Cara Membuat Santan Instan Ala Rumahan

Santan Instan baik Cair atan Bubuk banyak beredar di masyarakat. Mulai dari kemasan kecil hingga besar. Setiap warung, supermarket, retail menjual produk ini dalam skala ecer atau grosir. Dan Umumnya Masyarakat Indonesia menggunakan santan kelapa hampir di semua masakan. Mulai dari Minuman, kudapan sore hingga makanan berat sehari-hari.

Masakan seperti Rendang, Opor, Kalio , Sayur lodeh, Kolak, Bubur kacang hijau/santan dll menggunakan santan dalam komposisi memasaknya. Santan kelapa memberikan rasa gurih pada masakan dan tentu saja menaikkan nilai gizi. Santan Kelapa berupa cairan putih seperti susu yang di dapatkan dari memeras parutan kelapa dan disaring. Santan Kelapa berbeda dengan air kelapa yang telah ada saat batok kelapa di belah. Air kelapa /dogan lebih banyak di jadikan minuman daripada ditambahkan pada masakan. Walau tentu saja mengganti sejumlah air dengan air kelapa akan memberikan rasa yang lebih gurih. Namun Santan Kelapa berbeda, membuat Rendang seperti yang saya posting disini tanpa santan kelapa bukanlah rendangšŸ˜dan ada banyak masakan di blog ini yang menggunakan santan kelapa. Santan Kelapa yang berupa cairan tidak transparant ini merupakan  makanan merakyat di kawasan Asia Tenggara, Asia Tengah, Karibia dan Amerika Utara. 

Santan memiliki rasa lemak yang dapat digunakan sebagai penyedap pada makanan. Santan mengandung 3 kompone utama yaitu lemak sebesar 33.80 %, Protein 6.10 % dan karbohidrate 5.60 % sisanya adalah air. Minyak dan air tidak bisa bersatu bukan?, namun pada santan ada cairan emulsi /penstabil alami yang menyatukan keduanya, namun ikatan ini hanya berlangsung beberapa jam saja.Ikatan ini mudah sekali di rusak mikroba, apalagi dibantu oleh suhu yang mendukung (sinar matahari) Makanya  santan kelapa akan lebih cepat tengik, asam dan rusak jika tidak segera diolah dan diberi perlakuan khusus. 

Pada skala pabrikan diberikanlah penstabil buatan yang ditambahkan. Penstabil ada 2 jenis. Penstabil nabati dan hewani. Penstabil adalah semua senyawa yang mampu mempertahankan ikatan emulsi, memadatkan suspensi dan mengikat air hingga menghasilkan cairan dengan kekentalan tertentu. Singkatnya pada kelapa cair akan di dapatkan cairan yang kental, stabil tidak mudah terpisah antara minyak dan air dan aman pada suhu ruang. Namun sayangnya kalau masak rendang pakai santan kemasan ini, nggak bakal terpisah lemak dan airnya hingga rasa dan tekstur rendang ala padang tidak bisa hadir. 

Jenis Penstabil yang bisa kita temui di Toko kimia atau Toko bahan kue seperti Gelatin, karageena untuk bakso, CMC ( Carboxil Metyl Sesulosa) untuk mie dll, Gum arab dan  Gelatin untuk es krim. Bahan Tambahan Pangan (BTP)  ini Food grade merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan no.722 tahun 1988 tentang Bahan Tambahan Makanan atau lebih dikenal dengan Permenkes 722/88. 

Tidak mau dan ingin terhindari dari Bahan Tambahan Pangan tersebut, Ibu -ibu bisa membuat santan sendiri ala rumahan dengan memanfaatkan lemari es di rumah. Jika akan memasak, tinggal mengambil kemasan per pack yang telah membeku di lemari. Ulasan tentang Frozen food saya tulis disini , tentang cara mengawetkan berbagai jenis makanan bisa dibaca disini dan 7 pengawet yang bisa kita jumpai disekeliling kita bisa dibaca disini 

Santan Instan ala Rumahan ini fleksibel ya, kalau mau untuk cake /es krim saya mengambil bagian atasnya yang putih, namun jika untuk santan encer, saya akan mengaduk santan (lapisan putih) dan air (lapisan bening), lalu saya kemas perporsi. Santan encer ini biasanya untuk kuah lodeh, kuah lontong, bubur kacang hijau dll. Ok ini caranya nya ya

Santan Instan Ala Rumahan


Bahan 
3 buah kelapa parut 
1200 gram air
3 lembar daun pandan 

Cara membuat : 
  1. Masukkan santan parut ke dalam baskom lebar, tambahkan 600 ml air (3 gelas air), meras- remas hingga air putihnya keluar
  2. Saring, ampasnya di tambahkan air kembali. Remas-remas. dan peras kembali.
     
  3. Pindahkan ke panci, masak dengan api sedang hingga ada buih /sedikit mendidih. Dinginkan
  4. Kemas perporsi masak sehari-hari. saya sekitar 200ml.
  5. Bekukan. Untuk pemasakan 2- 3 hari bisa di chiller. Sisa nya di freezer. Malam sebelum dipakai, pindahkan ke chiller. 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.