Resep Pancake Rainbow Putir Telur Kesukaan Anak-anak

Hari Sabtu tadi, thiya bermain dengan teman-temanya dan perlu disajikan cemilan mnemani aktivitas bermain mereka. Memang hari sabtu,thiya suka sekali bermain dengan teman-teman sebayanya. Selain karena jadwal sekolah Off juga teman sebaya thiya tidak di titipkan ke day care saat ibunya bekerja. Dan thiya bisa bermain sepuasnya. Ibunya akan baking lagi deh­čśüsambil sesekali melirik ke halaman belakang, area thiya bermain. Masih menghabiskan stok putih telur, kali ini dikreasikan untuk kesukaan anak-anak yaitu Pancake Rainbow Putih Telur dengan Topping Meises, Choco Crunch , Keju, Chocochip yang saya yakin disukai anak-anak. Alhamdulillah 1 piring pancake habis dilahap dalam sekejap. 

Punya banyak putih telur stress juga ternyata. Mau dibuang sayang, mau di olah jadi pempek sutra putih telur , kok bosan juga saya. Kata ayah thiya buat pempek putih telur saja, terus bawa ke pabrik. Dijamin habis deh. Kawan-kawan ayah suka, bunda lega. Hehehe. Tapi ayah thiya ngomongnya telat, saya terlanjur olah untuk pancake dan cake putih telur lainnya. Ntar buat yang lain aja untuk dibawa ke pabrik.  

Masih menggunakan resep yang sama untuk pancake putih telur vla nangka, ini hanya diubah toppingnya saja. Karena toppingnya manis, saya lebih menyukai jika kulit pancakenya manis kerang dalam bahasa Palembang ( tidak terlalu manis/tidak juga hambar). Menurut saya ini sudah pas, kembali ke selera masing-masing. Cicipi dahulu 1 buah pancake , kalau suka boleh dilanjutkan ke adonan lainnya, jika kurang manis silahkan tambahk gula halus di adonannya sesuai selera.
Pancake ini lembut, tidak bikin tenggorokan seret apalagi eneg. Karena tanpa kuning telur, saya yakin pancake ini lebih aman dikonsumsi bagi yang sedang diet. Cuma ya itu nggak bisa sering-sering dibuat, kalau tidak di moment memberdayakan sisa telur yang sudah habis dipakai untuk keperluan baking cake sejenis lapis legit dan teman-temannya. Tapi di Palembang, Putih telur dijual loh. Kami bisa pesan /beli di Toko roti. Nah di putih telur ini akan dibuat tambahan pada tekwan/model/pempek atau makanan khas palembang lainnya. Untuk yang jualan pempek, hal ini benar-benar membantu. Bisa dapat putih telur dalam harga yang lebih murah. Toko rotipun suka, karena masih menghasilkan uang dari putih telur dan tidak memenuhi freezer. Resep ini dicopas dari postinga sebelumnya dan ini resepnya


Pancake Rainbow Putih Telur Kesukaan Anak-anak
Untuk sektiar 25 pcs
Bahan
400 gram putih telur
100 gram gula pasir (tambah jika suka manis)
150 gram terigu protein rendah
35 gram susu bubuk
15 gram maizena
160 gram mentega cair

Bahan Lainnya
Pewarna (Merah, Kuning, Hijau, Biru, Ungu)
Topping seperti Meisis, Choco Crunch, Keju, dll

Cara membuat
  1. Cairkan mentega. Tidak perlu sampai semuanya mencair. Saat sebagian mentega mencair, segera matikan api. Goyang-goyang hingga semua bagian mencair. Sisihkan hingga dingin
  2. Aduk rata terigu, susu bubuk dan maizena dalam wadah. Bila perlu ayak.Tambahkan ragi. Aduk rata. Sisihkan
  3. Masukkan putih telur ke dalam mangkok. Mixer bersama gula hingga larut dan berbusa, tidak perlu sampai mengembang kaku.
  4.  Tambahkan campuran tepung terigu tadi, aduk rata hingga kental
  5. Tambahkan mentega cair, aduk rata. Diamkan sekitar 30 menit hingga sedikit mengembang
  6. Panaskan teflon. Saya mengalasi teflon dengan besi tebal agar panas merata. Jika anda tidak punya. Panaskan teflon hingga panas tapi tidak panas sekali hingga teflon berasap. Kecilkan api.
  7. Ambil sekitar 150 ml cairan beri 2-3 tetes pewarna merah. Aduk rata. Untuk adonan pertama kali, oles teflon dengan minyak sayur, buang kelebihan minyak dengan cara di lap ,atau diratakan ke seluruh bagian teflon
  8. Tuang 1 sendok sayur adonan ke teflon. 
  9. Tunggu hingga ada buih diatasnya, saat 3/4 matang beri topping kesukaan. Tutup. Panggang hingga permukaan atasnya matang
  10. Dorong ujung pancake hingga tergulung. Ambil kembali 150 ml (sekitar 3 sendok sayur) adonan. Masukkan ke gelas merah tadi, beri pewarna kuning 2 tetes, hingga menjadi orange /jingga. Aduk rata. Tuang sesendok ke teflon, lakukan hingga semua warna dibuat. 
  11. Angkat dan sajikan

Note :
Orange /Jingga , Hijau, Ungu merupakan warna warna turunan dari percampuran 2 warna dasar. Warna jingga dari merah dan kuning, sedangkan hijau dari kuning dan biru. Saya mempadupadakan warna-warna dasar saja ,agar di dapat warna turunan oleh karena itu pelanginya ada yang soft atau yang gelap.

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.