Sate Bandeng Telur Puyuh Bumbu Western ( Versi Ikannya Ayam Kodok)

Siapa yang suka dengan ayam kodok? Yaitu ayam tanpa tulang yang dimakan sambil di cocol dengan saus pedas manis. Saya penggemarnya loh. Sedap sekali. Sayang untuk membuat si ayam tersebut, harus ada moment-moment tertentu dan jika dibeli lumayan mahal harganya. Terinspirasi dari ayam kodok itu. Saya buat saja olahan serupa namun ini di ikan bandeng bukan di ayam. Dan bebas Tulang. Aman untuk si kecil.
Untuk mengupas atau memisahkan kulit dari daging ikannya, sebaiknya membaca tread ini yaitu Sate Bandeng telur puyuh bumbu rempah . Saya telah membuat step dan step sejelas mungkin. Karena saya merangkap koki, cleaning service, dan pengasuh anak. Saya sudah berusaha maksimal menggambarkan secara detail  baik foto-fotonya ataupun tulisannya. Tolong dibaca ya. Selebihnya memang latihan agar terbiasa. Awal-awal juga saya kesulitan. Bisa lihat foto dan fillet ikan saya di postingan sebelumnya. Amatiran sekali.

Jika di lihat sate bandeng saya seperti menongak ke atas dan tidak rapi, hal itu disebabkan karena saya kealpaan mengucuri kulit bandeng dengan jeruk nipis. Sehingga kulit menjadi lunak dan gampang robek. Ceroboh nya saya. Saat menfillet lalat berterbangan segala sisi. Membuat keringat bercucuran, sambil anak terus memanggil membuat saya hilang konsentrasi wkkwkw. Selain karena kesiangan ke pasar. Stok lauk yang dikulkas tak ada, sehingga buru-buru mengolahnya. 

Ikan bandeng ini berukuran besar.1 ekor seberat 500 gram, saya beli 1kg dan langsung di fillet begitu sampai rumah. Saya tidak mempertimbangkan ukurannya yang besar tidak muat di dandang kami saat dikukus, sehingga dikukus di atas kuali yang diberi saringan dan sedikit ditekuk. Mengikat ikanpun pakai tali plastik. Jangan ditiru ya, Kalau bawaan udah panik. Yaa begini ini. Ini aja disempatkan di foto untuk dokumentasi. 

Untuk bumbunya saya menggunakan bumbu untuk ayam kodok, daging sapi saya gantikan dengan udang. Udang memang memberikan saya gurih yang berbeda. Jadi jangan diskip ya. Gunakan tepung roti berkualitas, agar rasa ikannya lebih enak dan milky. Saya menggunakan sisa roti yang saya buat sendiri. Untuk bumbu sausnya tidak begitu sulit. Bumbu utama hanya cacahan bawang bombay, dan aneka saus yang tersedia di dapur. Saya tidak menggunakan kecap inggris. Soalnya sudah expired. Kalau ada pakai sediikit saja ya. 


Walau kulit dan daging telah terpisah dari tulangnya. Tetap hati-hati saat memberi makan anak kecil.  Terkadang durinya masih menempel di kulitnya dan kita kealpaan menyingkirkanya. Oleh sebab itu kalau untuk anak kecil yang sedang dilatih memisahkan ikannya, bagian kulit saya tidak suruh thiya makan. Dan potongan yang diberi ke anak jangan bagian ekornya melainkan bagian tengah sesudah kepala saja. Anak kecilkan masih perlu banyak latihan motorik halus dan kasarnya. Saya hanya menggunakan 1 buah ikan @500 gram ya pada resep dibawah. Cukup sekali makan untuk kami. Berikut resepnya ya

Sate Bandeng Telur Puyuh Bumbu Western Versi Ikannya Ayam Kodok
Bahan
1 buah ikan bandeng ukuran besar (saya 1 buah @500 gram).  Kuliti/pisahkan daging dan kulitnya. Bisa baca disini 
50 gram udang (tanpa kepala dan kulitnya)
5 - 6 pcs telur puyuh rebus. Disesuaikan dengan banyaknya ikan. 
1 butir  telur
2 lembar roti tawar/ 1 buah roti bun/ tepung roti (sekitar 70 gram)
50 ml susu cair
1/2 buah bawang bombay ( dari 1 buah bawang bombay setengah untuk saus ,setengahnya lagi untuk campuran daging ikan) cacah halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1sdm  saus tiram
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 buah pala bubuk
1 sdm  seafood sauce /kecap asin
1 sdt  minyak wijen
1 sdt  garam
1/2 sdm gula pasir

Bahan dan bumbu saus:
1 sendok makan margarine
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
  sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)
1 sdm saus tiram
1/2  sdt kecap asin
3 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal (tambah jika suka pedas)
1 sdm kecap manis
1/2  sdm kecap Inggris (Worcestershire sauce)
150 ml kaldu ayam
sejumput  pala bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam
1/4 sdm gula pasir

Cara membuat

  1. Untuk memudahkan proses penggilingan ikan baiknya setengah beku. Giling ikan dan udang hingga halus. Saya menggunakan chopper, anda bisa menggilingnya dengan blender drymill/FP. Lakukan perlahan-lahan, bisa tambahkan susu cair untuk mempermudah penggilingan.
  2. Siapkan semua bumbu campuran daging ikan
  3. Campurkan daging ikan dengan semua bumbunya kecuali gula dan garam. Aduk rata  Beri garam dan gula. Koreksi rasanya dengan cara mengukus sedikit. Sesuaikan asin dan gurihnya.
  4. Isikan campuran daging ikan ke kulit ikan. Beri telur puyuh di dalamnya. Rapikan ikannya (jika tampak berantakan). Tata di atas daun pisang yang sebelumnya telah dilayukan sebentar  diatas kompor. Padatkan isinya dengan cara menekan-nekan isi di perut hingga memadat dan beri isian juga isinya di kepala ikan agar tampak berisi. Sisa adonan bisa masukkan ke dalam daun pisang.
  5. Gulung dan rapatkan. Ikat daun pisang dengan batang serai /daun pisang/ tali kasur. Kukus sekitar 15 menit hingga matang. Panggang sebentar untuk menciptakan efek terpanggang dan aroma daun pisang lebih kuat.
  6. Saus : Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan bawang putih masak hingga semuanya harum. Masukkan semua bumbu lainnya. Kentalkan dengan maizena. Koreksi manis,gurihnya. 

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.