Nasi Bakar Ati Ayam - Si arem arem ukuran jumbo.

Membuat Nasi Bakar dengan ati ayam ini mirip seperti membuat arem-arem tapi ukurannya di gedein dan juga isiannya dibedakan. Kalau makan arem arem atau lemper kan size nya kecil, nah kita buat nasi bakar ini jumbo/ sesuai dengan porsi sarapan pagi keluarga kita masing -masing saja. Setiap orang 1 selongsong nasi bakar ini. 



Karena saya membuatnya padat, jadi saat dipotong si nasi bakar nggak buyar /lepas. Jadi kalau tia makan digenggamnya saja dan mulai di gigitnya bagian atas sampai habis.  Anak saya suka sekali dan minta dibuatkan lagi. Alhamdulillah. Salah satu sukanya tinggal dipedesaan ini, dengan halaman luas adalah gampangnya bercocok tanam. Serai, daun salam, pohon pisang ditanam di tiap rumah disini. Saya tinggal bilang sama suami untuk ambil sereh, daun salam dan daun pisang yang lebar, jadi tadi setelah jam 6 pagi,diambilkanya semua pesanan saya. hehehe. Sebetulnya saya bisa ambil sendiri, tapi malas sekali harus keluar rumah dan ganti pakaian hanya untuk mengambil keperluan masak. Jadi kalau pagi -pagi, suruh ayah thiya aja😀. Selama suami ambil daun pisang, saya persiapkan aneka bahan bakunya saja. Kebetulan ada ati ayam yang telah saya rebus dan dibekukan di freezer yang pagi ini di olah. 


Tanaman kemangi saya sudah tumbuh juga, saya petik untuk bagian foodphotography, tapi nggak untuk masak karena jumlah daunnya masih sedikit sekali. Eman -eman 😍😍. Membuat nasi bakar ini gampang, cuma agak sedikit ribet karena perlu bungkus -bungkus pakai daun pula. Tapi sebanding dengan pujian dan semangatnya thiya sarapan pagi dan itu tidak terbayarkan. Susah sekali anak saya ini sarapan pagi, apalagi kalau nasi, sayur. Sudah macam orang bule aja yang sukanya roti dan makanan manis. Ntar diabetes pula. Jadi ya udah selama makanan itu dia suka dan dia dengan senang hati memakannya. Ibunya bela-belain aja masaknya. (Curhat emaknya thiya ini 😂)

Kalau suami saya nggak cerewet soal masakan, asal ada sayur sudah nggak komplain. Alhamdulillah. Nah bagi teman-teman yang ingin memasakya, berikut ini resepnya

Nasi Bakar Ati Ayam
Untuk 2 - 3 porsi
Bahan :
untuk nasi 
3 cup takar beras magic com / 300 gram
200 ml santan kelapa (sesuaikan banyaknya dengan pemakaian air saat memasak nasi keluarga anda)
1 batang serai (memarkan,ikat simpul)
1 daun salam
1/2 sdt garam

Untuk isian ati ayam
2 pcs ati ayam (jika suka bersama ampela ayam) rebus sebentar potong kecil
4 pcs bawang merah iris tipis
3 pcs bawang putih iris tipis
4 pcs cabai merah keriting (iris Tipis)
4 pcs cabai hijau  keriting (iris Tipis)
4 pcs cabai rawit (optional)
100 ml santan
1 batang serai (memarkan,ikat simpul)
1 daun salam
1/2 sdt garam

Cara membuat 
  1. Tumis bawang dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan potongan ati ayam, santan, dan semua bahan kecuali garam hingga air santan habis dan tambahkan garam. Koreksi rasa. Sisihkan
  2. Aron nasi. Cuci bersih beras, tambahkan santan kelapa, daun salam dan batang serai. Aduk rata. Tambahkan garam. Masak sampai mengering. Panaskan dandang yang sebelumnya telah diberi air.
  3. Ambil selembar daun pisang yang sebelumnya telah di layukan di atas api kompor. Lebarkan dan lap bersih. Ambil 1/2 centong nasi, memarkan, tambahkan 2 sdm isi, tutup dengan 1/2 centong nasi. Gulung. Ikat ujungnya dengan tusuk gigi. Tekan tekan bagian paling pinggir ujung yang terbuka hingga memadat dan isi lebih rapat. Baru sematkan lidi/tusuk gigi diujung satunya
  4. Kukus hingga matang sekitar 15 menit. 
  5. Panggang sebentar agar lebih aroma daun pisang lebih kuat dan ada efek bakarnya
  6. Sajikan

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.