Resep Ikan Keumamah - Ikan Kering ala Aceh

Sudah satu  minggu ini dipasar ada ikan manyung terus. Jadi hari ini saya beli lagi untuk dimasak yang lain. Kepingin masak ikan keumamah- ikan kering aceh, Ikan kering /ikan kayu ini saya suka stok untuk lauk darurat karena teksturnya yang tahan lama, kering dan berasa pedas asam. Jadi kalau punya stok ikan ini dikulkas, suka saya jadikan teman nasi goreng atau untuk lauk makan siang. Rasanya yang pedas dan asam membuat aman saja kalau dirumah nggak ada stok sambal.

Membuat masakan khas Aceh, harus stok asam sunti. Kebetulan saya memang suka stok Belimbing wuluh yang diasamkan ini dan pernah posting juga diblog ini Asam Sunti si Penyegas Masakan Khas Aceh . Si Asam Sunti ini yang membuat masakan khas Aceh terasa berbeda dengan masakan lainnya. Dan memang menurut saya, Indonesia ini kaya sekali akan kekayaan kuliner. Dengan menggunakan kearifan lokalpun kita bisa membuat aneka masakan enak walau tanpa pengawet/ MSG dan bervariasi masakannnya dari sabang sampai merauke.

Masih ada sisa dari daging ikan masak asam padeh  Aceh yang saya posting disini. Sisa ikan saya suir -suir dan dikeringkan bersama dengan daging  Ikan manyun saya kukus. Proses pengeringan ini bisa dilakukan dengan menjemurnya di sinar matahari langsung atau di oven dengan suhu kecil. Saya mengovennya selain karena alasan kebersihan juga biar nggak di ambil kucing atau dihinggapi lalat hijau. Jika teman -teman ingin menjemurnya silahkan saja, jangan lupa ditutup dengan plastik berlubang agar lalat tidak hinggap. 
Membuat Ikan Keumamah ini tidak sulit, dan memang tahan lama jika di simpan di toples. Saya sih kurang dari 3 hari sudah habis. Jadi nggak bisa saya estimasi waktunya. Ikan ini pedas dan asam ya. Tapi saya buat nggak terlalu pedas,agar putri saya bisa makan juga. Kalau saya mau pedas, potongan cabai yang ditumis membantu menghadirkan rasa pedas untuk saya dan suami. Jadi sesuaikan dengan selera dan anggota keluarga yang makan. Ini Ikan Keumamah orang Palembang yang masak, saya yakin berbeda dengan aslinya. Berikut resepnya

Ikan Keumamah - Ikan Kering ala Aceh

Bahan :
500 gram ikan manyun/tongkol/jenis ikan lainnya

Bumbu Halus
9 buah asam sunti
5 pcs bawang merah
5 pcs cabai merah keriting (saya buang bijinya)
5 pcs cabai lombok merah (tidak pakai)
3 pcs bawang  putih
2cm kunyit (saya 1 sdt kunyit bubuk)

Bumbu Lainnya
2cm lengkuas (memarkan)
2cm jahe (memarkan)
4 pcs cabai merah keriting iris serong
4 pcs cabai merah hijau iris serong
4 pcs cabai rawit
1 pcs batang serai (memarkan ikat simpul)
Daun temuru/daun Kari (saya tidak pakai)

Cara membuat

  1. Bersih dan siangi ikan hingga bersih. Kucuri dengan air jeruk nipis. Sisihkan
  2. Kukus ikan hingga lunak. Dinginkan. Lalu suir-suir dan pisahkan dari tulang ,duri dan dagingnnya
  3. Jemur daging ikan hingga kering, saya mengovennya hingga kering
  4. Siapkan bumbu. Blender dengan sedikit air. Tumis hingga harum.
  5. Tambahkan bumbu lainnya, aduk rata
  6. Masukkan ikan yang telah di jemur. Aduk rata
  7. Aduk hingga bumbu meresap dan kering. 

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.