Resep Pumpkin Brownies - Cake Cokelat Padat, Legit dengan Creamy Labu Kuning Lezattos

Ada banyak resep Brownies yang bertebaran di Internet. Saya menyukai brownies dengan tekstur padat, legit dan berasa cokelat , namun tidak terlalu berat di kolesterol tubuh. Tapi jangan dikira rasanya nggak nendang ya. Apalagi saat brownies berpadu dengan pumpkin. Rasanya sungguh lezat. Cake cokelat super padat ,legit dan nyoklat digigit dengan superlembut pumpkin /labu kuning, masyaallah saya suka sekali.   

Adonan pumpkin tidak di campurkan ke adonan brownies ya, melainkan ditebarkan merata di atas adonan brownies dan di oven bersamaan. Pumpkin yang dipakai sebelumnya kita lunakkan dengan cara di oven, sehingga kandungan air berkurang dan aroma pumpkin lebih kuat. Saya lebih memilih mengovennya dibandingkan dengan cara dikukus. Boleh tambahkan sedikit pala dan kayumanis jika ingin pumpkinnya ada aroma rempah. Saya tidak melakukannya karena menurut saya rasanya akan tabrakan. Saya ingin menonjolkan rasa dan aroma labu kuning dan cokelat. Namun semuanya kembali ke selera masing-masing.

Anda bisa menggunakan browmies base kesukaan anda, mulai dari fudge brownies atau simple brownies ala Chanti yang saya posting ini. Resep Brownies ala Chanti ini saya suka karena tektur browniesnya yang cokelat sekali, legit dan lezat tetapi tidak menggunakan Dark Cooking Cokelat seperti halnya fudge brownies. Untuk adonan  pumpkinnya biasa saya gunakan untuk isian pai- Pai Pumpkin. Saya suka buat, nah karena anak saya maniak sekali sama cokelat maka pumpkinnya saya olah menjadi pumpkin brownies saja.

Disini mudah sekali menemukan Labu kuning, karena penduduk sekitar menanamnya sendiri. Namun jika anda kesulitan menemukan labu kuning, bisa menggunakan labu kuning kemasan kaleng. Saya telah mencoba membuat dan memanfaatkan labu kuning sebagai bahan tambahan cake , mulai dari Chiffon Cake Pumpkin disini, Burger pumpkin disini, atau Roti Sobek Pumpkin disini, pukis labu kuning disini. Dan aneka cemilan menggunakan labu kuning. Tolong jalan-jalan ke kategori pumpkin/labu kuning. Insyaallah ada banyak yang menggunakan pumpkin/labu kuning. Dan kalau saya membeli 1 buah labu kuning yang besar, saya akan mengovennya lalu dikemas per 200 gram untuk keperluan baking saya, sehingga kapanpun saya mau tinggal dikeluarkan dari freezer dan dibaking sesuai selera.
Seperti saya telah singgung dibeberapa postingan saya tentang labu kuning/pumpkin. Pumpkin ada banyak jenisnya. Punya saya kulitnya tebal dan keras. Dan ukurannya gede sekali. Di pasar tradisional biasanya dijual per potong, kalau disini harus beli utuh. Harganya nggak mahal. Mulai dari 10 rb -20 rb. Kalau ke swalalyan , ada pure pumpkin juga. Tapi saya nggak pernah beli, jadi nggak tahu harganya berapa. Kalau di Luar negeri, pumpkin suka di hias untuk acara Hallowen, disini paling nasibnya jadi kolak atau tambahan potongan sayur. Sejak mengenal baking saya suka saja variasikan resep dengan labu kuning atau sukun. Kadang ada yang berhasil seperti Pumpkin Brownies ini, kadang ada yang aneh seperti saya masak Pom pom Sukun (Bola bola dari sukun). Walau thiya dan teman-temannya suka, Suami saya nggak suka jadinya nggak saya posting di blog. Dan sukun belum banyak olahannya di blog ini, tidak sebanyak labu kuning /pumpkin. Heheeh. Intermezonya kelamaan, berikut resepnya ya

Pumpkin Brownies -  Cake Cokelat Padat dengan Creamy Labu Kuning

Untuk loyang 24 cm
Resep Brownies di adaptasi dari Brownies ala Chanti JusttryandTaste, pumpkin modifikasi sendiri

Bahan:
Untuk Brownies 
3 butir telur, suhu ruang
300 gram gula pasir
150 gram mentega, suhu ruang 
150 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
67 gram coklat bubuk
265 ml susu cair  (bisa dari susu bubuk /SKM yang diberi air atau Susu UHT Full Cream/Low fat_sesuai selera)-saya susu UHT cokelat
Seujung kuku garam, jika menggunakan mentega tawar

Pasta Pumpkin
400 gram pumpkin pure (saya mengoven pumpkin hingga lunak)
2 butir telur
100 ml susu cair full cream (bisa diganti dengan susu evaporated /whipping cream cair)
2 sachet SKM (sekitar 80 gram)
sejumput garam
1/2 sdt pala bubuk (optional)
1/2 sdm kayumanis (optional)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven di suhu 175oC, letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang segi empat ukuran 24 x 24 cm dengan mentega dan taburi tepung, Sisihkan. Anda bisa menggunakan jenis loyang lainnya.
  2. Siapkan dan timbang bahan yang di butuhkan.
  3. Masukkan semua bahan pasta pumpkin ke food processor, dan aduk hingga rata. Saya memasukkannya ke dalam gelas blender buah. Dan dihaluskan hingga smooth. Pindahkan ke wadah Sisihkan. Jika anda mengukus pumpkin /labu kuningnya, takaran susu disesuaikan saja. Kurangi resep susu dan blender/haluskan perlahan-lahan. Tekan tombol "pauce" sesekali. Jika mesin bisa berputar lancar hentikan penambahan susu cair. Adonan pasta kental dan  bukan encer ya. Cicipi dan sesuaikan manis tidaknya. Resep pasta pumpkin tidak menggunakan gula karena SKM dan pumpkin sendiri telah cukup manis.
  4. Takar dan timbang cokelat bubuk dan terigu. Aduk rata. Dan takar susu cair untuk brownies dengan tepat. Sisihkan
  5. Membuat Browmies :Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula pasir. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga kental dan mengembang.
  6. Tambahkan mentega dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. Akan ada bulatan-bulatan mentega kecil-kecil
  7. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak langsung diatas adonan telur dan mentega, tuangkan secara bergantian dengan susu cair. Kira-kira bagi masing-masing menjadi 3 tahapan, aduk ringan /mixer kecepatan kecil setiap tahapannya  hingga menjadi adonan yang smooth dan tercampur baik. 
  8. Tuang ke dalam loyang. Ratakan. 
  9. Tambahkan dan sebarkan pasta pumpkin/labu kuning ke atas adonan brownies. 
  10. Masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 menit. Lakukan test dengan menusukkan lidi di tengan kue, jika tidak ada adonan yang menempel maka brownies telah matang. 
  11. Hias dengan glaze dan coret -coret diatas cake atau hias sesuai selera.
Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.