan gratis kucing, yang banyak sekali disini dan juga menghindari dari debu. Baik di jemur atau di oven, sama-sama akan menghasilkan tekstur udang yan kering. Cukup seharian kalau cuaca terik banget, si udang bisa langsung dinikmati.

Ingin menghindari penguat rasa yang semakin hari semakin marak ditemui pada makanan sehari-hari kita?. Tapi ingin ada rasa umami pada masakannya?, maka gunakan saja ebi atau udang kering yang dihaluskan pada masakan seperti sayur ,baik jenis tumisan  atau di kuah, kue bercitarasa gurih seperti talam ketan gurih, pempek, kuah tekwan/model dll. Masakan biasa akan jadi lebih istimewa. 😋

Ebi atau udang kering sendiri, jika udang kecil akan dikupas kulit luarnya, direbus lalu di jemur hingga kering. Kalau udang rebon langsung direbus dan di keringkan. Mengeringkannya bisa di sangrai sampai benar-benar kering, menjemurnya di bawah terik sinar matahari atau menggunakan oven atau kombinasi ketiganya. Saya menggunakan udang berukuran kecil dan kulitnya tidak saya kupas, karena masih ingin mengambil manfaat lainnya juga dari si kulit udang, seperti chitosan dll. Udang kering dengan udang segar memiliki citarasa yang berbeda yah. Rasa umami atau lebih sering di sebut rasa indra kelima ini lebih kuat terasa pada ebi atau udang kering.

Saya sudah pernah mempraktekan membuat udang kering halus dari udang dikupas dan utuh begini. Menurut saya akan lebih efisient dari segi waktu jika udang tanpa dikupas. Kita juga bisa mengambil manfaat dari kulit udangnya juga. Tapi kalau memiliki alergi terhadap kandungan kulit udang yang bisa mengakibatkan rasa gatal di kulit, sebaiknya kupas kulit udang dan kepala udang. Kan ada beberapa orang, yang alergi jika mengkonsumsi kaldu udang yang berasal dari kulit udang. Nah orang dengan tipe sensitif seperti ini, memang harus mengenal dan mengetahui hal apa saja yang bisa memicu alerginya,agar bisa menghindari makanan pencetusnya. Biasanya jika makan kaldu udang dengan tambahan kuah kaldu dari kulit saja alergi, apalagi ebi yang menggunakan kulit dan dagingnya bersama-sama.

Kalau membuat udang kering menggunakan kulit,kepala dan daging udang seperti saya ini, akan ada spot hitam yang berasal dari mata udang yang mengering. Ambil saringan untuk membuang dan menyeragamkan ukuran udang halusnya karena biasanya mata udang akan sulit hancur jika menggunakan blender biasa. Untuk bumbu saya hanya menambahkan air jeruk nipis dan garam agar bau amis segera hilang dari udang. Dan berikut proses pembuatannya beserta foto step by stepnya ya.

Resep Membuat Udang Kering - Ebi Halus (Dried Shrimp) Sendiri

Bahan :
1kg udang berukuran kecil /udang rebon /udang ragu
2 sdm garam
1 -3  buah jeruk nipis /keruk sate /lemon cui

Cara membuat

  1. Jika menggunakan udang berukuran kecil, bisa kupas atau membiarkan utuh udangnya. Potong sulur dan bagian yang menjuntainya saja. Baik udang rebon/udang ragu/udang kecil cuci bersih. lalu beri perasan air jeruk nipis. Sisihkan. 
  2. Panaskan air di kuali hingga mendidih. Rebus udang sebentar saja untuk mematikan mikororganisme dan mematangkan udang.  Tambahkan 2 sdm garam kasar /halus. Masak sekitar 5 menit
  3. Angkat udang dan tiriskan. Buang air di kuali. Sangrai udang sampai kering
  4. Agar udang benar-benar kering ,bisa dilanjutkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari sekitar 1 hari, atau di panggang dioven dengan suhu kecil sekitar 120 oC
  5. Masukkan udang ke dalam gelas blender, haluskan hingga benar-benar halus. Bisa di saring jika ingin hasil gilingan sama halusnya.
  6. Kemas di wadah tertutup. Bisa disimpan lama di suhu ruang. 

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.