Sate Bandeng Sosis Bumbu Bali dengan Sambal Matah

Bali yang terkenal dengan sambal matah, dan masakannya yang enak -enak. Memang sanggup memanjakan lidah siapapun. Tak terkecuali saya. Pulau Dewata dengan segala keindahan, panorama dan ragam kulinernya benar -benar layak di sebut surganya dunia. Namun Indonesia tidak hanya Bali, Ada banyak masakan nusantara yang enak dan disukai penjuru dunia. Kekayaan Indonesia , masakan salah satunya memang perlu di eksplore dan dilestarikan. Kalau bukan kita, lalu siapa lagi?


Teinspirasi dari masakan dan bumbu bali terutama ikannya panggangnya Be pasih mepanggang, saya lantas mencoba membuat sate bandeng dengan bumbu bali ini. Ikan panggang dari Bali kan biasanya sejenis ikan kakap dan ikan laut lainnya. Namun di kreasikan dalam bentuk sate bandeng ini enak juga dan tentu saja inilah sosis indonesia dengan bumbu indonesia juga. Menyajikan sate bandeng bumbu Bali ini, jangan lupa dibuatkan juga sambal matahnya. Makan masakan Bali tanpa sambal matah, manalah sedap. hehehe. 

Isi pada bandeng ini, saya menggunakan sosis ya, kalau mau ganti telur puyuh silahkan saja. Untuk cara memfillet daging ikan bandengnya agar bisa terlepas tulang tanpa merusak tulangnya,bisa baca postingan saya sebelumnya yaitu di sate bandeng telur puyuh bumbu rempah sambal kencur disini. Saya memang suka masak sate bandeng ini. Untuk membiasakan thiya suka dan doyan ikan. Kalau makan sate bandeng ini dia suka dan lahap. Memang favoritnya ya sosis, jadi dikasih sate bandeng sosis ini dia lahap sekali makannya. Alhamdulillah. Memang sedikit report memfillet daging nya. Untuk anak kesayangan insyaallah di bela-belain. 



Membuat ini nggak susah, asal sudah bisa memfillet ikannya. Awal-awal saja juga ragu-ragu, tapi kelamaan jadi merasa bisa juga. Apalagi melihat suami dan anak, makan siang dengan lahap. Capek rasanya hilang saja. Saat buat ini thiya tak mau asyik dengan mainanya,ada aja caranya agar fokus kita ke dia. Ya nggak boleh masaklah, pipis dicelana (sengaja, padahal dia bisa pipis di toilet) dan tingkah aneh lainnya demi mendapatkan perhatian ibunya. Mungkin saat usia saya bertambah dan thiya sudah sekolah, saya akan sangat merindukan moment ini. Jadi kalau thiya benar-benar aktif, seperti hari ini, masyaallah tanduk saya benar-benar keluar. Semoga Allah memberikan kita kesabaran dalam mendidik anak-anak kita ya. 

Nah kembali ke postinga tentang Sate Bandeng Bumbu Bali ini, untuk anak nggak ada sambal matah ya. Ini Ibu dan ayahnya saja yang makan. Anaknya nggak pedas. Dan ini Resepnya

Sate Bandeng Sosis Bumbu Bali 

Bahan
1 buah ikan bandeng ukuran besar (saya 2 buah @250 gram).  Kuliti/pisahkan daging dan kulitnya. Bisa baca disini 
50 gram udang (tanpa kepala dan kulitnya)
50 ml santan cair
2 pcs sosis
1 butir putih  telur
2 sdm sagu
1 sdt garam
1/2 sdm gula merah

Bumbu Halus  Untuk daging ikan
3 pcs cabai merah keriting (saya buang bijinya)
2 pcs cawit merah (saya tidak pakai)
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit (bakar sebentar, saya 1 sdt kunyit bubuk)
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
3 pcs kemiri (sangrai)
1/2 sdt terasi (optional, skip jika tidka suka)

Bahan Sambal Matah ( aduk rata)
4 siung bawang merah dipotong -potong
2 siung bawabg putih dipotong-potong
5 buah cabai rawit meraj diiris
2 lembar daun jeruk (buang tulangnya) iris-iris
1/2 sdt terasi (dibakar)
1 batang serai (ambil bagian putihnya, diiris-iris
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 sdm air keruk nipis
2 sdm minyak

Cara membuat

  1. Untuk memudahkan proses penggilingan ikan baiknya setengah beku. Giling ikan dan udang hingga halus. Saya menggunakan chopper, anda bisa menggilingnya dengan blender drymill/FP. Lakukan perlahan-lahan, bisa tambahkan santan cair untuk mempermudah penggilingan.
  2. Siapkan semua bumbu campuran daging ikan
  3. Campurkan daging ikan dengan semua bumbunya. Aduk rata . Tambahkan putih telur, aduk rata, Beri Beri garam dan gula. Aduk rata. Tambahkan sagu. Aduk rata. Koreksi rasanya dengan cara mengukus sedikit. Sesuaikan asin dan gurihnya.
  4. Isikan campuran daging ikan ke kulit ikan. Beri sosis di dalamnya. Rapikan ikannya (jika tampak berantakan). Tata di atas daun pisang yang sebelumnya telah dilayukan sebentar  diatas kompor. Padatkan isinya dengan cara menekan-nekan isi di perut hingga memadat dan beri isian juga isinya di kepala ikan agar tampak berisi. Sisa adonan bisa masukkan ke dalam daun pisang.
  5. Gulung dan rapatkan. Ikat daun pisang dengan batang serai /daun pisang/ tali kasur. Kukus sekitar 15 menit hingga matang. Panggang sebentar untuk menciptakan efek terpanggang dan aroma daun pisang lebih kuat.
  6. Sajikan bersama sambal matah

Sambal : Aduk rata semua bahan.


Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.