Bomboloni Nangka - Jackfruit Bomboloni si Donat Buntu Vla Nangka

Bomboloni atau Donat Buntu alias Tanpa Bolong tengah yang berasal dari Italia ini sangat digandrongi di Indonesia apalagi di kota kelahiran saya. Palembang adalah followernya kuliner Bandung. Apapun yang Bandung kreasikan, copycatnya akan segera menyebar di Bakery dan outlet di Palembang tak terkecuali Bomboloni ini. Biasanya isiannya dengan krim gula , atau vla buah buahan atau cokelat. Karena nangka di depan rumah saya seperti tahun lalu berbuah sangat lebat, kenapa saya tidak olah menjadi vla saja yang menggiurkan bukan?. Jadi lupakan tentang Strawberry , atau jenis berry lainnya yang suka berseliweran dikreasikan para food blogger atau IG. Memanfaatkan buah nangka sebagai makanan kami sore hari kami nyatanya tak salah. Mendapatkan pujian dan jempol dari siapapun yang mencicipinya. 
Olahan pertama adalah bomboloni nangka, lalu bingka nangka, pancake putih telur vla nangka dan nangka roll bread. Semuanya adalah kreasi dari 2 buah nangka yang dipanen pak de dan suami. Itupun sudah dipotong-potong dan dibagikan ke tetangga. Tahun ini Nangka nya dipanen, agar tidak berakhir mubazir seperti tahun lalu. Nangka memiliki getah yang banyak. Waktu dibelah akan mengeluarkan getahnya di tengah kulit. Tepuk-tepuk getahnya dengan plastik /kantong asoi agar getah menempel di kantong plastik. Parang dan tangan di oles minyak agar memudahkan membersihkan getah yang menempel saat mengambil daging buahnya. Getah yang menempel di plastik segera disingkirkan untuk di bakar, agar tidak mengotori yang lain. Dan sebaskom nangka pun berhasil dikupas dan buang bijinya sore tadi, menunggu untuk segera di eksekusi.
Tadi siang segera eksekusi menjadi vla nangka dulu untuk diolah menjadi isian pada donat buntunya. Karena hari telah terlanjur sore dan si donat harus jalan-jalan ke rumah tetangga, sehingga tersisa sedikit saja untuk di foto-foto. Itupun bentuknya tak lagi bulat selayaknya donat, melainkan persegi tak beraturan karena saya tidak meniriskannya, melainkan di tumpuk dengan donat lainnya. Donat-donat yang bagus sudah jalan-jalan dibagikan thiya dan suami. Menyisakan sesal didada ini, kenapa tadi nggak dipilih untuk di foto dulu. Nasibb wkwwk

Vla untuk donat ini harus milky  dan lembut seperti halnya vla donat pada umumnya. Saya menebak saja prosesnya, saya pikir tak jauh-jauh dengan vla soes /choux yang pernah saya buat. Agar rasanya lebih enak saya tambahkan glaze instan, bisa ganti dengan cokelat putih batangan. Glaze kuning yang saya gunakan ini sisa membuat topping donat dan sudah mengeras dan mendekati masa kadarluarsa yang harus segera di olah. 

Seperti membuat donat pada umumnya, harus muncul white ring /cincin putih pada tengah donat. Waktu masih amatiran, saya belum menyadari kuncinya. Menurut saya yang pemula ini kunci agar donat ada cincin putih adalah donat di goreng dalam waktu proffing yang pas yaitu saat adonan ditekan sudah membab/ kembali kebentuk semula. Dan saat digoreng hanya satu kali balik saja. Kalau bisa menggunakan minyak padat agar hasilnya lebih baik. Saya menggunakan minyak goreng biasa saja. Nah untuk bentuk agar mengisinya tidak belepotan seperti di foto, lubangi dahulu dengan spatula kecil. Kalau saya itu yang ngisi thiya. Ada yang banyak ada yang sedikit. Suka-suka dia lah. Sedapat mungkin saya perbaiki. Yang di fioto sudah maksimal seingat saya. Alhmadulillah tahun ini olahan nangka tidak hanya sebatas selai saja seperti saya pernah posting sebelumnya disini Selai nangka homemade
Adonan yang sudah di bulatkan dengan baik, hindari kan terkena bolak balik tangan saat memegangnya. Lapisi loyang dengan terigu atau serbet kering untuk mencegahnya menempel di loyang. Lalu pegang dengan yakin saat akan memasukki penggorengan. Sebelumnya minyak sudah panas dahulu ya yang ditandai dengan buih di dasar panci berkurang. Masukkan donat, lalu kecilkan api. Tunggui donat, jangan di tinggal ajak anak mandi seperti saya hehehe. Kalau bawahnya sudah cokelat, kan kelihatan jelas. Nah ambil sutil panjang, saya menggunakan sumpit lalu balik. Nanti adonan akan sedikit terangkat. Itulah menyebabkan ada warna putih. Yaitu adonan yang tak terkena minyak saat donat dimasak mengembang.

Saya menggunakan resep Donat Gendut dari Indie Cake, salah satu bakery di kota saya. Resep ini saya dapatkan dengan menukarkan vote toko nya di perlombaan master oleh-oleh blueband beberapa tahun yang lalu. Saya sudah coba dan cocok dengan resep ini. Atau Boleh gunakan resep andalan roti masing-masing, dengan resep vla modifikasi sendiri. Untuk vla bisa menggunakan kuning telur jika suka, pada vla nangka ini saya tidak menggunakan kuning telur seperti halnya vla pada umumnya, karena saya nilai jika pakai kuning telur lebih mudah basi dan tidak tahan lama.  Berikut resepnya

Bomboloni Nangka - Jackfruit Bomboloni 
Si Donat Buntu Vla Nangka

Bahan Bomboloni/Donat Buntu : 
1 kg tepung terigu 
110 gram gula pasir
15 gram ragi
50 gram susu bubuk
7 gram bread improver (saya tidak pakai)
2 pcs telur utuh
100 ml air es
200 gram es batu 
150 ml susu cair

Bahan Vla
400 gram nangka (tanpa biji dan kulit)
200 ml susu cair
100 gram glaze instan /cokelat putih batangan ) cacah halus jika WCC
2  sdm margarin (jika menggunakan WCC bisa 3 -4 sdm mentega /margarin
2 sdm muncung maizena (sekitar 50 gram) /tepung custard
1 sdm muncung susu bubuk (sekitar 25 gram)
2 pcs kuning telur (saya tidak pakai)
100 gram Gula pasir/ secukupnya (saya sedikit saja karena nangka nya sudah sangat manis)

Cara membuat Donat Buntu /Bomboloni
  1. Campur terigu, gula pasir, ragi, susu bubuk dan bread improver (jika pakai) ke dalam wadah. Aduk rata
  2. Hancurkan margarin /mentega yang dipakai hingga sedikit pucat dan lembut.Sisihkan
  3. Masukkan telur, air es dan es batu dan susu cair ke dalam wadah tepung. Mixer dengan pengaduk khusus roti hingga setengah kalis. Anda bisa menguleninya manual dengan diletakkan di atas meja dan di aduk seperti mencuci baju.
  4. Tambahkan garam, aduk rata kembali
  5. Tambahkan margarin yang telah dikocok dan uleni kembali /mixer kembali hingga kalis. Kalis dtandai dengan saat adonan dilebarkan tidak gampang putus dan transparan. 
  6. Diamkan 5 -10 menit
  7. Bulat-bulatkan. Timbang adonan  sekitar 50 gram dan bulatkan. Lakukan sampai adonan habis.
     
  8. Ambil 1 buah bulatan, kempiskan, bentuk bulat, lalu tata diloyang yang telah di alasi serbet bersih atau tepung. Tata di loyang berjauhan. Agar tidak menempel satu sama lain
  9. Diamkan hingga mengembang sekitar 60 -90 menit. Jika ditekan sudah membal
  10. Panaskan minyak hingga betul-betul panas yang ditandai dengan buih dibawah teflon berkurang.  Kecilkan api. Masukkan adonan yang telah mengembang 
  11. Goreng donat /bomboloni. Balik donat bila sudah kecokelatan dibagian bawah (hanya boleh satu kali) lanjutkan sampai matang. Donat yang kalis akan membentuk ring putih di sekeliling donat.
  12. Tiriskan. Tata jangan bertumpukan. Dinginkan
  13. Buat lubang dengan bantuan sendok/spatula. 
  14. Semprotkan dan isi dengan vla nangka
  15. Siap di santap
Cara Membuat Vla Nangka 
  1. Kupas buah nangka, buang kulit dan biji serta kulit biji yang menempel. Cuci Bersih. Tiriskan
  2. Masukkan Nangka ke blender, tambahkan susu cair blender hingga halus dan tercampur rata
  3. Tambahkan tepung maizena, susu bubuk, kuning telur (jika pakai)  Blender hingga rata
  4. Pindahkan ke panci, tambahkan WCC yang telah di cacah atau glaze. Masak nangka hingga meletup  -letup, WCC/Glaze mencair dan nangka telah mengental. Koreksi rasanya, kalau kurang manis bisa menambahkan gula pasir sesuai selera
  5. Matikan api, tambahkan mentega hingga vla tampak mengkilat. Saya menggunakan glaze jadi menteganya hanya 1 -2 sendok. Jika menggunakan WCC sekitar 3 -4 sendok makan. Jika Vla telah mengkilat hentikan penambahan mentega/margarin. Aduk terus hingga vla dingin agar vla tidak berkulit. 
  6. Pindahkan vla ke dalam piping bag. Siap dijadikan isian bomboloni
Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.