Skippi si Kue kering Kacang Tanah

Yang namanya laki-laki paling suka sama kue kering kacang tanah ini, atau skippy. Ntah kenapa?, baik ayah,mertua, suamiku suka sekali. Di bandingkan dengan kue kering lainnya. Jadi pasti kue kering kacang ini ada dalam list, di stabilo in jangan sampai kelupaan. Suami sih saat sedang baking nggak nanyain, tapi kalau masa lebaran habis pasti nanyai, yang kacang habis ya bun? 
ini kue jadul ya, kalau dulu suka bantuin ibu masak nggak pakai timbang-timbangan, alat takarnya ya mangkok ayam. Terigu, gula dan kacang. Terigu 2 mangkok, gula 1/2 mangkok, kacangnya 1 mangkok, sama minyak sayur kurang dari 1 mangkok, asal adonan sudah bisa dipulung. Dianggap jadi. Dulu kan, kalau baking mana pakai margarin /mentega. Semua di ganti minyak sayur, atau minyak samin kalau mau ala arab-araban. 

Kalau jaman sekarang, banyak banget produk-produk baru. Tidak hanya mentega atau margarin tetapi ke susu dengan segala olahannya. Ada yogurt, cream cheese, sour milk, heavy cream dll. Kalau dulu sih santan cair aja. Satu-satunya olahan susu adalah gulo puan yaitu susu yang dimasak bersama gula hingga susu habis dan menggumpal. Si Gulo puan ini akan menjadi bahan tambahan bolu lebaran. Kalau sekarang hmm buanyak pisan.


Untuk orang jadul, era baby boomer dan bukan generasi z. Skippy atau kue kering kacang ini masih eksis loh. Walau kacangnya digantikan dengan selai kacang. Tetap aja kue kacang. Nah yang saya buat ini benar-benar kue kacang jadul. Saya aja buatnya pakai mangkok tapi saya konversi ke gram biar nggak menyesatkan bagi yang ingin membuatnya. Untuk kacang tanah, gunakan kacang tanah kupas saja,agar tidak merepotkan membuatnya. Di tbk atau pasar tradisional banyak, apalagi kalau mendekati hari raya. Kalau mau ganti skippy bisa sih, hanya takaran minyaknya dikurangi karena skippy atau selai kacang kan sudah di tambah margarin /minyak dalam proses pembuatannya. 

Kacang tanah kupasnya saya buat sendiri sebagian, sebagian lainnya beli dipasar. Lalu kacang tersebut di masukkan ke chopper dan  atau gelas blender. Semua bisa saja ya. Hanya kalau pakai chopper, kacangnya masih sedikit kasar., tapi dengan menambahkan minyak sayur ke chopper nanti halus kok kacangnya. malah bisa jadi selai kacang😝 (asal kacangnya sudah masak).  Untuk yang punya FP bisa mengaduknya sekali an di food processor, karena saya nggak ada saya membuatnya di wadah plastik saja. Warna polesan sesuai selera ya. Saya oles sampai warnanya kuning kata suami kok warnanya begini. Ya udah kubuat golden brown saja heheeh, itupun thiya yang oles. Heheee. Yuk yang mau buat berikut resepnya

 Skippy Si Kue Kering Kacang Tanah
Untuk 2 toples @500gram
Bahan :
400 gram terigu (sekitar 2 mangkok yang dipadatkan)
250 gram kacang tanah (saya oven dengan 1 sdm minyak, ratakan lalu di panggang sebentar, atau bisa disangrai)
180 gram minyak sayur (1 mangkok)
175 gram gula halus
2 sdm maizena
1 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk

Olesan : 2 kuning telur + 1 sdm susu cair + 1 sdt minyak sayur (aduk rata)

Cara membuat
  1. Blender kacang hingga halus, atau bisa chopper kacang tanah dengan sebagian minyak sayur  hingga halus. 
  2. Campurkan terigu, gula, kacang tanah, garam, maizena dan vanii hingga rata. Tambahkan minyak sayur sedikit-demi sedikit. Aduk rata. Stop penambahan minyak kalau adonan sudah bisa dipulung /lembab.
  3. Tutup adonan dengan plastik wrap, dinginkan dikulkas hingga minyak padat dan adonan sedikit keras selama kurang lebih 1 jam
  4. Keluarkan dari kulkas. suhu ruangkan kembali agar bisa dipulung. Cetak sesuai selera.
  5. Gilas adonan di atas meja, diantara plastik. Saya memotong plastik ukuran 5kg , adonan digilas dengan ketebalan sekitar 5 mm - 1cm.  Untuk mempermudah menggilas bisa di lakukan dengan membatasi 2 mistar yang ditumpuk, seharusnya menggunakan 2 telenan dikedua sisi, agar tebalnya sama. Saya hanya 1 sisi saja. Itu sebagai patokan ketebalan.
  6. Cetak dengan cookies cutter. Tata di loyang yang dialasi dengan baking paper. 
  7. Oven dengan suhu 140 oC selama 35 menit hingga matang.Keluarkan dari oven, Beri polesan kuning telur. Jika akan memberi hiasan, lakukan setelah di oles kuning telur ya. Sedikit di tekan agar menempel. 
Note
Oven dengan suhu kecil saja, jangan suhu tinggi nanti kue kacangnya nggak cantik /retak-retak.
Kalau mau polesan cantik, poles 2 kali.

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.