Malbi - Semur Daging Sapi ala Palembang

Bumbu Semur itu ada banyak ragam dan jenisnya. Kalau di ganti bahan bakunya akan menjadi nama berbeda. Seperti Mie Koba yang pernah saya posting sebelumnya disini. Bumbu Semur dengan rempah-rempah dipadukan dengan mie dan kuah ikan, akan menjadi mie koba oleh masyarakat Bangka Belitung. Di Palembangpun sama, Bumbu Semur dengan rempah-rempah ini seperti cengkeh, kembang lawang , kayumanis jika dimasak dengan kuah kental dan sedikit  serta menggunakan daging sapi kami menyebutnya Malbi. Daging Sapi empuk yang dibalut dengan bumbu Manis sedikit Pedas. Rasa pedasnya berasal dari penggunaan Jahe dan Merica dan  rempah- rempah yang tentunya berbeda tingkat kepedasan dibandingkan menggunakan cabai. Rasanya juara. 

Dahulu Malbi hanya kami nikmati jika menjelang idul fitri dan idul adha. Penggemar Malbi  adalah kami sekeluarga kecuali adik saya Andi dan Ayah.  Masakan lebaran yang penuh dengan santan seperti opor ayam, sambal goreng kentang, hingga rendang, membuat malbi memiliki citrasa yang berbeda di antara teman -temannya. Untuk memuaskan dahaga anak-anaknya, ibu akan memasak aneka jenis masakan, sesuai dengan kesukaan anaknya masing-masing. Ada malbi,opor, rendang ,sambal goreng kentang dan kuah ketupat. Tak lupa sambal Cenge yang menemani. Porsi masaknya tak banyak, tapi komplit dan semua ada. Nikmatnya

Malbi yang merupakan makanan Palembang, tentu saja akan tersaji jika ada acara pernikahan orang Palembang. Malbi akan bersanding dengan nasi minyak, sambal nanas dan ayam kecap ataupun pentol. Walau sekarang suka juga digantikan dengan rendang dan makanan lainnya, tetapi jika pemilik hajat orang Palembang, pasti malbi ada di salah satu menu. Hehehe Sekarang, tak perlu menunggu moment lebaran /hari raya  atau kawan menikah  untuk sekedar mencicipi malbi. Saya sering juga membuatnya untuk menu daging harian kami. 

Kentang bagi kami bukan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Kentang adalah sayur, yang selalu ada disandingkan bersama dengan daging. Maksudnya agar protein hewani dan nabati ada dalam satu piring saji. Jadi kalau penganut aliran sayur adalah sesuatu yang hijau seperti suami saya , ya harus memasak sayur tumis atau lalapan juga😁.Bagi yang tak pernah mencicipi masakan ini, mungkin di kira ya Daging Manis seperti halnya empal gentong. Ya bolehlah dibilang daging manis, emang rasanya cenderung manis, dengan rasa pedas dari jahe dan merica. uenakkk.

Kalau di pasar palembang, saya suka beli jadi bumbu rempah gilingnya yang sudah di giling halus dan kering. Seperti Merk Ayam Jago, nah disini saya harus menguleknya sendiri. Kalau bingung membedakan aneka jenis rempah dan khasiatnya bisa baca-baca disini ya Mengenal Bumbu Dapur dan khasiat nya pasr 2 (aneka Rempah).  Bumbu rempah seperti pekak, akan sangat keras, jadi sebaiknya haluskan di lumpang baru ke blender soalnya kalau langusng diblender akan meninggalkan baret-baret dan membuat kaca gelas menjadi buram.

Untuk daging sapinya gunakan daging has dalam agar cepat empek, karena saya tidak tahu jenis daging yang dibeli dari pasar ini apa dan berdasarkan pengalaman, daging yang dibeli seharga has dalam ini memiliki daging super alot dan tak kunjung keras, sehingga saya merebus daging dengan air hingga setengah lunak, baru saya masukkan ke bumbu. Lewatkan step ini,jika daging sapi yang digunakan adalah daging impor dan has dalam /luar. DAn tambahkan air sedikit demi sedikit saja, agar tidak kebablasan dan menjadi sup, bukan malbi. Malbi cenderung basah /nyemek-nyemek begitu tapi tidak kering sekali atau berkuah banyak seperti sup. Dan ini resepnya , mari masak 

Malbi - Semur Daging Sapi Palembang

Bahan
500 gram daging sapi
5 sdm kecap manis
2 butir kentang sekitar 200 gram ( kupas, dan potong bulat)
1/2 blok asam jawa (rendam dengan air panas, setelah dingin remas-remas)
1 sdm garam
1 sdm gula jawa (sisir halus)
air secukupnya

Bumbu Halus
8 siung bawang merah
6 siung bawang merah
2 ruas jahe ukuran 3 cm  (keruk kulitnya)
1 sdt merica bubuk

Bumbu rempah-rempah (haluskan kalau menggunakan yang utuh)
1 butir pekak /kembang lawang
1/2 sdt jinten bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 batang kayumanis sekitar 5 cm (saya kayumanis bubuk 1 sdm)
2 butir kapulaga

Optional
bawang goreng

Cara membuat

  1. Potong daging sapi berukuran 4 x 4 cm. dan persiapkan semua bumbu lainnya
  2. Rebus daging sapi hingga setengah lunak , lewatkan langkah ini, jika daging yang digunakan daging impor atau has dalam
  3. Tumis bumbu halus dan rempah hingga harum.  Tambahkan daging sapi, air asam jawa dan air. Masak hingga daging lunak, tambahkan kentang. Masak hingga kentang matang dan air sedikit mengering. 
  4. Tambahkan kecap manis, gula jawa, dan garam. Koreksi rasa dan sesuaikan dengan selera. 
  5. Malbi cenderung basah dan tidak berkuah selayaknya sup tapi tidak terlalu kering. 
  6. Sajikan. Beri taburan bawang goreng
Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.