Topo Map Cassava Yogurt Cake

Beberapa waktu yang lalu saya pernah posting tentang Cake Cassava Yogurt / Cake Singkong Yogurt disini . Nah suami komplain karena polosan saja tanpa layer. Teringat akan pesannya itu. Pas bongkar lemari es, ada sekantong singkong frozen yang saya jadikan stok untuk cemilan berbulan -bulan yang lampau. Si Singkong frozen ini lantas saya ubah menjadi Topo Map Cassava Yogurt Cake yang saya posting kali ini.

Nama Topo Map Love Cake ini atau Cek alunan Kasih saya tahunya dulu dari Food blogger tanah air bertahun tahun nan lampau, mungkin karena tampilannya bergelombang dan mirip topografi lapisan bumi dan si Topo Map ini telah menginspirasi banyak jenis cake di tanah air, mulai dari Chiffon cake, butter cake hingga ogura cake. Karena memang prosesnya cukup gampang dan tidak perlu memanggang lapis demi lapis seperti lapis legit 😀. Kali ini saya coba dengan Cake dari Singkong yang  sering saya masak juga. 

Olahan dari singkong atau Cassava ini memang nggak ada matinya. Kita bisa olah menjadi Bingka Cassava disini, sentiling /lapis singkong disini, Combro /Singkong parut dengan isi fermented soy bean disini , atau empek -empek vegetarian si pempek singkong disini. Singkong yang rasanya netral bisa kita buat cemilan bercitarasa manis atau gurih. Kalau cuma digoreng garing seperti stick kentang , lama-lama bosen juga kan. Resep dan cara membuatnya masih sama seperti dahulu pernah posting, tapi ditambah layer dari cokelat bubuk saja yang ditaburkan di atas adonan cake. 

Jika menginginkan cake dengan penggunakan terigu yang sedikit bisa melirik resep ini. Namun cake ini tidak gluten free , jika saya membuat untuk ibu saya cicipi, gulanya akan diganti dengan gula stevia dan biasanya makan 2 iris tidak akan membuat gula darah ibu saya meningkat drastis. Orang dengan diabetes emang harus sering -sering makan singkong. Tapi ibu saya bosen juga kalau makan itu lagi dan lagi. Apalagi cake ini menggunakan yogurt . Bukan minuman yogurt. Jadi insyaallah baik untuk yang sedang menjalankan diet. Asal jangan berlebihan saja. Saya suka sekali cake ini. Nah seperti biasa, si cake sudah hampir habis baru saya foto. Di rumah saya memang cemilan cepat sekali habisnya. Apalagi kalau thiya sudah bantu -bantu. Taunya dia kalau oven sudah bunyi, masakan jadi dan harus segera tersaji. Kalau nggak ada drama menyayat hati. 😂😂. Jadi maafkan saya kalau fotonya sekali lagi sangat sederhana sekali. 

Topo Map Cassava Yogurt Cake

Bahan:
190 gram mentega/margarine (lebih enak jika mentega, saya menggunakan margarin)
200 gram gula pasir
3 butir telur ukuran besar
1 butir kuning telur
1/2 sendok teh vanili bubuk
1/4 sendok teh garam
100 gram yogurt (bisa plain atau rasa buah, saya menggunakan yang plain, tambahkan susu UHT hingga menjadi 250 ml)
140 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (saya pakai Segitiga Biru)
1/2 sendok teh baking powder
300 gram ubi kayu/singkong yang telah empuk /matang (kukus)

Layer
Cokelat bubuk Halus 3 -4 sdm
Untuk Loyang 20 x 20 cm , saya menggunakan loyang loaf 15 x 10 x7 cm

Cara membuat:

  1. Kupas dan kukus singkong hingga empuk. Ambil singkong kukus empuk. Buang sumbunya. Timbang seberat 300 gram lumatkan. Saya memblender singkong, yogurt dan susu di wadah juice blender hingga halus. Sisihkan 
  2. Siapkan oven, panaskan di suhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan sebuah loyang. Olesi mentega dan bila perlu  alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan tepung, baking powder, garam dan vanili bubuk. Aduk rata.
  4. Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega dan gula. Kocok dengan kecepatan sedang hingga mentega dan gula lembut, dan berwarna pucat. Tambahkan telur, satu per satu. Mikser hingga adonan tercampur rata dengan baik. 
  5. Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah .Masukkan campuran  tepung , dan campuran singkong yogurt  secara bergantian. Kocok hingga menjadi adonan yang tercampur baik. 
  6. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata, bila perlu timbang. Saya feeling saja. Ambil 1/4 adonan ratakan di dasar loyang, taburkan cokelat bubuk yang dilewatkan pada saringan halus. Timpa dengan 1/4 adonan bagian lainnya dengan cara disendokkan ke atas adonan. Ratakan
  7. Beri cokelat bubuk kembali dan ulangi pelapisan sebanyak 3 kali. Ratakan
  8. Panggang selama 45 menit atau hingga cake matang, permukaannya berwarna coklat keemasan dan ketika ditusuk dengan lidi tidak ada adonan yang menempel di lidi. 
  9. Potong cake saat benar-benar dingin. Hias sesuai selera
Note :
Potongnya saat cake telah benar benar dingin, sehingga lebih padat dan tidak lengket

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.