Roti Pumpkin Ayam Bolognese Jumbo

Roti Pumpkin Ayam Bolognese ini suka saya beli di toko roti, hanya saja sizenya kecil. Kali ini saya buat size nya gede. Supaya cepat selesai masaknya dan berkurang peralatan yang perlu dicuci. Pemalas mode on 😛. Jadi serasa makan pizza saja tapi dengan roti lembut dan tebal, bukan  tipis dan pinggirnya  garing layaknya pizza di waralaba ternama itu. Masih dengan resep adonan roti pumpkin yang sama  Cocoa Crispy bread Pumpkin  disini , atau burger pumpkin disini , roti sobek pumpkin disini. Si Bolognese pumpkin bread kali ini menggunakana adonan roti pumpkin dengan topping saus bolognese homemade.

Kalau toppingnya sisa, bisa digunakan untuk pizza atau dengan tambahkan bahan lain bisa menjadi buncis sezhuan yang pernah saya posting disini . Bumbu dan bahan dasarnya sama, terdiri dari bawang bombay, saus tomat dan daging giling. Dulu juga saya buat buncis itu karena sisa toping dari saus bolognesenya. Nah kesalahan saya adalah menindih bagian tengah roti dengan 3 pemberat yaitu 2 mangkok dan 1 gelas. Jadinya malah terlalu berat hingga bagian roti tengahnya "seakan" tidak ada. Soalnya waktu buat pertama kali. Saya hanya isi pemberat mangkok plastik dan malah terangkat , tidak bulat sempurna. Lain kali atau jika teman-teman ingin membuatnya cukup dengan 1 mangkok gelas kaca saja, jangan 2 buah. hehehe.



Saus Bolognese adalah saus asal Italia yang disukai diseluruh penjuru dunia. Saus ini terbuat dari pasta tomat, dan rempah rempah Italia seperti oregano, basil atau thyme. Saus ini biasanya berpadu dengan pasta seperti spageti atau lasagna atau menjadi topping pizza. Di negara asalnya biasanya ditambahkan Wine. Waktu pertama kali cicip saus ini di restoran bintang 5 di Jakarta,  meat ball dengan saus bolognese, Cheft nya bilang kalau saus  yang saya ambil ada penggunaan wine dan babi, apakah itu mengganggu mu?. Saya sangat menghargai "attitude" yang diberikan sang koki dan bertanya balik, yang mana yang tidak ada alkohol dan babi, lantas dia menunjuk ini dan ini. Berbekal pengalaman tersebut. Saya lebih berhati-hati saya mencicipi food court/ makanan luar. Tidak semua koki /cheft /restoran menyuguhkan Halal food bukan?. Jadi jangan ragu untuk bertanya tentang makanan yang kamu makan, jika cheft /kokinya tidak memberitahu kepadamu.

Tapi masa mencicipi makanan luar sudah berkurang sekali, sekarang lebih banyak memasak sendiri. Selain ramah dikantong , tentu lebih sesuai dengan gaya hidup sehat. Sehat di kantong ,sehat dibadan juga. Kembali ke Roti Pumpkin ayam Bolognese ini, lebih enak kalau sekililing roti diberi keju mozarella, leleh dan yummy banget dimulut, saya hanya menggunakan keju cheddar yang diparut. Ini aja udah enak banget. Untuk bolognesenya bisa dibuat pedas, atau tidak pedas. Let's go cooking

Roti Pumpkin Ayam Bolognese

Bahan Roti Pumpkin
100 gram Labu kuning panggang (berat labu tanpa kulit setelah dipanggang)
200 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram tepung terigu protein sedang /all purpose flour
10 gram susu bubuk
6 gram ragi instant
65 gram gula pasir
1 kuning telur
125 ml santan /susu cair dingin -sesuaikan dengan keadaan labu (bisa lebih banyak atau lebih sedikit)*
35 gram butter /margarin
1/4 sdt garam

Saus Bolognese
250 gram daging ayam cincang
1/2 sdt merica hitam
1 buah bawang bombay (iris-iris)
4 siung bawang putih (cincang halus)
5 buah tomat
2 sdm oregano kering
1 sdm basil kering
3 sdm saus sambal (tambah jika suka pedas)
6 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1sdm maizena (larutkan dengan sedikit air)

Pelengkap
Sosis (iris-iris, tumis dengan butter)
Mayonaise
Keju mozarella/ cheddar/quickmelt

Cara membuat Roti

  1. Masukkan Tepung, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata. Lalu masukkan labu kuning, kuning telur dan vanilla aduk rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan setengah kalis (tidak lembek dan tidak lengket)
  2. Tambahkan Margarin/Butter  dan garam aduk rata , lalu uleni sampai kalis. Jika menggunakan Heavy Duty Mixer adonan akan cepat kalis, namun jika tidak memilikinya kita bisa memindahkan adonan ke atas meja lalu tabur sedikit terigu dan uleni adonan seperti kita mencuci baju. Memang proses enguleni adonan membuat tenaga terkuras, namun penggunaan labu kuning membuat proses nguleni tak terlalu sulit
  3. Jika adonan telah kalis ditandai dengan ambil sedikit adonan lalu lebarkan jika tidak putus artinya telah kalis masukkan ke dalam baskom/wadah sedang lalu tutup dengan serbet basah. Istirahatkan adonan 20 -30 menit. Tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian (untuk loyang diameter 20cm, atau 2 loyang 20 x 30)
  5. Ratakan adonan sampai memenuhi loyang. Beri pemberat ditengahnya, diamkan hingga mengembang 2x lipat sekitar 60 -90 menit. Jangan lupa tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. 
  6. Panaskan oven, 180 oC. Oven harus panas saat dimasukkan. Beri isian roti ditengahnya, tambahkan sosis, saus mayonaise, keju parut disekelilingnya diatasnya. Panggang selama 15 -25 menit tergantung oven masing -masing. Ditandai atasnya kecokelatan dan dibawah nya juga sedikit cokelat. Sajikan
Saus Bolognese
  1. Cuci bersih tomat. Tusuk tusuk dengan garpu. Didihkan air, masukkan tomat masak sekitar 5 menit hingga kulit tomat terkelupas dan matang. Dinginkan. 
  2. Kupas kulit dan buang isinya (bijinya), blender hingga halus
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan daging ayam. Aduk rata. Tambahkan pasta tomat, masak hingga meletup letup. tambahkan bahan lainnya. Koreksi rasa. 
  4. Masukkan maizena dan kentalkan. Dinginkan.
  5. Siap dipakai untuk topping kesukaanmu

  Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.