Laksan - Pempek dalam Kuah Santan Palembang

Palembang punya laksa yang sangat khas, yaitu pempek rebus yang dipotong-potong dan diberi kuah santan dalam bumbu gurih pedas. Setahu saya ada 3 jenis varian laksa di Dunia yaitu kari laksa, asam laksa dan kombinasi keduanya. Di Palembang, Kari Laksa kami sebutnya laksan kalau di beri potongan empek-empek. Untuk Kari sendiri kami menyebutnya ya kari ayam, sapi dll. Tanpa penambahan kata laksa. Tapi kenapa ada penambahan huruf "N" setelah "laksa" dan menjadi "laksan" mungkin karena dialek palembang aja ya. Alasan pastinya saya pun tak tahu

Pempek rebusnya bisa menggunakan pempek ikan dan sagu yang pernah saya posting disini. Untuk kuahnya bisa menggunakan bumbu seperti kuah lontong, tapi dengan santan yang lebih pekat. Kalau pempek dimasukkan ke dalam kuah, lama kelamaan santan akan ikut mengental. Laksan ini mirip dengan Celimpungan yang pernah saya posting disini. Bedanya dengan celimpungan berbentuk bulatan keribo dan kuah santan kekuningan. Kalau laksan kuahnya kuning dan sedikit kemerahan. Laksan lebih pedas dari celimpungan, walau sekarang beberapa penjual sudah mulai membuat kuah laksan dan celimpungan dari kuah santan yang sama.

Laksan lebih sering diibuat daripada celimpungan, karena pempek rebus biasanya saya buat dalam jumlah banyak. Jadi tinggal gonta ganti jenisnya saja. Bisa jadi pempek lenggang, laksan atau pempek goreng. Setiap minggu menu pempek ada dalam list harian kami, sehingga agar tak repot. Pempek rebus menjadi olahan frozen yang ada di kulkas saya. 

Membuat kuah untuk laksan ini tak repot, asal sudah ada pempek lenjer rebusnya. Untuk kuah kaldunya bisa menggunakan kaldu udang, atau air biasa saja. Karena pempek lenjer sendiri sudah menggunakan ikan, sehingga rasa kaldu bisa berasal dari pempeknya sendiri. Saya menggunakan santan kemasan rumahan yang selalu saya stok dirumah seperti postingan disini. Jika menggunakan santan instan atau perasan kelapa silahkan saja. Bumbunya sama dengan kuah lontong pada umumnya. Dan berikut resepnya

Laksan - Pempek Dalam Kuah Santan Pedas Khas Palembang

Untuk 2 - 3 porsi
Bahan
2 pcs pempek lenjer/ rebus ( Proses dan cara membuatnya bisa baca disini - Pempek  Lenjer Rebus
400 ml santan kelapa
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kaldu jamur /Penyedap rasa lainnya (optional)
2 cm lengkuas memarkan
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan,ikat simpul
200 ml air kaldu (kaldu udang lebih enak, atau air matang saja)
1/2 sdm gula pasir
1 sdm garam

Bumbu Halus
6 pcs Bawang merah
3 pcs Bawang Putih
2 cm  kunyit (1/2 sdt kunyit bubuk)
3 pcs cabai merah keriting , 7 pcs cabai rawit merah (sesuaikan selera)
2 pcs Kemiri

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan lengkuas, daun salam dan batang sereh. Aduk rata
  2. Tambahkan santan cair, masak sampai mendidih, jaga santan jangan sampai pecah dengan mengaduknya 1 arah saja, dan jangan terlalu mendidih.
  3. Masukkan potongan pempek, rebus sampai pempek agak lunak sekitar 5 menit. Saat akan disajikan, beri taburan bawang goreng. 
  4. Siap disajikan bersama sambal cenge /sambal favoritmu lainnya

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.