Puding Santan Double Tapai - Cassava Fermented With Coconuts Milk Pudding

Tape atau tapai yang merupakan fermentasi dari pangan karbohidrate seperti singkong dan beras ketan enak sekali di olah menjadi apapun. Mau cake tape,menjadi pengisi pada es teller ataupun berpadu dengan agar-agar dan menjadi puding yang saya posting ini. Walau puding ini bukan makanan Mewah ataupun istimewa  tapi saya suka sekali. Istimewa itu jika jarang dijumpai, saya sering sekali buat jadi bagi saya tidak lagi istimewa, tapi mungkin berbeda dengan yang jarang menemui tape di tempatnya hehe. Rasa tape yang manis asam menurut saya cocok dipadupadankan dengan apapun. Kalau  nggak suka santan dan mau ganti susu. Silahkan saja. Enak juga saya yakin. 

Bola Bola Tahu Sosis - Tofu Ball With Sausage

Tahu yang merupakan produk dari kedelai ini memang disukai siapa saja. Baik anak-anak hingga orang dewasa. Membuatnya menjadi aneka olahan makanan mudah dilakukan dan tentu saja murah. Tak seperti daging yang mahal, mengolah tahu menjadi makanan kesukaan si kecil bisa sering-serig dilakukan. Mau crispy, ataupun berpenampilan menarik akan menambah semangat anak kita memakannya. Salah satunya di buat bola-bola tahu ini. Kali ini saya isi sosis yang menjadi kegemaran thiya. Anak saya suka sekali

Burgo - Rice Noodles With White coconuts Milk Palembang Style

Burgo berbahan baku tepung beras dan disantap dengan kuah santan ini menjadi makanan khas Palembang yang sangat saya sukai. Serupa dengan Cheng Fun yang dari medan. Kalau cheng fun menggunakan topping gurih dari minyak wijen, jahe, daun bawang  ataupun ebi. Burgo menggunakan kuah santan berwarna putih yang berasal dari bumbu kemiri. dengan kuah kaldu udang atau ikan Rasanya sangatlah sedap dan istimewa

Cassava Roll Chocolate Matcha Vla Matcha - Si Getuk Kekinian

Namanya keren ya Cassava Roll Chocolate Matcha, padahal ini cuma getuk dalam rasa kekinian yaitu chocolate dan matcha. Getuk yang dikenal dengan makanan jadul, super enak disajikan dengan rasa kekinian Ide ini berasal dari salah satu outlet di Bandung yang menjual getuk dengan topping kekinian. Digerai itu tidak hanya rasa matcha, mocacchino, capuchino dll, ada lebih dari 20 varian rasa. Dan toppingnya bisa disesuaikan dengan selera. Saya buat versi Kw nya saja, dan juga mengenalkan makanan lokal sama thiya, masak cake melulu. Saya gunakan minuman sachet saja sebagai flavor dari getuk ini. Yaitu chocolate drink dan matcha drink dari gerry cholocatos ( maaf bukan iklan) yang memang thiya suka sekali dan sering saya gunakan untuk membuat ice cream homemade KW😁

Martabak Telur Daging Dengan Spring Roll Instan dan Daun Kari

Saya suka sekali makan martabak asin, baik martabak telur dan daging sapi, ataupun martabak HAR. Keduanya mengharuskan membuat kulit sendiri dari terigu yang direndam dengan minyak sayur. Sedikit merepotkan untuk ibu rumah tangga seperti saya ini. Jadi opsinya biasanya membeli lagi dan lagi. Tapi ada suatu masa dimana saya kepingin juga membuat martabak untuk cemilan sore hari kami. Jadi kulitnya saya ganti saja menggunakan kulit spring roll instan yang banyak dijual di supermarket, atau menggunakan kulit lumpia yang banyak dijual disini. Menurut saya rasanya mirip lah. Beda- beda tipis doang. :)

Malbi - Semur Daging Sapi ala Palembang

Bumbu Semur itu ada banyak ragam dan jenisnya. Kalau di ganti bahan bakunya akan menjadi nama berbeda. Seperti Mie Koba yang pernah saya posting sebelumnya disini. Bumbu Semur dengan rempah-rempah dipadukan dengan mie dan kuah ikan, akan menjadi mie koba oleh masyarakat Bangka Belitung. Di Palembangpun sama, Bumbu Semur dengan rempah-rempah ini seperti cengkeh, kembang lawang , kayumanis jika dimasak dengan kuah kental dan sedikit  serta menggunakan daging sapi kami menyebutnya Malbi. Daging Sapi empuk yang dibalut dengan bumbu Manis sedikit Pedas. Rasa pedasnya berasal dari penggunaan Jahe dan Merica dan  rempah- rempah yang tentunya berbeda tingkat kepedasan dibandingkan menggunakan cabai. Rasanya juara. 

Mari Membuat Udang Kering Ebi Halus Mu Sendiri - Dired Shrimp

Ebi Kering atau Dried Shrimp sering digunakan pada masakan untuk menambah rasa umami di dalam banyak masakan di asia tenggara, asia timur dan asia selatan. Walau ebi kering  tersedia di pasaran  dengan mudah, tak ada salahnya membuatnya sendiri sesuai dengan selera dan tingkat keasinan yang di inginkan. Ebi dalam bahasa jepang berarti udang, atau Hebi dalam bahasa mandarin. Kesemuanya merujuk ke arti udang. Udang kering merupakan udang yang dikeringkan,diberi tambahan bumbu sesuai keinginan. Untuk masyarakat Palembang, ebi kering sering diberikan pada pempek goreng baik panggang ataupun panggang, cuka pempek, sayur tumis, kuah mie celor dll, bahkan sebagai topping talam ketan gurih. 

Brownies Kukus Keju Putih Telur Ny.Liem

Punya banyak putih telur kala itu, masa sesudah lebaran dan putih telur menumpuk di freezer. Foto lawas, yang belum pernah posting. Saya khwatir hilang jadi saya posting disini saja. Brownies putih telur ini sudah booming bertahun-tahun yang lalu. Saya dahulu suka catat resep dibuku catatan saya, dan browmies ini  sudah pernah dieksekusi juga jadi saya tahu banget betapa enaknya brownies ini. wkwkwk. Dulu kan internet tidak sekencang sekarang dan belum lagi susah mendapatkan resep, suka saya catat saja dibuku. Kadang dibuku itu ada catatan kecil tentang tekstur dan rasa kue yang saya buat. 

Pempek Lenggang Goreng

Olahan pempek rebus selanjutnya selain pempek goreng dan laksan adalah pempek lenggang goreng. Pempek lenggang ada dua jenis yaitu lenggang panggang dan goreng. Kalau lenggang panggang saya pernah posting sebelumnya disini Lenggang Panggang  Sesuai namanya pempek lenggang panggang berupa adonan sagu dan ikan dibalut telur lalu dimasukkan dalam mangkok yang terbuat dari daun pisang lalu dipanggang, nah ada cara praktis juga mencicipi pempek lenggang selain di panggang yaitu dengan cara di goreng, Kami menyebutnya  pempek lenggang goreng. Yaitu pempek rebus di potong kecil, lalu di balut dengan kocokan telur dan di goreng dengan menggunakan sedikit minyak.

Laksan - Pempek dalam Kuah Santan Palembang

Palembang punya laksa yang sangat khas, yaitu pempek rebus yang dipotong-potong dan diberi kuah santan dalam bumbu gurih pedas. Setahu saya ada 3 jenis varian laksa di Dunia yaitu kari laksa, asam laksa dan kombinasi keduanya. Di Palembang, Kari Laksa kami sebutnya laksan kalau di beri potongan empek-empek. Untuk Kari sendiri kami menyebutnya ya kari ayam, sapi dll. Tanpa penambahan kata laksa. Tapi kenapa ada penambahan huruf "N" setelah "laksa" dan menjadi "laksan" mungkin karena dialek palembang aja ya. Alasan pastinya saya pun tak tahu

Pempek Lenjer Rebus - Pempek Original Wong Palembang Tanpa Terigu

Pempek ini adalah adonan basic pempek rebus saya, Kalau mau membuat pempek asli Palembang yang tanpa terigu sama sekai. Hanya menggunakan sagu/tapioka, ikan giling dan air ini dia resepnya. Jika menggunakan proses yang salah, dijamin pempeknya keras, alot atau mentah tengah. Jadi sering kali, orang-orang menambahkan terigu /biang pada proses pembuatannya agar mempermudah pemula untuk membuat pempek. Ciri pempek yang tanpa biang /terigu dan hanya mengunakan sagu saja adalah saat pempek dibelah akan ada guratan/serah halus serta ada bulatan bolong-bolong kecil. Kalau pempek dengan terigu biasanya adonan komplak dan rata tanpa ada guratan atau bulatan kecil. 

Buatlah Keripik Singkong Balado Kalau mau Senam Otot di Pagi Hari

Singkong yang digoreng kering dengan bumbu sambal pedas ini memang favorit saya. Tadinya mau membuat keripik sinjai. Yaitu seperti singkong balado dengan singkong diiris memanjang dan tebalnya  sekitar 2mm. Namun karena irisan saya tidak bisa di adjust ketebalannya, saya lantas berganti haluan menjadi singkong balado saja.  Dan inilah keripik singkong bumbu balado yang membuat saya benar-benar senam otot di pagi hari bersama juru bantu saya, thiya😀

Es Stick Jambu Biji

Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil lalu disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Buah ini diikenal mengandung banyak vitamin C dan dipercaya sebagai buah yang dapat mengobati penyakit Deman Berdarah. Jumlah trombosit darah yang menurun dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi jambu biji.  Tidak hanya buahnya, daun jambu juga sering dimanfaatkan sebagai bagian dari pemulihan pasien DBD.

Roti Sobek Keju

Membuat Cemilan pengganjal perut suami dulu nih, Soalnya suamiku masuk shift malam. Nggak dibawakan bekal kecuali roti sobek saja. Jadi kalau ada kerjaan di pabrik, dan tenaga habis ada roti mengganjal perut. Membuat roti sobek ini, saya suka karena hemat loyang, nggak ribet harus tata dalam loyang yang berjauhan dan isianya seragam. Saat dimasak dan mengembang, cukup belah tengah dan beri isian. Benar-benar roti praktis idaman para ibu rumah tanggan seperti saya ini. 

Roti Burger Bolognese

Roti Burger Saus Bolognese ini hanya memanfaatkan roti dan saus yang ada dikulkas untuk sarapan kami. Resep roti yang sama dan saus yang sama. Saus nya sudah hapal luar kepala dan sudah sering saya posting juga. Kebiasaan sekali saya, 2 minggu ini adalah stok saus bolognese. Harga tomat sekarang murah banget 1 kg cuma 4 ribu rupiah. Jadi saya puas-puasin makan saus tomat. Lebih tenang juga kasih saus tomat homemade ke anak saya. Walau kadang buat saunya tanpa daging sapi, alias vegetarian menggunakan tahu putih yang dicacah dan dihaluskan lalu dipanggang. Saya mah nggak vegetarian. Mengikuti kantong saja. Mahal daging sapi makanya ganti tahu. Walau di Postingan ini nggak pakai tahu ya, pakainya daging ayam

Lemet Singkong

Jajanan pasar ini berupa lemet singkong ini saya suka sekali. Tapi kalau beli terkadang manis sekali, saya nggak terlalu suka kalau kemanisan. Membuat sendiri gampang loh teman-teman, hanya berbekal singkong parut ,kelapa parut dan gula merah saja. Jajanan pasar memang rata-rata gluten free. Jadi nggak usah khawatir untuk anak yang sedang menjalani diet ketat. Sesekali membuat ini untuk mengenang masa kecil yang tetap enak dimakan dimasa sekarang. Makanan jadul emang ngangenin

Mie Koba - Mie Bangka dengan Kaldu Ikan Beraromah Rempah-rempah

Ada banyak variant jenis dan masakan  mie di Indonesia ini, salah satunya Mie Koba. Walau mie ini tidaklah seterkenal mie ayam. Bagi Masyarakat Bangka Belitung, Mie Koba sangatlah enak. Mie Koba merupakan mie yang diberi kuah kaldu ikan dengan bumbu rempah. Bumbu rempah ini berupa cengkeh, kembang lawang. Citarasanya seperti bumbu semur rempah yang suka dimasak ibu dan mama saya. 

Ayam Sisit Bali dengan Kemangi dan Sambal Matah

Ayam Sisit Bumbu Bali yang pernah saya cicipi kala mampir di restoran Bali mempunyai tampilan yang cenderung kering, berasa pedas dan berdampingan dengan sambal matah. Satu hal yang saya suka dari restoran bernuansa Bali adalah dekorasinya. Dekorasi Bali yang unik penuh dengan ukiran khas Bali dan tentu saja dari segi corak dan warna akan sangat berbeda dengan ukiran khas Tapis Lampung ,atau Palembang. Masyarakat Bali terkenal piawai dalam seni ukirnya. Sepertinya seni merangkai janur /tarup, merangkai bunga ataupun mengukir selembar papan sudah mendarah daging di tubuh mereka. 

Pesmol Ikan Baung Ala Ibuku

Serupa dengan ikan acar bumbu kuning yang pernah saya posting disini Ikan Panggang kuah Kuning, Pesmol ini masakan dari Sunda Jawa Barat dengan menggunakan kuah sedikit lebih kental, sedikit pedas dan asam serta ada aroma samar kencur. Tapi Ibuku masak pesmol Ikan ini nggak pernah pakai kencur. Bumbu kuah kuningnya dibuat pekat dan kental dan selalu menggunakan ikan sungai. Mungkin karena kami hidup dengan Sungai Musi membelah kotanya. sehingga ikan sungai lebih mudah ditemui dalam kondisi segar. Dahulu lebih sering menggunakan ikan lais. Tak ada Lais ikan baungpun jadi atau gunakan ikan favoritmu lainnya seperti gurame, nila atau patin. Ikan segar dengan bumbu pesmol tanpa kencur ini dijamin enak dan sehat dengan kandungan gizi yang lengkap. 

Doggy Bun - Roti Doggy Dengan Saus Bolognese

Sejak pertama melihat doggy Bun ini di IG saya sudah tertarik untuk membuatnya. Bentuknya yang lucu, mudah dan sepertinya gampang dibuat. Ya udah semalam saya eksekusi roti ini. Resep tidak sesuai dengan yang di Ig, saya nggak catat, saya scroll ke bawah sudah nggak ketemu lagi di beranda. Ya udah berdasarkan ingatan saja saat menonton videonya. Dan benar doggy bun ini mudah membuatnya, bentuknya lucu pula. Anak tetangga yang saya beri lantas menjadikan roti ini sebagai bekal sarapan ke sekolahnya. Thiya tentu saja suka saat melihatnya tapi isi daging saus bolognese bukanlah favorit anak saya. Sehingga thiya hanya makan rotinya saja tanpa isian di dalamnya. 

Resep Kembang Kol Kung Pao

Kalau makan sup umumnya akan mudah kita temui sayuran, salah satunya adalah kembang kol. Namun kalau kembang kol dimasak itu-itu saja, saya bisa bosan. Mengolah kembang kol menjadi aneka sayuran lain sepeti tumis kung pao ini sangat layak dicoba. Walau saya tahu, kembang kol yang kaya vitamin dan mineral ini tak baik jika di goreng dengan minyak banyak. Namun sesekali tak mengapa. Apalagi kalau dipadupadankan dengan lauk seperti ikan yang dibakar. Menurut saya seimbang. Salah satu makanan  terkena minyak, dan lainnya tanpa minyak sama sekali. Sedap bertubi-tubi. 

Telur Ikan Asin Sambal Tauco Belimbing Wuluh

Telur Ayam adalah sumber protein , lemak yang paling mudah dan gampang ditemui disekitar kita. Membuatnya super mudah dan super gampang, sehingga dijamin siapapun bisa membuatnya. Memasak jenis ini bisa saya lakukan berkali-kali dalam satu bulan. Apalagi kalau malas memasak melanda, keuangan menipis dan tentu saja sejuta alasan lainnya. Walau sangat sederhana. Semua keluarga saya sangatlah suka. Untuk Thiya dia hanya berupa telur utuh. Untuk saya dan suami, kami akan makan hingga jilatan /tetesan sambal terakhir. Membuat makan siang harus sangat hati-hati. Nasi sebakul dijamin habis, sangat sedap sekali

Resep Bingka Nangka - Jackfruit Tradisional Cake Bingka

Olahan nangka lagi teman-teman, Masih dari pohon yang sama dan buah yang berbeda. Pokoknya setiap buah yang jatuh dari pohon, daripada mubazir. Saya ambil dan dikupas. Yang tak layak makan dibuang dan yang bagus saya bersihkan dan dibuang bijinya dan segera masuk freezer. Kapanpun mood masak datang, saya bisa olah menjadi cake favorit saya. Hari ini masak bingka nangka. Sama seperti bingka pisang yang pernah saya posting disini Bingka Pisang. Kali ini bahan bakunya saya ganti dengan nangka dan bahan lainnya mengikuti. Saya dua kali mencoba, ini yang kedua dan saya nilai rasanya lumayan enak. Pertama kali saya ikuti resep yang ada di Ig, malah nggak suka sama tekstur dan rasanya. 

Fish Fillet Bun (Roti dengan Daging Ikan Crispy) ala KFC

Chicken Fillet ataupun Fish Fillet bun KFC saya suka sekali. Sayangnya karena semakin bermacam-macam menu, makanan ini tidak dijual lagi. Saya menyukai tekstur roti yang lembut dibandingkan roti keras seperti Chicken fillet versi Franchise pesaingnya. Sejak suka baking sendiri, takperlu susah harus ke gerai KFC, tinggal gerakkan tangan, nyalakan oven dan membuat roti lembutnya sendiri. Hari ini saya membuat Fish Fillet, memanfaatkan  ikan gurame yang diberi pak de beberapa waktu yang lalu. 

Mie Ayam Lampung - The Best Taste in The World

Mie ayam atau bakmi ayam merupakan hidangan yang populer di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri mie ayam disajikan dengan ayam dadu, pangsit dan kuah kaldu. Sayurannya terdiri dari tauge dan caisim. Penyajian mie ayam berbeda-beda setiap daerah. Baru di Lampung saya mengenal Mie ayam yang diberi acar mentimun. Di Palembang tidak ada acar dalam semangkuk mie ayam. Untuk penampilan selebihnya sama. Kecuali potongan ayam yang disajikan tanpa tulang, terkadang dihaluskan seperti halnya mie yamin dan tetap disebut mie ayam.

Resep Jamur Tiram Kung Pao

Kalau suka makan di restoran pecinan, salah satu menu adalah kung pao. Baik ayam, daging non halal, ataupun sayuran dimasak dengan kung pao. Semula saya nggak terlalu ngeh apa artinya, namun keseringan makan baru ngerti. Bagi saya kung pao itu masak ditumis sebentar dengan bumbu kacang tanah, cabai kering dan dimasak dengan saus asam pedas. Nah saya lebih merasa aman dan nyaman, kalau mencicipi versi vegetarian restoran pecinan. Setidaknya tidak ada daging yang non halal. Walau mungkin saja pakai angciu atau proses dan sistemnya yang non Halal yang dahulu saya belum aware banget dengan seksama

Udang Goreng Asam - Udang Heh ( Tamarin Fried Prawn )

Udang Goreng asam atau udang heh adalah masakan peranakan /nonya yang jadi favorit keluarga kami. Ibu saya suka sekali menggoreng udang dengan bumbu sederhana ini. Walau sederhana. Udang ini sangat enak, bebas amis dan tentu saja simple sekali dengan rasa yang juara. Kalau malas masak yang ribet dengan aneka bumbu dan rempah. Udang goreng asam ini akan jadi prioritas utama. Rasanya yang ringan sangat enak di lidah, dibandingkan dengan rasa yang lebih berat dan kaya bumbu