Doggy Bun - Roti Doggy Dengan Saus Bolognese

Sejak pertama melihat doggy Bun ini di IG saya sudah tertarik untuk membuatnya. Bentuknya yang lucu, mudah dan sepertinya gampang dibuat. Ya udah semalam saya eksekusi roti ini. Resep tidak sesuai dengan yang di Ig, saya nggak catat, saya scroll ke bawah sudah nggak ketemu lagi di beranda. Ya udah berdasarkan ingatan saja saat menonton videonya. Dan benar doggy bun ini mudah membuatnya, bentuknya lucu pula. Anak tetangga yang saya beri lantas menjadikan roti ini sebagai bekal sarapan ke sekolahnya. Thiya tentu saja suka saat melihatnya tapi isi daging saus bolognese bukanlah favorit anak saya. Sehingga thiya hanya makan rotinya saja tanpa isian di dalamnya. 

Di video yang saya tonton, hidungnya menggunakan kacang -kacangan, saya ganti dengan kismis saja karena hanya itu yang punya. Mata dari Chocochip. Anak saya hanya makan sosis,roti dan matanya saja, isinya takmau dia. Alhamdulillah mnarik perhatiannya sehingga makan dengan lahapnya. Membuatnya dak susah, hanya roti di pipihkan memanjang ,beri isi lalu dilipat. Setidaknya bentuk ini relatif simple daipada bentuk roti lainnya seperti Roti Landak yang juga booming di Internet. Japanfood memang kreatif-kreatif sekali ya. 

Walau isiannya sudah saya hilangkan pedasnya, anak saya tetap tak mau makan, tahu gitu saya isi cabai sekalian jadi ibunya makan nggak perlu di cocol sambal (curcoll). Nah saus bolognesenya saya membuat sendiri. Saus yang sama yang pernah saya posting disini Roti Pumpkin Ayam Bolognese Jumbo. Saya tidak suka dengan aroma dari biji tomat, sehingga saat membuat ini biji tomat saya hilangkan. Kalau suka silahkan digunakan. Menurut saya yang amatiran ini, biji tomat membuat rasa saus langu. Kita harus menambahkan banyak pasta tomat atau saus tomat botolan untuk menyeimbangkan rasanya. Sedangkan saya berusaha mengurangi dan menghindari makanan pabrikan. Walau di iklan di bilang tanpa pengawet, makanan pabrik, tak mungkin tidak menggunakan pengawet, penstabil dan perasa. Dampaknya memang tidak dirasakan sekarang, namun kita tidak pernah tahu sampai mengalami sakit yang tak kita duga sebelumnya. Sekedar informasi beberapa pengawet yang mudah ditemui disekitar kita bisa di baca disini

Sepuluh tahun kerja di Industri makanan, rasa-rasanya akan sangat dzolim kalau saya tidak menerapkannya kepada keluarga saya sendiri, sedangkan saya tahu dampak dan resiko zat pengawet dalam tubuh kita. Memang dosis yang diberikan sesuai regulasi dan chemical itu masuk dalam kategori food grade. Yang mengkategorikan itu food grade adalah analyst  melalui riset pula, namun selama bisa yang alami, gunakan saja yang sealami mungkin. Jangan bermain dengan kesehatan keluargamu. Curcol ya, soalnya saya miris melihat menjamurnya makanan instan belum lagi minuman bersoda dan pemanis buatan, sedangkan aktivitas fisik terbatas. Gaya hidup sudah sedemikian bergesernya. Adik saya bahkan lebih menyukai minuman buah kemasan, dibandingkan dengan buah segar dan minim air putih. Walau sudah di omelin panjang kali lebar, belum tentu mau dengar. 

Kembali ke Roti dengan bentuk doggy ini.  Untuk isinya bisa dengan smoked beef dan keju mozarella, atau bolognese favoritmu, atau dengan cokelat favoritmu. Kupikir asyik aja di buat roti manis atau roti asin. Suka-suka yang buat sajalah. Selain Melon pan, Saboro bread. Roti ini kupikir sama gampangnya dengan 2 roti yang sedang kekinian itu. Yuk buat sendiri Doggy Bun mu

Doggy Bun 

Bahan adonan roti :
350 gram terigu protein tinggi
150 gram terigu protein sedang
125 gram gula pasir
10 gram ragi bubuk
1.5 gram bread improver (saya skip)
15 gram susu bubuk
9 gram garam
200 ml susu cair full cream
3 butir kuning telur (resep asli 1.5 butir telur)
75 gram margarine

Olesan
Susu Evaporasi /Butter secukupnya

Saus Bolognese
250 gram daging ayam cincang
1/2 sdt merica hitam
1 buah bawang bombay (iris-iris)
4 siung bawang putih (cincang halus)
5 buah tomat
2 sdm oregano kering
1 sdm basil kering
3 sdm saus sambal (tambah jika suka pedas)
6 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1sdm maizena (larutkan dengan sedikit air)

Topping
Sosis secukupnya ( Iris serong)
Chocochip untuk mata
Kismis untuk hidung (bisa diganti kacang-kacangan)

Cara membuat
membuat Saus Bolognese
  1. Cuci bersih tomat. Tusuk tusuk dengan garpu. Didihkan air, masukkan tomat masak sekitar 5 menit hingga kulit tomat terkelupas dan matang. Dinginkan.
  2. Kupas kulit dan buang isinya (bijinya), blender hingga halus
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan daging ayam. Aduk rata. Tambahkan pasta tomat, masak hingga meletup letup. tambahkan bahan lainnya. Koreksi rasa.
  4. Masukkan maizena dan kentalkan. Dinginkan.
  5. Siap dipakai 
Membuat Roti
  1. Siapkan saus dan bahan pelengkap yang diperlukan. Potong-potong sosis dengan sedikit serong
  2. Aduk rata terigu, gula, ragi bubuk, bread improver (jika pakai), susu bubuk hingga tercampur rata
  3. Masukkan air dan telur hingga tercampur rata. Saya menggunakan mixer aduk dengan kecepatan sedang hingga setengah kalis. Jika menggunakan tangan, pindahkan adonan ke atas meja dapur yang bersih lalu dengan kedua tangan uleni seperti kita mencuci baju manual dengan tangan.Tanda adonan kalis saat dibentangkan dan ditipiskan tidak putus.
  4. Tambahkan margarin, garam. Uleni kembali hingga kalis.
  5. Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi adonan masing -masing sebesar 50 gram dan bulatkan.Tutup dengan plastik /serbet, diamkan kembali selama 10 menit
  6. Ambil  adonan , giling setebal 2mm memanjang. Pada bagian bawah tengah, beri sepotong sosis dan dibagian tengah, Beri isi lalu lipat 2. Rapatkan dengan cara menekan-nekan pinggirnya. Pada arah atas lipatan, potong sedikit serong sampai putus di sisi kiri dan kanan. Beri mata dan mulut hiasan seperti chocochip dan meisis. 
  7. Susun adonan di loyang, beri jarak agar tidak menempel satu sama lain.  Lakukan hal sama hingga adonan habis. Diamkan selama  60 -90 menit sampai mengembang.
  8. Oles dengan susu evaporasi /butter /campuran  kuning telur dan susu 
  9. Panggang dalam oven suhu 180 oC . Harap kenali oven masing -masing. Panggang sekitar 10 -15 menit. Sampai matang, ditandai dengan bagian bawah coklat /menguning dan atas kecoklatan.

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.