Es Stick Jambu Biji

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil lalu disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Buah ini diikenal mengandung banyak vitamin C dan dipercaya sebagai buah yang dapat mengobati penyakit Deman Berdarah. Jumlah trombosit darah yang menurun dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi jambu biji.  Tidak hanya buahnya, daun jambu juga sering dimanfaatkan sebagai bagian dari pemulihan pasien DBD.

Jambu biji di Halaman belakang , tetangga saya berbuah banyak sekali, kontras dengan pohon dibelakang rumah kami yang sepertinya enggan berbuah. Jambu biji febri sampai jatuh ke tanah, tak pernah menggerakkan hati pemiliknya untuk di olah. Selain karena febri tinggal sendiri, bosan juga kali ya menghabiskan begitu banyak jambu biji di pohonnya. Pagi itu saat sedang mengambil Jeruk nipis dan menengok pohon jambu yang tak tersentuh itu saya lantas ijin sama pemiliknya.  Daripada mubazir dan terbuang saya akan  olah saja menjadi es kegemaran thiya Es Stick Jambu Biji. "Feb, aku minta jambu bijinya ya, thiya suka soalnya", ehh dijawab "ambil saja nia, beserta pohonnya". Kata temanku Febri😁. Dan kami pun hanya bisa tertawa.

Jambu biji sebenarnya tak menggangu, banyak manfaat dan tentu saja menyehatkan untuk dikonsumsi. Namun jika pemiliknya, sudah terlanjur malas menyapu daunnya dan  tak mampu untuk mengolahnya,ya mungkin seperti teman saya itu. "Ambil saja nia beserta pohonnya" adalah kalimat lucu yang menimbulkan rasa iri. Andai pohon dibelakang rumahkku, seproduktif pohon jambu biji tetanggaku😅.

Jambu Biji ini ada yang berwarna merah dan putih. Dan berasa asam manis. Tergantung pohonnya sih, tapi jambu biji kami terasa manis sekali saat sudah masak dan berwarna kekuningan.Untuk thiya yang masih anak-anak, saya menyaring agar bijinya nggak ikut termakan. Kalau saya dan suami lebih suka makan bersama bijinya. Menurut para ahli, jambu biji dan bijinya sangat baik untuk kesehatan. Seperti dapat menurunkan berat badan ( Walau berat badan saya tak turun-turun😖), menurunkan tekanan darah, menceha sembelit. Ibu saya yang penderita diabetes, tidak dilarang mengkonsumsi Jambu Biji, karena ternyata buah ini  kaya akan serat, tinggi protein yang dapat menurunkan kadar gula darah .

Membuat Es stick Jambu Biji ini gampang sebenarnya asal ada cetakan lolipopnya. Kalau nggak ada bisa diwadahi plastik es bon bon saja. Fotonya nggak bisa lama-lama, karena ownernya sudah menanti. Cuma  bisa 2 jempretan. Dan dimintai jatah. Bagi yang tidak mau mengkonsumsi gula karena sebab kesehatan atau sedang diet, silahkan ganti dengan gula stevia (khusus untuk diabetes), madu atau jenis pemanis favoritmu. Berikut resepnya

Es Stick Jambu Biji


Untuk 4 pcs
Bahan
15 pcs jambu biji (potong-potong)
100 ml air matang
30 gram gula pasir( sesuaikan dengan manisnya buah dan selera)

Cara membuat
  1. Cuci bersih buah hingga bersih. Potong -potong untuk memudahkan blender menghaluskan
  2. Masukkan ke dalam blender juice, tambahkan sedikit air hingga mesin juice bisa berjalan
  3. Tambahkan gula. Koreksi manisnya sesuai selera.
  4. Angkat dan saring. 
  5. Masukkan hasil saringan ke dalam cetakan es sampai penuh. Tambahkan sticknya
  6. Bekukan hingga membeku
  7. Jika saat beku susah dilepaskan dari wadah/cetakknya. Rendam wadahnya sebentar dengan air. Lalu goyang dan lepaskan
  8. Sajikan dengan Topping sesuai selera seperti cokelat leleh dll. (saya nggak pakai)
 Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.