Jackfruit Roll Bread - Roti Gulung Nangka

Jaman sekarang ,kreasi roti nggak ada habisnya. Adonan dasar roti bisa dikreasikan sesuai selera. Tidak hanya terbatas pada cokelat, keju atau buah-buahan luar. Buah lokal seperti nangkapun enak diolah menjadi isian roti. Seperti postingan saya sebelumnya tentang selai nangka homemade disini. Selai itu dijadikan isian pada roti yang saya buat ini. Selai nangka bisa di oles pada roti tawar atau bisa langsung diisi pada adonan roti. Hasilnya memang benar-benar enak loh. Aroma nangka benar-benar keluar dan harum sepenjuru rumah. Enak sekali

Resep rotinya seperti biasa saya ambil dari Kayana Book With Modif, Sudah hapal luar kepala juga. Pas buat roti gulung nangka ini, sebagian adonan saya coba buat untuk roti tawar sekitar 500 gram untuk loyang 20 x 10 x10 cm, hasilnya nggak kotak layaknya roti tawar melainkan setengah loyang saja. Padahal baca-baca diresep, untuk ukuran loyang segitu cukup 500 gram, tapi nggak berhasil di saya. Next time bakal saya coba lagi. Nah sisa adonan saya buat roti gulung nangka, selai nangka ada banyak di kulkas.. Dibuatnyapun terinpirasi cari cinnamon roll bread. Jaman sekarang, roti bisa digulung dan dimodel apapun kan. 


Untuk mengisinya jangan terlalu banyak ya, sisakan juga pinggir roti tanpa polesan agar roti bisa digulung mulus tanpa belepotan. Selai nangkanya menggunakan selai nangka homemade yang pernah saya posting disini . Kata suami, saya sudah mabok nangka, apa-apa di olah dari nangka. Ya mau gimana lagi, kan freezer sudah penuh. Harus dikurangi isianya biar lauk makan bisa muat wkwkwk. Oh ya saat membuat selai nangka atau vla nangka jangan lupa pastikan biji dan kulit nangkanya sudah tidak ada. Saya masih lolos. Jadi pas diblender ada bercak cokelat, tidak mulus kuning. Saya  lanjutkan saja blendernya. Hingga semua bahan mulus, Mau di saring ya kok males sekali hehehe. Kan biji nangka atau durianpun bisa dimakan saat telah direbus matang. Hanya saja warnan ya tidak mulus kuning, melainkan ada spot cokelat dan putihnya. Dan berikut resep nya ya

Jackfruit Roll Bread
Bahan adonan roti :
400 gram terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang
125 gram gula pasir
10 gram ragi bubuk
1.5 gram bread improver (saya skip)
15 gram susu bubuk
9 gram garam
200 ml air
3 butir kuning telur (resep asli 1.5 butir telur)
65 gram margarine

Bahan Isi:
Selai Nangka (Selai nangka homemade disini)

Olesan
1 kuning telur + 1 sdm sucu cair

Cara membuat

  1. Aduk rata terigu, gula, ragi bubuk, bread improver (jika pakai), susu bubuk hingga tercampur rata
  2. Masukkan air dan telur hingga tercampur rata. Saya menggunakan mixer aduk dengan kecepatan sedang hingga setengah kalis. Jika menggunakan tangan, pindahkan adonan ke atas meja dapur yang bersih lalu dengan kedua tangan uleni seperti kita mencuci baju manual dengan tangan.Tanda adonan kalis saat dibentangkan dan ditipiskan tidak putus.
  3. Tambahkan margarin, garam. Uleni kembali hingga kalis. 
  4. Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi adonan masing -masing sebesar 200 gram dan bulatkan.Tutup dengan plastik /serbet, diamkan kembali selama 10 menit
  5. Ambil  adonan , giling melebar, oles dengan selai. Gulung memanjang. Gunakan scrapper /pisau tumpul. Potong-potong. Bagi mulai dari tengah, lalu tengah kembali bagian itu hingga didapatkan ukuran sesuai keinginan. Saya membaginya 6. Dan saya masukkan ke loyang pizza diameter 20 cm. 
  6. Lakukan hingga adonan habis 
  7. Susun adonan di loyang, beri sedikit jarak agar menempel satu sama lain.  Lakukan hal sama hingga adonan habis. Diamkan selama  60 -90 menit sampai mengembang.
  8. Oles dengan kuning telur
  9. Panggang dalam oven suhu 180 oC . Harap kenali oven masing -masing. Panggang sekitar 10 -15 menit. Sampai matang, ditandai dengan bagian bawah coklat /menguning dan atas kecoklatan.                                                             

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.