Dodol Nangka - Jackfruit Bar Papad ala India

Terinpirasi dari Aam Papad yang merupakan makanan asli india, saya membuat aam padad dari buah nangka. Aam papad ini  teksturnya mirip dodol khas nusantara. Bedanya Kalau dodol menggunakan tepung ketan, santan , gula dan tambahan daging buah tertentu sebagai penambah citarasa sedangkan aam padad menggunakan buah mangga sebagai bahan utamanya yang dimasak hingga pekat dan kering. Di Palembang sendiri ada dodol yang berasal dari daging buah durian, dimasak hingga kering dan pekat dan kami menyebutnya lempok durian. Di India menggunakan daging buah mangga. Di Indonesia dodol nangka, dodol durian menggunakan tambahan tepung ketan yang lebih banyak dari daging buahnya. Aam Papad tidak, malah tidak menggunakan tepung sama sekali melainkan murni dari serat buah saja. 

Karena komposisi bahan utamanya adalah buah, sedikit gula dan saya tambahkan sedikit maizena. Hasil yang didapatkan tidaklah banyak. Untuk 1 buah nangka ukuran sedang, saya hanya mendapatkan pulp nangka untuk 2 loyang size 24 cm dan setelah mengering menjadi 1 toples kecil saja. Saya bahkan membuat 2 kali resep karena rasanya saya suka. Membuat dodol nangka ini merupakan tahapan selanjutnya dari selai nangka yang pernah saya posting disini. Setelah selai pekat, di pindahkan ke loyang dan dijemur hingga kering 2 -7 hari. Saya tidak menjemurnya, melainkan saya memanggangnya dalam suhu terkecil oven listrik selama berjam-jam. Atau saya letakkan di atas oven saat oven menyala panas diatasoven saya manfaatkan untuk mengeringkan dodol nangka ala India ini sampai benar -benar kering. 

Saran saya alasi loyang dengan silikon mat saat menjemur atau mengeringkannya. Saya sudah coba dengan hanya di oles minyak di loyang, hasilnya dodol nangka yang lengket. Saya bahkan harus mengikis loyang agar nangka papad /dodol nangka ini bisa terlepas dari loyang dan mengikhlaskan yang masih menempel di loyang dengan merendamnya di air hingga loyang bisa dipergunakan kembali. 

Saya mengalasi loyang dengan daun pisang, hasilnya memang nangka papad/dodol nangka ini tidak lengket dan mudah dilepas, kekurangannya adalah pulp nangka akan terisi sesuai dengan lebar daun pisang yang akan mengecil saat kering. Sehingga jackfruit nangka /dodol nangka ini tidaklah setipis aam papad ala India. Namun tetap bisa di gulung atau dibuat ukuran bar /persegi. 


Membuat Dodol nangka ini sangat mudah, apalagi cuaca sedang terik-teriknya. Jemur sampai benar-benar kering hingga adonan lengket, transparan dan lentur. Sehingga mudah digulung. Kalau masih ada kandungan airnya, masih akan menjadi selai dan tidak bisa digulung /terlepas dengan mudah. Semakin kering semakin baik. Jika dipanggang, Jangan memanggang dengan suhu tinggi karena akan gosong. Saya harus mengikhlaskan 1 loyang karena putri saya memutar tombol suhu tanpa saya sadari. Mungkin dia penasaran saat timer berbunyi, lalu saya memutar knop kembali. Dan diapun melakukannya, tapi buka ntombol timer melainkan suhu, sehingga 1 loyang menjadi gosong. Soalnya selama 3 minggu berturut -turut saya masak ini terus, demi menghabiskan stok nangka setiap kali buah nangka jatuh dari pohon.

Cicip dahulu nangkanya, kalau nangkanya manis banget nggak usah ditambah gula, tapi kalau nangkanya nggak manis boleh tambahkan sedikit gula. Dodol nangka akan sangat pekat, sehingga manisnya akan sama atau lebih manis saat buah dicicip jika sudah jadi. Dan berikut resepnya ya

Dodol Nangka - Jackfruit Bar Papad ala India

Bahan 
400 gram daging buah nangka (tanpa biji dan kulit biji) /1 buah nangka ukuran sedang
4 sdm gula pasir (sekitar 40 gram)
1 sdm muncung susu bubuk (sekitar 15 gram)
2 sdm muncung maizena (sekitar 30 gram)
1/2 sdt garam

Cara membuat
Kupas nangka. Ambil daging buahnya lalu masukkan ke blender. Jangan menambahkan air, nangka sendiri mengandung banyak air sehingga tidak perlu ditambahkan air dan seharusnya diblender cukup gampang. Jika sulit diblender. tekan tombol "Pulce" sesekali. Hingga nangka bisa tergiling lancar dan halus., namun jika nangka yang digunakan kurang berair /sedikit kurang matang bisa tambahkan air sedikit saja

Siapkan kuali. Masukkan konsentrate nangka dan masak dengan api kecil hingga semakin mengental. Jangan lupa di aduk hingga ke dasar agar tidak gosong.  Masak hingga ada letupan / semakin pekat. Hati -hati saat memasak selai nangka. Saat konsentrate semakin pekat dan telah mendidih. maka akan ada cipratan dari proses pemisahan air yang terikat di serat nangka. Jika itu terjadi artinya selai akan segera matang.  Matikan beri garam. Aduk rata
Oles loyang dengan daun pisang /silikon mat. Oles dengan minyak sayur. Pindahkan pulp nangka ke dalam loyang, bagi 2 jika loyang 24 cm, atau 3 ika loyang 20 cm. Ratakan dan tipiskan. Jemur hingga kering sekitar 2 -7 hari tergantung cuaca. Saya memanggangnya hingga kering dalam suhu oven 100 oC sekitar 12 jam.Keluarkan, dinginkan. Di dalam loyang, beri sayatan memajang jika akan digulung, atau persegi jika akan berbentuk bar. Simpan dalam toples kedap udara agar tahan lama

Source 
Aam Papad Wikipedia


Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.