Siomay Ayam Udang Dengan Bengkoang ( Siomay Lembut, Gurih Tanpa MSG)

Saya penyuka siomay loh. Dibandingkan dengan batagor, saya lebih suka siomay. Selain karena dimasak dengan cara direbus, yang saya nilai lebih sehat. Siomaypun dilengkapi dengan pare, kubis ataupun kentang yang selain menjadi cemilan mengenyangkan juga tentu saja sehat. Lengkap dengan protein hewani dan nabati. Selain pempek rebus, siomay menjadi cemilan favorit saya lainnya. Saya membuatnya tanpa Penyedap rasa atau MSG, karena itu pastikan kualitas daging ayam dan udang yang dipakai agar rasanya benar-benar enak.

Pempek Putih Telur Tanpa Ikan atau Pempek Sutra Ekonomis

Sepupu Ibuku atau Bibiku adalah penjual bolu basah sejenis lapis legit, maksubah, engkak dan aneka bolo palembang lainnya. Menjelang Idul Fitri dalam 10 hari mereka akan memproduksi sekitar 800 loyang bolu basah dan tentu saja menyisakan banyak putih telur yang harus segera di keluarkan dari dapurnya, agar aktivitas memanggang lapis dan sejenisnya tidak terganggu karena ruang dapur yang semakin sempit. Dan keluarga yang lain, yang tidak berjualan akan mengambil putih telur ini berember-ember dan di simpan di kulkas masing-masing untuk di olah menjadi pempek putih telur atau pempek sutra versi ekonimis, sebagai suguhan pempek di hari raya.

Inilah suguhan kami, masyarakat ekonomi kebawah  membuat kudapan hari raya dengan bahan seadanya. Walau bahannya sederhana pempek ini kenyal, lembut dan gurih dan namanya hari raya Habis saja pempek ini disikat sama keluarga, tetangga yang datang ke rumah. Pempek putih telur atau pempek sutra ekonomis ini hanya mengandalkan rasa gurih dari penyedap rasa seperti kaldu jamur merk tortole/penyedap lainnya seperti royco/masako dan tekstur kenyal serta lembut di dapatkan karena adonannya yang encer dan cair. 

Membuat pempek ini bisa menggunakan plastik es atau di kukus dengan loyang. Jika khawatir dengan ingredient pada plastik es yang tidak diketahui apakah food grade atau tidak, bisa menggunakan loyang dan dialasi dengan daun pisang agar tidak lengket. Selebihnya membuat pempek ini sangatlah mudah. Oh ya kalau mau menggunakan daging ikan giling ,silahkan saja di tambahkan pada adonan ini. Cukup sekitar 100 gram daging ikan giling untuk 1 resep ini dan tambah porsi air sekitar 100 ml. Pempek ini akan tetap kenyal dan lembut. 
Sejujurnya, saya lebih menyukai pempek yang tidak di goreng karena minim minyak. Lingkar perut ini sudah sedemikian tebalnya, ntah kapan berkurang kalau tidak dimulai mengurangi jumlah minyak yang dimakan. Tetapi suamiku nggak suka pempek rebus saja, dia lebih menyukai pempek yang garing diluar alias digoreng. Jadi kembali ke selera masing-masing. 

Dulu, pertama kali bibi saya buat pempek ini. Sayapun nggak tahu kalau banyak menggunakan putih telur. Setelah terbiasa makan setiap tahun jadi hapal dan ingat saja teksturnya. Memang makan pempek ini, saya cuma setahun sekali. Saat akan menghabiskan stok putih telur yang melimpah di bulan Idul Fitri /hari raya. Oh ya gunakan kaldu jamur yang telah berlogo halal ya. Soalnya di pasar ada yang telah berlogo halal, ada yang nggak. Saya beli kaldu jamur di Pasar Kuto nggak ada labelnya (mungkin stok lama), kalau di swalayan ada. Jadi teliti sebelum membeli bagi saudara saya yang muslim. Dan berikut ini resepnya ya

Pempek Putih Telur Tanpa Ikan atau Pempek Sutra Ekonomis
Bahan 
400 gram putih telur 
200 ml air
1 ikat daun bawang (potong-potong)
1 sdm kaldu jamur /penyedap rasa
200 gram sagu
2 sdt garam

Cara Membuat
  1. Masukkan putih telur, air,garam, kaldu jamur aduk hingga rata. Tambahkan daun bawang, sagu. Aduk rata. Cicipi, kalau kurang asin bisa tambahkan garam sesuai selera
  2. Panaskan dandang
  3. Siapkan loyang yang dilapisi daun pisang atau plastik es. Masukkan adonan ke dalam plastik, atau ke loyang yang dialasi plastik food grade /daun pisang
  4. Kukus hingga matang ditandai dengan pempek mengera, tidak cair
  5. Dinginkan
  6. Panaskan Minyak, potong sesuai selera goreng hingga cokelat. 
  7. Angkat, tiriskan, sajikan dengan pempek

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Dodol Nangka - Jackfruit Bar Papad ala India

Terinpirasi dari Aam Papad yang merupakan makanan asli india, saya membuat aam padad dari buah nangka. Aam papad ini  teksturnya mirip dodol khas nusantara. Bedanya Kalau dodol menggunakan tepung ketan, santan , gula dan tambahan daging buah tertentu sebagai penambah citarasa sedangkan aam padad menggunakan buah mangga sebagai bahan utamanya yang dimasak hingga pekat dan kering. Di Palembang sendiri ada dodol yang berasal dari daging buah durian, dimasak hingga kering dan pekat dan kami menyebutnya lempok durian. Di India menggunakan daging buah mangga. Di Indonesia dodol nangka, dodol durian menggunakan tambahan tepung ketan yang lebih banyak dari daging buahnya. Aam Papad tidak, malah tidak menggunakan tepung sama sekali melainkan murni dari serat buah saja. 

Resep Pancake Rainbow Putir Telur Kesukaan Anak-anak

Hari Sabtu tadi, thiya bermain dengan teman-temanya dan perlu disajikan cemilan mnemani aktivitas bermain mereka. Memang hari sabtu,thiya suka sekali bermain dengan teman-teman sebayanya. Selain karena jadwal sekolah Off juga teman sebaya thiya tidak di titipkan ke day care saat ibunya bekerja. Dan thiya bisa bermain sepuasnya. Ibunya akan baking lagi dehšŸ˜sambil sesekali melirik ke halaman belakang, area thiya bermain. Masih menghabiskan stok putih telur, kali ini dikreasikan untuk kesukaan anak-anak yaitu Pancake Rainbow Putih Telur dengan Topping Meises, Choco Crunch , Keju, Chocochip yang saya yakin disukai anak-anak. Alhamdulillah 1 piring pancake habis dilahap dalam sekejap. 

Pancake Putih Telur Vla Nangka

Memanfaatkan semua bahan dari sisa kulkas dan lingkungan sekitar, hari ini saya membuat pancake putih dengan vla nangka dahulu. Nangka sedang berbuah banyak sekarang. Harus mulai di cicil dan dihabiskan agar freezer ada ruang kosong dahulu. Nangka yang digunakan berasal dari pohon nangka di depan rumah yang tahun ini menjadi primadona, karena satu-satunya pohon nangka yang masih tetap legit, harum dan manis walau sering kali di cuekin sama penghuni kompleks disini. Saya olah menjadi pancake putih telur, walau hanya menggunakan putih telur, pancake ini tidak bikin tenggorokan seret dan sakit loh. Tetap lembut, wangi dan berpori selayaknya pancake dengan telur utuh



Bolu Putih Telur Cokelat Selai Nangka - Chocolate Cake White Egg with Jackfruit Jam

Memberdayakan putih telur kembali dan nangka yang sedang berbuah lebat. Saya buat Chocolate Cake  atau Bolu Cokelat Putih Telur dengan Selai Nangka. Kebetulan anak kesayangan memang suka sekali sama cokelat, jadi kalau buat cake nggak cokelat pasti protes. Apalagi Cemilan dia sudah habis. Ya udah kita olah menjadi cake cokelat saja, dan membuat selai nangka lagi dari nangka yang sedang berbuah

Jackfruit Roll Bread - Roti Gulung Nangka

Jaman sekarang ,kreasi roti nggak ada habisnya. Adonan dasar roti bisa dikreasikan sesuai selera. Tidak hanya terbatas pada cokelat, keju atau buah-buahan luar. Buah lokal seperti nangkapun enak diolah menjadi isian roti. Seperti postingan saya sebelumnya tentang selai nangka homemade disini. Selai itu dijadikan isian pada roti yang saya buat ini. Selai nangka bisa di oles pada roti tawar atau bisa langsung diisi pada adonan roti. Hasilnya memang benar-benar enak loh. Aroma nangka benar-benar keluar dan harum sepenjuru rumah. Enak sekali

Bomboloni Nangka - Jackfruit Bomboloni si Donat Buntu Vla Nangka

Bomboloni atau Donat Buntu alias Tanpa Bolong tengah yang berasal dari Italia ini sangat digandrongi di Indonesia apalagi di kota kelahiran saya. Palembang adalah followernya kuliner Bandung. Apapun yang Bandung kreasikan, copycatnya akan segera menyebar di Bakery dan outlet di Palembang tak terkecuali Bomboloni ini. Biasanya isiannya dengan krim gula , atau vla buah buahan atau cokelat. Karena nangka di depan rumah saya seperti tahun lalu berbuah sangat lebat, kenapa saya tidak olah menjadi vla saja yang menggiurkan bukan?. Jadi lupakan tentang Strawberry , atau jenis berry lainnya yang suka berseliweran dikreasikan para food blogger atau IG. Memanfaatkan buah nangka sebagai makanan kami sore hari kami nyatanya tak salah. Mendapatkan pujian dan jempol dari siapapun yang mencicipinya. 

Ikan Kembung Panggang Sambal Kecap ala Mama

Ikan Laut seperti kembung atau tongkol cukup sering di beli mama, dan biasanya akan berubah menjadi asam padeh ikan tongkol atau kembung panggang dengan sambal kecap. Dengan bumbu yang sederhana, proses yang simple kembung bakar ala mama sangatlah sedap. Walau teflon mama tidaklah lengket, melainkan baru saja dibeli sama anak sulung beliau. Mama tetap mengalasi double pannya dengan daun pisang , daun lengkuas ,daun kunyit yang biasanya tersedia di halaman belakang rumah di barangan Palembang. Aroma daun yang kuat akan menambah citarasa ikan dan membangkitkan selera makan siapapun yang menciumnya, bahkan aroma ikan ini menyatukan anak dan cucu dengan segala aktivitasnya ke ruang makan. Tanda masakan mama telah siap. Sedapnya

Resep Sup Ikan Kuah Bening ala Desa Mama

Sup ikan ini berbeda dengan pinggang pegagan, atau pindang meranjat yang kuahnya merah -kemerah-merahan. Sup Kuah bening ala Dusun Mama ini menggunakan ikan sungai yang di panggang lalu di beri kuah bening. Mirip dengan Sup Ikan Manado yang kakakku suka buat untuk suaminya. Jika masakan Manado menggunakan ikan laut, karena Hasil laut melimpah disana, bagi mama yang hidup dengan sungai musi membelah desanya, sup ikan dengan ikan sungai ini samalah sedapnya. Kuah ikan ini berasa ringan, tidak memiliki rasa dan aroma yang kuat dibandikan jika dimasak gulai,atau kari atau banyak rempah seperti masakan lainnya. Namun rasanya juara loh

Resep Ebi Furai - Udang Lurus Bertepung Frozen Food Favorit Saya

Udang Goreng Tepung atau Ebi Furai ini sering dijadikan frozen food dan makanan pengisi bekal /kotak makan. Sejak bento box ala Japan tenar, ebi furai telah menjadi salah satu sumber isian bento yang praktis, sehat dan hampir disukai semua kalangan. Udang yang dibalut tepung ini atau ebi furai  cocok saja dipadupadankan dengan kuliner lokal indonesia, mau di cocol sambal saja atau disertakan sayur diatasnya sedap saja. Ebi Furai adalah salah satu frozen food yang sangat saya sukai dan mudah sekali dibuat

Pempek Dos Belah - Pempek Tanpa Ikan Dengan Ebi dan Kecap

Variant pempek lagi nih teman-teman. Serupa dengan pempek tanpa ikan lainnya seperti pempek pistel tanpa ikan disini, atau pempek panggang tanpa ikan disini. Pempek Dos Belah pun juga tanpa ikan. Pempek ini berbentuk lonjer kecil /lonjong kecil, bagian tengahnya di belah lalu diberi isian ebi dan sambal pedas serta kecap. Bisa disantap dengan atau tanpa cuka pempek. Bahan dan cara membuatnya mirip dengan pempek pangang tanpa ikan yang pernah saya posting, bedanya pempek ini digoreng. Tidak seperti pempek lenggang tanpa ikan yang hanya sedap jika dimakan saat hangat, kalau dimakan dingin keras permukaan kulitnya. Pempek Dos belah ini sedap disantap baik dalam kondisi hangat atau dingin. Karena itu pempek dos belah mudah sekali di temui di warung-warung aneka jajajan, tidak seperti pempek panggang yang penjualnya menjualnya dalam bentuk gerobakan atau toko tertentu 
Saya justru membuat pempek belah ini baik pempek panggang atau pempek goreng jika sedang membuat cuka pempek. Karena sekalian memanfaatkan ampas cuka pempek untuk isiannya. Pelit yaa? hehehe. Stock cuka di rumah saya wajib ada, jadi kalau cukanya sudah habis saya akan segera membuatnya kembali. Jika baru pulang dari Palembang, kekentalan cukanya akan tinggi, makin ujung bulan akan berkurang kentalnya dan berganti encer saat stock habis dan saya menggunakan gula aren lokal. Gula aren lokal hanya bisa membuat rasa cuka mirip dengan gulo batok Linggau (asal gulo batok Palembang) tetapi teksturnya tidak. Mau berapa banyakpun saya tambahkan si gula, tetap nggak buat gulanya kental selayaknya gula batok dari linggau. Ntah apalah bedanya.
Gulo Batok dari Linggau
Sedikit tips saat membeli gula batok adalah adalah pilihlah gulo batok yang berwarna cokelat, jangan hitam karena kalau hitam cukanya ada rasa pahitnya. Saya lebih menyukai gula batok yang berwarna cokelat. Dan saat dimasak cuka kita akan hitam pekat juga dan tanpa rasa pahit.  Saya kalau pulang, akan bawa ke lampung beberapa kg gulo batok, dan disayang -sayang kalau mau masak. Hehehe

Membuat cuka ini hanya untuk 1 botol @600 ml. Dan satu buah  gulo batok , jadi cuka pempek yang dihasilkan bisa kental. Ibu saya bilang kalau masak cuku tangkai cabainya sebagian dibuang sebagian tidak jadi kandungan gizi pada tangkai masih teringkut dan kami tidak pernah menggunakan cuka makan /asam jawa melainkan air perasan jeruk sate saja. Aroma cuka pempek akan berbeda. Beberapa penduduk yang nonmuslim akan menggunakan arak putih dalam cuka pempeknya. Saat saya kecil, saya suka saja menghirup cukanya, setelah dewasa barulah saya mengerti perbedaan cuka dengan menggunakan arak putih/ tidak -  hanya diketahui saat telah dicicipi.

Saat cuka telah matang, akan di dinginkan dan didiamkan selama 24 jam sebelum akhirnya di saring dan disimpan dalam botol. Jika simpan di kulkas (saya bagian pintu), cuka pempek akan tahan lama (kalau saya membuatnya sendiri) 3 bulan masih bagus, tetapi jika membelinya nggka tahan lama, kadang 1 minggu saja sudah terasa asam dan adah buih di atasnya. Cuka pempek seperti itu baiknya dibuang. Nah kalau membuat sendiri cuka pempekmu, dan ketika disaring ada ampas cukanya, jangan buru-buru dibuang, kita bisa pergunakan sebagai isian pempek dos belah atau pempek panggang. Baik dengan adonan yang tanpa ikan atau dengan ikan tergantung ekonomi dan kondisi dompet saat itu.

Kalau dahulu membuat cuka, ibu akan melarutkan dengan air terlebih dahulu gula batoknya untuk kemudian disaring. Karena jaman dahulu pembuat gula batok masih sangat tradisional. Gulanya biasanya kotor, ada aja sampahnya mulai dari binatang kecil yang bikin jijik, daun kering atau batang kayu kecil hingga serpihan arang /batu kecil. Sekarang sejak mulai ditata dan diedukasi untuk meningkatkan nilai jual produknya.Gula batok sudah bersih dari aneka bahan tambahan seperti itu. Paling parah jika kita membelinya di pasar tradisional, akan ada tawon yang berterbangan diatas peti gula batok dan memakan gulanya, jadi pembelinya harus hati-hati. Saya malah menyukai "atraksi" tawon yang berterbangan dan mengerumini gula batoknya dan menandakan keaslian dan kemurnian si gula tanpa ada tambahan zat berbahaya. Hal ini hanya berlaku dipasar Sekip Ujung dan tidak saya temui di pasar kuto Palembang .Setiap pasar itu unik, walau berdekatan tapi harganya bisa sangat jauh satu sama lain. 

Saya membuat pempek ini untuk suami yang giginya masih kuat dan banyak. Sagunya sekitar 300 -350 gram, kalau untuk orang tua saya takaran sagu dikurangi agar tak terlalu kejal / kenyal baginya. Nanti gigi palsu malah lepas, hehehe. Enaknya membuat sendiri ya ini, kita bisa mengatur kekenyalan pempek sesuai dengan kemampuan dan selera orang rumah. Mau sagu 250 atau 350 gram, adonan sudah bisa di bentuk dan dilonjongkan, tapi sesuai selera penambahakan sagunya. Takaran ini pas menurut selera suami saya. Dan berikut resepnya

Pempek Dos Belah - Pempek Tanpa Ikan Dengan Ebi Halus dan Kecap

Bahan :
Adonan Pempek Tanpa Ikan (Biang)
150 gram Tepung terigu
250 ml  Air mendidih
1 Butir Telur
1 sdm peres garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt Kaldu bubuk instan ( Optional, saya tidak pakai)

350 gram sagu /tapioka ( sekitar 50 gramnya untuk taburan)

Isian
Ampas cuka , ebi halus, kecap, cabai rawit
Tidak ada ampas cuka bisa memblender 15 pcs cabe rawit, 5 siung bawang putih, 1sdt garam dengan sedikit air

Cara membuat

  1. Masukkan  terigu dan garam
  2. Didihkan air, jika telah mendidih masukkan air pada wadah berisi terigu aduk cepat. Aduk sampai rata. Sisihkan 
  3. Setelah agak dingin tambahkan telur , aduk rata. Koreksi rasanya. Sesuaikan asinnya
  4. Tambahkan sagu / tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan bisa di bentuk. tidak perlu menguleni seperti membuat roti. cukup sampai adonan tercampur saja. 
  5. Siapkan kuali /panci beri air dan didihkan, sementara kita membuat pempeknya berbentuk lonjong
  6. Ambil sedikit adonan sekitar 50 gram, bentuk lonjong. Lakukan sampai habis
  7. Masukkan secuil adonan ke air mendidih, tunggu sampai matang. Cicipi, kalau kurang asin bisa tambahkan garam di air rebusan. Jika sudah pas lanjutkan proses perebusan semua pempek
  8. Bila pempek telah terapung, Angkat dinginkan. Proses pendinginan bisa dibantu dengan merendam pempek dalam air. Jika untuk stok, disimpan dilemari es
  9. Siapkan minyak agak banyak goreng pempek hingga matang. Angkat dan tiriskan
  10. Belah 2 pempek tapi jangan sampai putus. Masukkan 1 sdt ebi, 1 sdt sambal /ampas cuka dan sedikit kecap. 
  11. Sajikan bersama cuka hitam, atau cabe rawit.


Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

Model Ikan - Pempek Ikan Isi Tahu dengan Kuah Kaldu

Namanya Model, Yaitu sejenis pempek tapi dimakan dengan kuah kaldu. Jadi bukan Profesi Peraga busana atau peragawati. Melainkan nama makanan- lucu yahšŸ˜€. Hehehe, Saya pun tak tahu kenapa namanya seperti itu, ini makanan sudah ada dari saya kecil dan namanya Model. Model ada 2 jenis kalau dari terigu dan diberi ragi disebut model gandum, kalau dari ikan kami bilangnya model ikan. Saat saya kecil hanya model gandumlah yang jadi makanan saya sehari-hari, apalagi kalau bukan karena alasan lebih murah dan mengenyangkan saja. 

Rendang Kacang - Rendangnya Vegetarian

Saya suka makan rendang, tapi tidak terlalu suka memasaknya. Satu-satunya alasan adalah karena lamanya proses pembuatannya. Menunggu agar santan berubah menjadi londo lalu mengering dan berubah warna kecokelatan, selain melelahkan juga membuat waktu menemani thiya bermain berkurang. Padahal saya adalah satu-satunya patner bermainnya. Kelamaan di dapur, anak saya itu akan mencari banyak cara agar perhatian ibunya ini ke dia seorang saja

Resep Ikan Keumamah - Ikan Kering ala Aceh

Sudah satu  minggu ini dipasar ada ikan manyung terus. Jadi hari ini saya beli lagi untuk dimasak yang lain. Kepingin masak ikan keumamah- ikan kering aceh, Ikan kering /ikan kayu ini saya suka stok untuk lauk darurat karena teksturnya yang tahan lama, kering dan berasa pedas asam. Jadi kalau punya stok ikan ini dikulkas, suka saya jadikan teman nasi goreng atau untuk lauk makan siang. Rasanya yang pedas dan asam membuat aman saja kalau dirumah nggak ada stok sambal.

Nila Bakar dengan Sayuran Kuah Kuning

Lagi-lagi masak rumahan dahulu ya kawan-kawan. Ini menu makan siang kami. Nila Bakar dengan Sayuran Kuah kuning. Hal yang saya suka memasak harian adalah suami dan anak saya makan dengan lahap. Thiya hampir menyukai semua jenis masakan ikan yang saya masak. Mau di goreng, panggang/ bakar atau kukus  dan tentu saja agar sehat dan kaya serat saya menambahkan sayur mayur. Sayurnya akan dipilih bermacam-macam mulai dari kecipir, kembang kol, wortel dan cacaisim. Jadi warnanya akan warna warni dengan kuah ngejreng berwarna kuning dan anak saya pun seakan terhipnotis untuk makan siang dengan lahap. Alhamdulillah

Gulai Rampai - Sup Bening Sedap dari Jamur dan Kemangi Khas Linggau

Gulai Ampai berasal dari kata rampai artinya campur-campur. Gulai ini berupa campuran aneka sayur. Di Linggau_ Salah satu kabupaten di Sumatera Selatan, Gulai ini terdiri dari kemangi, jamur dan sisik, terkadang terong. Jamur yang digunakan biasanya berasal dari perkarangan rumah sendiri. Jenis jamur yang biasa dimakan ya, bukan jamur hitam yang beracun. Sekarang, lahan kosong sudah sedikit dan jamur liarpun sulit ditemui, makanya kalau buat gulai rampai ini mama menggunakan jamur tiram yang tersedia di pasar tradisional. 

Resep Pumpkin Brownies - Cake Cokelat Padat, Legit dengan Creamy Labu Kuning Lezattos

Ada banyak resep Brownies yang bertebaran di Internet. Saya menyukai brownies dengan tekstur padat, legit dan berasa cokelat , namun tidak terlalu berat di kolesterol tubuh. Tapi jangan dikira rasanya nggak nendang ya. Apalagi saat brownies berpadu dengan pumpkin. Rasanya sungguh lezat. Cake cokelat super padat ,legit dan nyoklat digigit dengan superlembut pumpkin /labu kuning, masyaallah saya suka sekali.   

Pempek Adaan - Pempek Bulat Kenyal Tanpa Keriput

Orang Palembang kalau sehari saja nggak menghirup cuka , badan rasanya meriangšŸ˜…. Kalau di Palembang saya biasa membelinya, wah disini saya harus membuatnya sendiri. Alhamdulillah walau sudah lama ajaran nyai saya dahulu masih di ingat dengan jelas, walau bentuk nggak bisa bohong ya. Ada yang bulat, sedikit gepeng dan kribo hehehe. Saya nggak jualan, jadi buat sendiri untuk 500 gram pempek adaan , rasanya banyak sekali ya. Dan lama eii. Apalagi punya panci minimalis begini. 

Cream Cheese Bread With Homemade Cream Cheese So Yummy

Tinggal di site dengan akses terbatas, membuat ibu rumah tangga seperti saya harus kreatif dan memaksa diri sendiri membuat serba homemade, salah satunya adalah cream cheese. Siapa sangka salah satu praktikum jaman kuliah, akan di rebake berkali-kali demi memuaskan dahaga akan roti dengan topping dan isian super keju yang nyusu banget. Roti ini benar-benar juara. Berpadu dengan topping lembut rasa susu dan isian cream cheese pula. Alangkah double sensasinya. Tapi itulah letak juaranya

Sate Bandeng Loa Hoa - Sosis Ikan dengan Wortel, Jamur Kuping dan Soun ala Indonesia

Masih menggunakan bandeng yang sama yang pernah saya posting disini Sate Bandeng Telur Puyuh dengan bumbu western, kemarin saya buat sate bandeng juga dengan bahan ikan bandeng yang telah saya fillet dan simpan di chiller kulkas. Kali ini saya buat dengan bumbu seperti Bakso Loa Hoa atau bakso rambutan. Baksonya orang chinese. Ini versi ikan bandengnya. Membuat sate bandeng ini saya anggap seperti membuat sosis homemade saja. Kalau sosis premiumkan menggunakan usus domba sebagai casingnya. Nah karena si usus dan peralatan nggak ada. Saya anggap sate bandeng ini sosisnya orang Indonesia. Maksa? Ya maafkanlah

Pindang Kecap Ikan Lais

Ikan Lais atau Selais merupakan ikan air tawar yang merupakan endemik dari Riau. Ikan ini terutama hidup di sungai Kampar, Kuantan, Sungai Inderagiri dan Sungai Segati. Di Sini (Lampung) ikan ini masih sering di jumpai di pasar tradisionalnya. Untuk daerah tertentu di Palembang ikan lais sudah jarang ditemui dalam keadaan segar, biasanya sudah menjadi ikan asap. Ikan asap dari ikan Lais ini memiliki harga ekonomis yang tinggi karena memang ikan ini sedap sekali. 

Sate Bandeng Sosis Bumbu Bali dengan Sambal Matah

Bali yang terkenal dengan sambal matah, dan masakannya yang enak -enak. Memang sanggup memanjakan lidah siapapun. Tak terkecuali saya. Pulau Dewata dengan segala keindahan, panorama dan ragam kulinernya benar -benar layak di sebut surganya dunia. Namun Indonesia tidak hanya Bali, Ada banyak masakan nusantara yang enak dan disukai penjuru dunia. Kekayaan Indonesia , masakan salah satunya memang perlu di eksplore dan dilestarikan. Kalau bukan kita, lalu siapa lagi?


Resep Corn Flakes Cookies _ Kue Kering dalam baluran Jagung Renyah

Saya suka sama cookies dari corn flakes ini, sejak SMA dan teman baik saya vivi membuat ini untuk kue kering imlek dan cap go meinya , saya sudah jatuh hati. Namun dahulu internet tidak selancar sekarang. Dan informasi cara memasak dan baking tidaklah segampang saat ini. Jadi saat pertama tahu resep ini dari blog ordinary kitchen, saya sudah jatuh hati dan bertekad membuat corn flake ini sendiri. 

Pepes Ikan Baung _Kali ini Beneran pakai daun pisang

Seminggu ini menu makan kami nggak jauh-jauh dari Pindang, kukus /tim dan bakar. Semua karena alasan kesehatan. Pundak saya mudah sekali sakit dan pegal-pegal, gejala kalau kolesterol saya sedang tinggi. Harus belajar mengerem makanan berminyak, kalau nggak bakal sakit semua sekujur badan. Karena itu hari ini masak Pepes ikan baung dan lais  saja agar no minyak dan meminimalisir gizi ikan yang terbuang. Hari ini masak ikan baungnya pakai daun pisang. Nggak seperti kemarin masak nila tanpa daun pisang. Bisa baca disini ya Pepes Ikan Nila tanpa daun pisang

Membuat Nastar Lembut dan Lumer Dimulut, namun kokoh di Toplesmu Hari Rayamu

Siapa penggemar nastar ayo?. Walau nastar itu kue kering klasik dan jadul, tapi penggemarnya banyak loh. Serupa dengan kue kacang yang saya posting disini Skippy si Kue kering kacang tanah. Penggemar nastar tidak hanya laki-laki, perempuan dan anak-anak juga suka. Dan kreasi nastar ada macamnya, mulai dari nastar premium dengan hamper cantik aneka bentuk hingga nastar original seperti ini


Skippi si Kue kering Kacang Tanah

Yang namanya laki-laki paling suka sama kue kering kacang tanah ini, atau skippy. Ntah kenapa?, baik ayah,mertua, suamiku suka sekali. Di bandingkan dengan kue kering lainnya. Jadi pasti kue kering kacang ini ada dalam list, di stabilo in jangan sampai kelupaan. Suami sih saat sedang baking nggak nanyain, tapi kalau masa lebaran habis pasti nanyai, yang kacang habis ya bun? 

Doggy Chocolate Cookies - Kuker Imut Chocolate Doggy

Sejak melihat bentuk cookies ini , kue kering cokelat dengan bentuk doggy di bogasari expo beberapa tahun yang lalu saya memang suka. Tapi cuma sebatas mimpi membuatnya. Lagi-lagi alasannya karena waktu. Working mom tanpa IRT sambil menjaga IBu yang sakit diabetes, semua kerjaan sebelum dan sesudah pulang kerja, saya yang handle. Jangankan membuat kue kering /cookies yang ribet seperti Doggy chocolate ini, membuat yang bentuknya standarpun tak ada waktu. Jadi kalau lebaran, selain masakan, kue kering dan bolu lebaran semua dibelišŸ˜. 

Chocolate Stick Cookies _kue kering dengan Stick Cokelat

Kue kering ini sebenarnya booming tahun lalu. Kalau tahun lalu saya beli saja di tbk karena selain status nya msih kerja, rasa-rasanya saya benaran nggak ada tenaga untuk buat kue hari raya. Kalau tahun ini saya jobless. Alias Ibu rumah tangga biasa, jadinya membuat chocolate Stcik Cookies ini kejar-kejaran dengan kue kering lainnya. 

Sagu Keju Full Margarin - Kue ngeprull Milky dan Gurih dalam satu gigitan.

Kue Kering Sagu merupakan kue kering jadul yang suka ada di toples hari raya keluarga Indonesia. Sekarang ada banyak ragamnya, mulai dari sagu cokelat, sagu keju, sagu pandan hingga sagu red velvet. Serupa dengan kue bangket yang menggunakan tepung sagu sebagai bahan baku utamanya, sagu keju saya pun menggunakan tepung sagu. Bukan tepung tapioka. Walau kedua tepung ini sama-sama bisa untuk pempek. Namun untuk kue sagu, jika menggunakan tepung tapioka dan tepung sagu rasanya "sedikit" berbeda. Harus dengan sagu agar ada sensasi Ngeprull dan ada suara cretak saat memakannya. Saat telah memasukki mulut, kuenya benar-benar amblas dan melebur sempurna di rongga mulut. Enak sekali..

Kue Satu Asam Jeruk Nipis (Si penyegar Toples Hari Raya)

Jeruk nipis /jeruk lemon berbeda dengan jeruk purut dan jeruk kunci /lemon cui. Persamaan ketiganya adalah sama -sama memberikan rasa asam pada minuman atau masakan. Dan ketiganya bisa dipakai untuk menumpas bau amis pada  ikan, udang,seafood ataupun memberikan rasa yang segar pada minuman. Sekarang ini penggunaan ketiganya tidak hanya sebatas pada penumpas bau amis, tapi ke minuman, dan makanan kita sehai-hari. 

Sate Bandeng Telur Puyuh Bumbu Western ( Versi Ikannya Ayam Kodok)

Siapa yang suka dengan ayam kodok? Yaitu ayam tanpa tulang yang dimakan sambil di cocol dengan saus pedas manis. Saya penggemarnya loh. Sedap sekali. Sayang untuk membuat si ayam tersebut, harus ada moment-moment tertentu dan jika dibeli lumayan mahal harganya. Terinspirasi dari ayam kodok itu. Saya buat saja olahan serupa namun ini di ikan bandeng bukan di ayam. Dan bebas Tulang. Aman untuk si kecil.
Untuk mengupas atau memisahkan kulit dari daging ikannya, sebaiknya membaca tread ini yaitu Sate Bandeng telur puyuh bumbu rempah . Saya telah membuat step dan step sejelas mungkin. Karena saya merangkap koki, cleaning service, dan pengasuh anak. Saya sudah berusaha maksimal menggambarkan secara detail  baik foto-fotonya ataupun tulisannya. Tolong dibaca ya. Selebihnya memang latihan agar terbiasa. Awal-awal juga saya kesulitan. Bisa lihat foto dan fillet ikan saya di postingan sebelumnya. Amatiran sekali.

Jika di lihat sate bandeng saya seperti menongak ke atas dan tidak rapi, hal itu disebabkan karena saya kealpaan mengucuri kulit bandeng dengan jeruk nipis. Sehingga kulit menjadi lunak dan gampang robek. Ceroboh nya saya. Saat menfillet lalat berterbangan segala sisi. Membuat keringat bercucuran, sambil anak terus memanggil membuat saya hilang konsentrasi wkkwkw. Selain karena kesiangan ke pasar. Stok lauk yang dikulkas tak ada, sehingga buru-buru mengolahnya. 

Ikan bandeng ini berukuran besar.1 ekor seberat 500 gram, saya beli 1kg dan langsung di fillet begitu sampai rumah. Saya tidak mempertimbangkan ukurannya yang besar tidak muat di dandang kami saat dikukus, sehingga dikukus di atas kuali yang diberi saringan dan sedikit ditekuk. Mengikat ikanpun pakai tali plastik. Jangan ditiru ya, Kalau bawaan udah panik. Yaa begini ini. Ini aja disempatkan di foto untuk dokumentasi. 

Untuk bumbunya saya menggunakan bumbu untuk ayam kodok, daging sapi saya gantikan dengan udang. Udang memang memberikan saya gurih yang berbeda. Jadi jangan diskip ya. Gunakan tepung roti berkualitas, agar rasa ikannya lebih enak dan milky. Saya menggunakan sisa roti yang saya buat sendiri. Untuk bumbu sausnya tidak begitu sulit. Bumbu utama hanya cacahan bawang bombay, dan aneka saus yang tersedia di dapur. Saya tidak menggunakan kecap inggris. Soalnya sudah expired. Kalau ada pakai sediikit saja ya. 


Walau kulit dan daging telah terpisah dari tulangnya. Tetap hati-hati saat memberi makan anak kecil.  Terkadang durinya masih menempel di kulitnya dan kita kealpaan menyingkirkanya. Oleh sebab itu kalau untuk anak kecil yang sedang dilatih memisahkan ikannya, bagian kulit saya tidak suruh thiya makan. Dan potongan yang diberi ke anak jangan bagian ekornya melainkan bagian tengah sesudah kepala saja. Anak kecilkan masih perlu banyak latihan motorik halus dan kasarnya. Saya hanya menggunakan 1 buah ikan @500 gram ya pada resep dibawah. Cukup sekali makan untuk kami. Berikut resepnya ya

Sate Bandeng Telur Puyuh Bumbu Western Versi Ikannya Ayam Kodok
Bahan
1 buah ikan bandeng ukuran besar (saya 1 buah @500 gram).  Kuliti/pisahkan daging dan kulitnya. Bisa baca disini 
50 gram udang (tanpa kepala dan kulitnya)
5 - 6 pcs telur puyuh rebus. Disesuaikan dengan banyaknya ikan. 
1 butir  telur
2 lembar roti tawar/ 1 buah roti bun/ tepung roti (sekitar 70 gram)
50 ml susu cair
1/2 buah bawang bombay ( dari 1 buah bawang bombay setengah untuk saus ,setengahnya lagi untuk campuran daging ikan) cacah halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1sdm  saus tiram
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 buah pala bubuk
1 sdm  seafood sauce /kecap asin
1 sdt  minyak wijen
1 sdt  garam
1/2 sdm gula pasir

Bahan dan bumbu saus:
1 sendok makan margarine
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
  sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)
1 sdm saus tiram
1/2  sdt kecap asin
3 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal (tambah jika suka pedas)
1 sdm kecap manis
1/2  sdm kecap Inggris (Worcestershire sauce)
150 ml kaldu ayam
sejumput  pala bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam
1/4 sdm gula pasir

Cara membuat

  1. Untuk memudahkan proses penggilingan ikan baiknya setengah beku. Giling ikan dan udang hingga halus. Saya menggunakan chopper, anda bisa menggilingnya dengan blender drymill/FP. Lakukan perlahan-lahan, bisa tambahkan susu cair untuk mempermudah penggilingan.
  2. Siapkan semua bumbu campuran daging ikan
  3. Campurkan daging ikan dengan semua bumbunya kecuali gula dan garam. Aduk rata  Beri garam dan gula. Koreksi rasanya dengan cara mengukus sedikit. Sesuaikan asin dan gurihnya.
  4. Isikan campuran daging ikan ke kulit ikan. Beri telur puyuh di dalamnya. Rapikan ikannya (jika tampak berantakan). Tata di atas daun pisang yang sebelumnya telah dilayukan sebentar  diatas kompor. Padatkan isinya dengan cara menekan-nekan isi di perut hingga memadat dan beri isian juga isinya di kepala ikan agar tampak berisi. Sisa adonan bisa masukkan ke dalam daun pisang.
  5. Gulung dan rapatkan. Ikat daun pisang dengan batang serai /daun pisang/ tali kasur. Kukus sekitar 15 menit hingga matang. Panggang sebentar untuk menciptakan efek terpanggang dan aroma daun pisang lebih kuat.
  6. Saus : Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan bawang putih masak hingga semuanya harum. Masukkan semua bumbu lainnya. Kentalkan dengan maizena. Koreksi manis,gurihnya. 

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen