Siomay Ayam Udang Dengan Bengkoang ( Siomay Lembut, Gurih Tanpa MSG)

Saya penyuka siomay loh. Dibandingkan dengan batagor, saya lebih suka siomay. Selain karena dimasak dengan cara direbus, yang saya nilai lebih sehat. Siomaypun dilengkapi dengan pare, kubis ataupun kentang yang selain menjadi cemilan mengenyangkan juga tentu saja sehat. Lengkap dengan protein hewani dan nabati. Selain pempek rebus, siomay menjadi cemilan favorit saya lainnya. Saya membuatnya tanpa Penyedap rasa atau MSG, karena itu pastikan kualitas daging ayam dan udang yang dipakai agar rasanya benar-benar enak.

Sebelumnya saya pernah posting tentang Siomay Bandung Dengan Kulit Siomay Homemade disini. Karena keseringan membuat pempek tanpa terigu, jadi saya suka otak-atik resep sendiri. Dan ini resep saya nilai  lebih enak. Siomay dengan udang akan menonjolkan rasa gurihnya, apalagi kita nggak pakai penyedap rasa. Saya menggunakan bengkoang untuk melembutkan dan agar rasa khas bengkoang berkurang/hilang saya gunakan santan, bukan air bisa. Siomay seperti ini benar-benar masih lembut saat dingin dan saat hangat lebih sedap dengan rasa gurih yang menonjol. 

Penggunan labu siam dan bengkoang akan membuat tekstur siomay yang kita buat lebih lembut walau tanpa terigu. Sehingga siomay seperti ini sangat aman di konsumsi orang yang sedang menjalani diet gluten free atau pecinta siomay dengan teksur kenyal khas tapioka bukan alot seperti karet.  Siomay ini juga memiliki kandungan gizi lebih baik, tidak hanya protein nabati, tapi juga hewani. Makan sepering ini saya sudah kenyang, dan tidak makan malam atau sarapan lagi dna anak saya suka sekali. 

Untuk saus kacangnya bisa berasal dari skippy, atau kacang halus yang kita beri tambahan bumbu sebagai tahapan selanjutnya. Saya menggunakan kacang halus, sisa membuat kue kering skippy beberapa waktu yang lalu. Anda bisa menggunakan skippy lalu tambahkan bumbu seperti bawang putih, cabai. Selai kacang sendiri kan berasal dari kacang tanah, gula dan sedikit minyak (olive oil, canola, atau palm oil dll). Sehingga sesuaikan saja dengan asal kacang tersebut dan olah menjadi bumbu siomay ini. 

Kubis bisa tanpa isi adonan siomay, atau diisi.  Sebelum kubis dilipati, papas dahulu tulang kubis agar sejajar dengan daunnya sehingga memudahkan kita melipatnya dan jangan lupa sedikit di layukan di kukusan yang kita panaskan sebelumnya. Untuk Tahu yang diisi adonan, pastikan tahu kering ,tanpa ada air yang menetes. Tengah tahu sebelum di isi adonan, sebaiknya di oles putih telur agar tidak terlepas dari adonan saat sudah matang. Bisa menggunakan kulit pangsit agar siomay lebih komplit. Letakkan 1 lembar kulit pangsit di mangkok kecil seperti cetakkan kue lumpur. Masukkan kulit pangsit dan isi dengan adonan, beri taburan wortel parut, saya tidak pakai nggak ada yang jual kulit pangsit disini, harus membuat sendiri dan saya sedang malas hehehe. 

Untuk saus kacangnya disesuaikan pedasnya sesuai selera. Karena anak saya belum kuat saus kacang yang pedas, saya buat sambal cabai yang terpisah. Dan berikut ini resep nya

Siomay Ayam Udang Dengan Bengkoang ( Siomay Lembut, Gurih Tanpa MSG)
Untuk 4 - 6 porsi

Bahan siomay:
300 gram daging ayam tanpa tulang dan kulit
50 gram daging udang tanpa kulit
150 gram bengkoang ( berat bersih tanpa kulit, dari 1 buah bengkoang ukuran sedang @200 gram)
300 gram sagu /tapioka
1 pcs putih telur
150 ml santan kental
1 sdt merica bubuk
1 sdm garam (sesuaikan selera)
1 batang daun bawang (potong-potong)

Bahan & bumbu saus kacang:
150 gram kacang tanah panggang /goreng matang (saya kacang panggang halus sisa membuat kue kering skippy)
3 siung bawang putih
3 pcs cabai merah keriting (saya cabai merah kering)
2 pcs cabai rawit (saya tidak pakai)
1 sdm gula jawa dihaluskan
1 sdm air asam jawa
1 sdt  garam
250 ml air

Pelengkap:
Kulit pangsit (saya tidak pakai)
Kentang kukus
Telur rebus
Tahu (potong diagonal dan buat keratan persegi lalu buang isi tengah tahu untuk diisi adonan)
Pare buang biji di  bagian tengahnya
Kubis
Wortel untuk parutan topping atas pada siomay kulit pangsit
irisan jeruk limau
saus sambal botolan
kecap manis
Sambal merah (2 pcs cabai merah keriting, 4 pcs cabai rawit direbus lalu diblender dengan air matang)

Cara Membuat

  1. Haluskan bengkoang dengan bantuan fod processor /chopper. Haluskan juga daging ayam dan udang. Sebaiknya udang dan ayam dalam keadaan setengah beku untuk membantu proses penghalusan tanpa bantuan air.
  2. Tambahkan santan, aduk rata. Tambahkan putih telur aduk rata.
  3. Tambahkan garam. Aduk hingga berbentuk pasta kental. 
  4. Tambahkan sagu. Aduk hingga rata. Bentuk adonan sesuai selera.
     
  5. Isi adonan ke dalam tahu, kubis atau pare. Masukkan ke kukusan yang sebelumnya telah kita panaskan. Masak hingga matang. Agar ada motif pada adonan tertentu saya menambahkan daun bawang pada siomay yang berbentuk bulat.
  6. Kukus juga telur dan kentang sebagai pelengkap
  7. Kukus hingga semua adonan habis

Note
Gunakan alat /spatula saat mencampurkan ikan dengan tepung. Panas dari tangan akan membuat adonan tidak dingin

Saus kacang:

  1. Goreng bawang putih sebentar hingga layu dan sedikit kecoklatan, angkat. Saya mengoven bawang putih dan kacang hingga sedikit cokelat dan matang
  2. Siapkan blender, masukkan kacang tanah goreng /panggang, bawang putih, dan cabai, tambahkan air. Proses hingga halus.  Jika adonan terlalu kental, tambahkan air hingga tercapai kekentalan yang diinginkan.
  3. Tuangkan saus ke dalam panci, masukkan garam, gula dan air asam Jawa. Masak hingga mendidih dan matang. Cicipi rasanya. Angkat.

Sambal merah 
Blender cabai merah keriting, cabai rawit rebus  dengan sedikit air matang

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.