Bola Bola Tahu Sosis - Tofu Ball With Sausage

Tahu yang merupakan produk dari kedelai ini memang disukai siapa saja. Baik anak-anak hingga orang dewasa. Membuatnya menjadi aneka olahan makanan mudah dilakukan dan tentu saja murah. Tak seperti daging yang mahal, mengolah tahu menjadi makanan kesukaan si kecil bisa sering-serig dilakukan. Mau crispy, ataupun berpenampilan menarik akan menambah semangat anak kita memakannya. Salah satunya di buat bola-bola tahu ini. Kali ini saya isi sosis yang menjadi kegemaran thiya. Anak saya suka sekali

Lain kali saya goreng lebih lama agar permukaan luar bisa garing dan tetap stabil berbentuk bola-bolanya. Saya sampai kecokelatan saja di semua permukaan, nggak sampai kopong. Tapi next time,saya praktek agar bisa kopong seperti bakso goreng. Untuk isinya fleksibel, semula mau telur puyuh tapi ternyata stock di kulkas sudah habis, banting  stir menjadi sosis saja. Tahu yang merupakan hasil endapan dari pati kedelai ini memang menjadi andalan protein nabati sehari-hari kami. Sehingga stock nya selalu ada di kulkas. 

Gunakan tahu yang tidak asam ya rasanya seperti tahu cina, bukan tahu sumedang. Untuk garamnya disesuaikan dengan tahunya. Punya saya tahunya tawar, jadi pakai garam sedikit lenih banyak. Kunci agar tahu bisa dibentuk adalah kandungan airnya yang dibuang semaksimal mungkin. Gunakan kain tipis untuk memeras tahu, agar air bisa keluar dengan maksimal. 

Bola-bola tahu ini bersifat basic, bisa menggunakan aneka bumbu sesuai dengan kesukaan. Mau aroma dan rasa kari bisa tambahkan bumbu kari dan daun kari, atau rasa rendang, pedas atau gurih. Saya membuatnya untuk buah hati saya, tentu saja rasa gurih yang dominan dan menggunakan cincangan daun bawang. Bola-bola tahu ini bisa menjadi cemilan sore hari yang kami santap bersama cuka pempek, atau menjadi lauk makan menemani nasi😋. Tergantung ekonomi saja. Wkwkwk. 

Tahu yang berasal dari endapan pati kedelai yang terkoagulasi /menggumpal ini berasal dari tiongkok 2200 tahun yang lalu, dan telah mengalami banyak perkembangan jenis di Indonesia dan di dunia. Nama tahu berasal dari kata hokian "tauhu" yang berarti kedelai terfermentasi. Rasa dan jenis tahu berkembang sesuai dengan strata sosial masyarakat di daerah (dahulu). Kalau dulu, tahu tempe terkenal untuk masyarakat ekonom kebawah, sekarang nggak lagi lah. Tahu sudah menyentuh siapa saja. Olahan makanan nabati ini sudah di sukai siapapun tidak hanya vegetarian. Kami yang tidak vegetarianpun suka sama tahu. Sedap..., yuk ah mari masak. 

Bola-Bola Tahu Sosis - Tofu Ball With Sausage

Untuk 15 pcs
Bahan
10 pcs tahu ukuran sedang
1 sdt garam
1 sdt penyedap jamur (optional)
1 butir telur
1 /2 sdt kunyit bubuk
2 -3  sdm muncung tepung bumbu /terigu/tepung Gluten Free
sosis secukupnya (potong kecil sekitar 5 cm)
2 buah daun bawang iris halus
1 tangkai daun seledri iris halus

Bumbu Halus
Bawang putih 4 pcs
Bawang merah 5 pcs
1sdt merica bubuk

Cara membuat
  1. Cuci bersih tahu ,tiriskan
  2. Peras tahu dengan menggunakan kain tipis hingga air tidak lagi menetes. Sisihkan
  3. Haluskan bumbu. Saya memblender bumbu halus dengan telur, agar bumbu bisa halus tanpa penambahan air.
  4. Masukkan semua bahan ke dalam wadah, aduk hingga rata. Koreksi dan sesuaikan asin dan gurihnya.  Kalau sulit di gulunng bisa tambahkan sesendok  tepung kembali (Tepung serbaguna, terigu, atau tepung gluten Free dll) hingga bisa dipulung.
  5. Ambil 2 sdm makan, pipihkan beri isi sosis, lalu bulatkan
  6. Panaskan minyak
  7. Goreng hingga berkulit. Agar bulatnya tahan lama, goreng dengan api kecil selama minimal 20 menit.
  8. Angkat dan tiriskan

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.