Fish Fillet Bun (Roti dengan Daging Ikan Crispy) ala KFC

Chicken Fillet ataupun Fish Fillet bun KFC saya suka sekali. Sayangnya karena semakin bermacam-macam menu, makanan ini tidak dijual lagi. Saya menyukai tekstur roti yang lembut dibandingkan roti keras seperti Chicken fillet versi Franchise pesaingnya. Sejak suka baking sendiri, takperlu susah harus ke gerai KFC, tinggal gerakkan tangan, nyalakan oven dan membuat roti lembutnya sendiri. Hari ini saya membuat Fish Fillet, memanfaatkan  ikan gurame yang diberi pak de beberapa waktu yang lalu. 
Orang Indonesia pada umumnya, saya salah satunya lebih menyukai tekstur roti yang lembut dibandingkan roti-roti berstruktur keras seperti orang Eropa. Karena roti, bagi kami adalah cemilan. Makan ya tetap nasi. Jadi jangan suguhkan saya roti seperti sourdough, pretzel, baguette. Kemakan sih, tapi cuma sedikit sekali. Seorang teman yang dinas ke Jerman bercerita, makan-makanan di Jerman, sangatlah menyiksanya. Makanan utamanya adalah roti, keras lagi dan dalam porsi yang jumbo. Dibuang sayang, nggak dimakan ya nggak kemakan. Dan lagi biaya hidup sangatlah mahal. Andai bisa memilih, dia rela menguangkan uang dinasnya saja, nggak usah ke Jermannya Hehehe. Saya yang saat itu hanya terpana, cuma bisa berdoa. Semoga bisa keliling dunia suatu hari nanti. Katanya, agar betah hidup di eropa, biasakanlah makan roti keras setiap harinya. Jadi mulailah saya terhipnotis akan katanya, dan dengan lugunya saya membeli roti eropa dalam jumlah banyak. Pikirku dulu. Masak makan roti saja nggak bisa, Tapi begitu mencicipi Baguette , Sourdough di salah satu bakery.  Yang bentuknya macam tongkat itu, jangankan sampai habis, seperempatnya saja tak kuat saya😞

Tapi Satu hal yang saya suka dari foto-foto perjalanannya ke Jerman, Nuxemberg adalah foto-foto Kastilnya.  Deretan kastil dan dikelilingi dengan rumah -rumah penduduk serta tembok besar dan kokoh dalam satu kompleks. Seperti dalam dongeng cinderella yang suka saya baca. Bagaimana rumah rakyat jelata disana tampak sangat modern, kokoh (dalam sudut pandang saya) berdindingkan batu, besar dan luas. Sangat kontras dengan Negara bahkan kota kelahiran saya. Kalau rakyat jelatanya, yaa paling berdindingkan kayu dengan atap rumbia. Baru raja-rajanya dengan rumah lebih besar, dengan ukiran khas daerah tersebut. Kalau saya tarik garis lurus di tahun yang sama antara Eropa dan Indonesia, secara bangunan saja sudah sangat jauh berbeda. Perlu waktu berapa lama agar Indonesia bisa seperti itu😕 dari segi dan tata kotanya saja. Bukan kemajuan teknologinya. 

Mungkin peradapan Indonesia tidaklah selama peradapan di Eropa. Namun Alam dan Iklimnya akan membuat Iri siapapun yang pernah singgah disini. Dengan suhu tropis. Negara Ini kaya akan sinar matahari, beraneka macam sayur, buah dan kekayaan flora dan fauna bisa ditemui disini. Tapi sekali lagi, semua itu tergantung sudut pandang orangnya saja. Untuk penduduk negara tropis yang tak pernah melihat salju. Bermain salju sangatlah menyenangkan, bisa dibuat orang-orang salju, lempar salju, bermain seluncur es dll. Namun untuk penduduk Negara 4 musim. Matahari hangat sangatlah dicari. Salju hanya disukai saat pertama turun, namun saat cuaca di suhu minus, siapapun tidaklah tahan. termasuk teman saya itu. 

Itulah celoteh nggak jelas dari saya. Kembali ke Fish Fillet Bun yang saya posting ini. Saya menggunakan daging ikan yang dibalut tepung roti. Kalau menggunakan  daging ayam, namanya chicken fillet. Caranya sama saja. Nah saya nggak tahu ya KFC menggunakan daging ikan apa. Ikan berdaging putih ada banyak jenisnya. Bisa ikan dori, patin, tenggiri, macarel dll. Saya sendiri menggunakan ikan gurame yang dipanen pakde 1 ekor beratnya sekitar 3 kg, saya sudah masak dan kemas perporsi dan dimasukkan ke freezer sesuai porsi keluarga saya, Resep rotinya bisa menggunakan resep andalan masing-masing. Ini saya pakai resep yang saya sudah hapal saja dan ini resepnya 

Fish Fillet Bun (Roti dengan Daging Ikan Crispy) ala KFC


Untuk 7 -8 pcs
Bahan adonan roti :
200 gram terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang
60 gram gula pasir
5 gram ragi bubuk
0.7  gram bread improver (saya skip)
8 gram susu bubuk
5 gram garam
100 ml air
2 butir kuning telur
35 gram margarine

Taburan
Susu Evaporasi
Breadcumbs (tepung roti)

Bahan lainnya
Fillet daging ikan @ 70- 100 gram sebanyak 7 pcs (tergantung jumlah roti)
telur kocok 2 butir
tepung roti secukupnya
tepung bumbu serbaguna secukupnya

Topping : Mayoinase, timun slice, selada, keju lembaran, saus tomat dan saus tomat

Cara membuat
Malam sebelumnya, membuat roti dahulu
  1. Aduk rata terigu, gula, ragi bubuk, bread improver (jika pakai), susu bubuk hingga tercampur rataMasukkan air dan telur hingga tercampur rata. Saya menggunakan mixer aduk dengan kecepatan sedang hingga setengah kalis. Jika menggunakan tangan, pindahkan adonan ke atas meja dapur yang bersih lalu dengan kedua tangan uleni seperti kita mencuci baju manual dengan tangan.Tanda adonan kalis saat dibentangkan dan ditipiskan tidak putus.
  2. Tambahkan margarin, garam. Uleni kembali hingga kalis.
  3. Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi adonan masing -masing sebesar 70 gram dan bulatkan. Tutup dengan plastik /serbet, diamkan kembali selama 10 menit
  4. Ambil  adonan , kempiskan, bentuk lonjong. Lakukan hingga adonan habis
  5. Susun adonan di loyang, beri sedikit jarak agar menempel satu sama lain.  Lakukan hal sama hingga adonan habis. Diamkan selama  60 -90 menit sampai mengembang.
  6. Oles dengan susu evaporasi. Tabur dengan bread crumbs. Panggang dalam oven suhu 180 oC . Harap kenali oven masing -masing. Panggang sekitar 10 -15 menit. Sampai matang, ditandai dengan bagian bawah coklat /menguning dan atas kecoklatan. Sisihkan

Membuat fish Fillet 

  1. Fillet ikan /ayam, Potong sesuai panjang roti. Kalau mempunyai kulit yang keras, ambil daging nya saja, sisakan kulitnya.
  2. Celupkan ke tepung bumbu,  kocokan telur, dan tepung roti. Ulangi 2 kali
  3. Simpan di freezer minimal 30 menit agar set

Penyelesaian /saat akan di sajikan

  1. Cuci bersih sayuran yang digunakan seperti tomat, selada, timun. Potong tipis untuk tomat dan timun. Sisihkan
  2. Goreng fish filletnya hingga golden brown. Angkat tiriskan
  3. Tata roti, potong 2 roti sampai putus, panggang sebentar. Angkat. Beri selada, timun, tomat, keju lembaran (jika pakai), saus mayinaise, saus tomat, saus sambal, fish fillet dan tutup dengan roti kembali. 
  4. Sajikan 

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.