Beef Roll Teriyaki- Si Daging Lunak dengan Sayuran dalam Bumbu Teriyaki dan tips melunakkan daging

Saus Teriyaki yang berasal dari Jepang ini sudah jadi salah satu saus favorit Ibu ibu didapur Indonesia. Ada banyak Merk yang telah mendapatkan label Halal dari MUI. Jadi jangan ragu untuk sesekali menyuguhkan masakan ala Jepang ini di menu keluarga anda. Saya tidak menggunakan saus teriyaki instan, melainkan dengan mempadupadankan aneka saus dan bumbu rasanya lebih lezat . Membuat  beef teriyaki atau chicken teriyaki sendiri tentu saja selain lebih sehat juga lebih ramah di kantong keluarga. Walau sesekali jika akan menikmati atraksi si koki membolak balikkan daging dalam wajan datar merupakan jenis tontonan yang menarik bagi saya.

Jika umumnya daging sapi di iris tipis dan di masak  dalam wajan datar sambil sesekali di oles bumbu marinasinya. Saya mencoba membuatnya di gulung sambil di isi sayuran. Jadi kalau digigit ada rasa sayurannya juga. Enak dengan saus bumbu meresap sampai ke dalam daging. Walau bumbu meresep sampai ke dalam, jika daging nya alot dan keras ya makan tak akan nikmat bukan?. Sedangkan tidak semua bagian daging sapi mudah lunak jika hanya dipanggang sebentar. Walau daging telah dipukul -pukul hingga tipis, namun jika daging bukan jenis daging has dalam /has luar (sirloin dan tenderloin) maka biasanya sulit lunak kecuali direbus berjam-jam.

Ada cara murah dan gampang ala orang kampung seperti kami agar daging cepat lunak, yaitu dengan membungkus daging yang yang telah dipotong-potong dengan daun pepaya. Daun pepaya memiliki enzim papain yang mampu merobek/memecah protein pada daging. Cukup bungkus potongan  daging dengan daun pepaya dan biarkan minimal 15 menit. Ada cara lain yaitu dengan Buah nanas. Baik Kulit dan daging buahnya.

Jika hari raya akan Tiba, Ibu saya biasanya memasak daging sapi untuk malbi, opor ayam, rendang. Daging buah nanas di pakai untuk membuat opor, sedangkan kulitnya akan digunakan ibu sebagai "pembungkus" daging sapi yang telah di potong-potong ibu sebelumnya. Rendam selama 15 menit saja, jangan kelamaan nanti seratnya dagingnya malah hancur.  Kali waktu akan mempersiapkan daging kambing untuk aqiqah thiya. Potongan daging kambing di rendam dalam parutan daging buah nanas selama 15 menit, lalu kemudian di rendam dalam bumbu marinasinya agar daging cepat lunak dan berbumbu saat dipanggang. Buah nanas mengandung enzim bromelin yang mampu memecah protein dalam daging.

Ada beberapa buah lagi yang ternyata mampu melunakkan daging yaitu cuka apel, sari lemon, buah kiwi, dan tomat. Caranya dengan merendam daging dalam saribuah kiwi, apel ,lemon dan tomat. Namun melihat harga buah kiwi yang mahal, cuka sari apel yang mahal disini cara ini jarang dilakukan. Kalau nanas tersedia cukup murah dipasaran, dan daun pepaya ada banyak di kebun belakang saya. Jadi gunakan saja yang murah meriah. Jangan khawatir dengan pahit pada pepaya. Saya tidak merasakan pahit sama sekali di daging sapi yang saya buat beef roll teriyaki ini.

Untuk sayurannya bisa menggunakan sayuran seperti asparagus, baby buncis, zuccini, bawang merah besar. Namun jika mendapatkan asparagus dan dan sayuran lainnya cukup sulit ganti saja dengan stok di kulkas. Saya  dengan buncis biasa, potongan wortel, mentimun lokal dan bawang bombay

Sisa potongan bawang bombay, saya tumis bersama dengan sisa bumbu marinasi. Jika ingin banyak dan kental /mengkilat bisa ditambahkan maizena yang dilarutkan dengan sedikit air. Saus teriyaki ini untuk menjadi cocolan saat memakan beef rool teriyaki bersama dengan nasi hangat. Rasanya sedap sekali. Untuk memotong daging agar tipis, bisa dilakukan dengan kondisi daging setengah beku. Lalu biarkan di suhuruang hingga mencair. Pukul-pukul daging hingga melebar dan pipih. dan bungkus dengan daun pepaya /parutan nanas selama max 15 menit. Lalu rendam dengan bumbu marinasi.

Sebelumnya saya pernah memasak Chicken Yakiniku disini. Kali ini pakai daging sapi dengan saus teriyaki. Bedanya teriyaki dan yakiniku walau sama-sama dimasak dengan cara di panggang/bakar dan berwarna cokelat. Rasa teriyaki dan yakiniku berbeda. Teriyaki cenderung manis, sedangkan yakiniku cenderung gurih. Di jepang menggunakan Mirin dan sake. Mirin merupakan alkohol hasil samping dari sake yang berasal dari fermentasi beras. Di Indonesia sendiri sudah dimodifikasi /diganti menjadi madu, atau sari apel atau gula palem. Namun beberapa restoran Jepang yang ingin rasanya otentik tetap menggunakan mirin sebagai flavornya. Untuk teman-teman saya yang muslim, tetap harus rajin bertanya ya kepada pelayan / management restoran dan trusted restoran. Khawatir akan kehalalannya bisa memasak sendiri seperti saya.  So lets go cooking

Beef Roll Teriyaki

Bahan:
250 gram daging sapi
1 butir jeruk nipis di peras airnya
100 ml air
1 batang daun bawang rajang halus
biji wijen putih dan hitam  secukupnya

Bumbu:
1/2  buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
3 siung bawang putih (geprek, cincang halus sebagian)
2 sdm kecap asin (gunakan yang kualitas baik)
1 sdm gula palem bubuk/gula jawa yang disisir halus (bisa ganti dengan madu)
1 sdt cabai bubuk (optional)
1 sdm kecap manis
3 cm jahe  cincang  (geprek, cincang halus sebagian)
2 sdm air jeruk nipis/lemon (bisa ganti cuka masak)
1/2 sdt merica hitam bubuk

Bahan Lainnya ( potong memanjang, sepanjang ukuran daging sapimu)
Buncis /baby buncis
Mentimun
Wortel /Asparagus
Bawang bombay /bawang merah besar

Cara membuat

  1. Cuci bersih daging. Potong daging sapi tipis mungkin. Bisa dilakukan dengan daging sapi setengah beku. Potong menjadi 5 bagian. Lalu saat sudah cair. Pukul-pukul dengan palu /batang stainless hingga memipih dan tipis. Atau anda bisa juga membeli daging yang telah dipotong tipis di supermarket
  2. Ambil beberapa helai daun pepaya,cuci bersih. Bungkus daging dengan daun pepaya mengikuti arah tulang daun pepaya ( arah daun bagian dalam menghadap ke dalam ). Saya membagi daging menjadi 2 bagian. Anda bisa menggantinya dengan rendaman parutan nanas. Rendam minimal 15 menit max 30 menit Jika daging yang digunakan mudah empuk seperti has dalam /daging impor has dalam . Skip bagian ini 
  3. Haluskan sebagian bawang putih dan jahe. Campur semua bumbu halus dalam 1 wadah, buka daging dari bungkusnya (tidak perlu dicuci lagi), rendam dalam bumbu marinasi. Minimal 2 jam ( saya semalaman) 
  4. Potong sayuran sesuai ukuran daging sapi yang telah dimarinasi. Beri potongan sayuran. Gulung. Sematkan dengan tusuk gigi
  5. Siapkan pan, panggang sambil sesekali dioles bumbu marinasinya. Panggang hingga kecokelatan si semua sisi. Sisihkan
  6. Sisa potongan bawang bombay untuk meroll daging di cacah kecil kecil. Tumis hingga harum. Lalu masukkan bumbu marinasi. Jika ingin kental dan bayak bisa ditambahkan maizena yang dilarutkan air. (saya tidak melakukannya)
     
Sajikan roll beef teriyaki dengan saus teriyaki. Sedap 

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.