Stick Kentang Keju

Stick Kentang merupakan cemilan renyah, sangat cocok di jadikan snack /makanan ringan saat menonton tv, ngemil dan me time. Rasanya yang gurih dengan bumbu seasoning Italia seperti basil dan oregano, renyah membuat tangan tak berhenti mengambilnya dan mulut tak berhenti mengunyah, lagi dan lagi. Berpadu dengan keju membuat rasa creamynya lebih nendang apalagi jika menggunakan keju parmesan ,gauda atau edam. Stick Keju memang tersedia menjamur tidak hanya di Superarket, namun juga warung kaki lima. Mulai dari Pejabat hingga rakyat jelata menyukainya, termasuk keluarga saya. 



Kalau mau rasa kejunya lebih nendang gunakan keju edam atau gauda atau parmesan. Itupun kalau nggak berat dikantong. Saya sendiri hanya menggunakan keju cheddar yang dijual di pasar, kalau edam atau parmesan, harus beli di toko bahan kue, rasanya juga enak. Stick keju ini menggunakan kentang, agar rasanya lebih renyah. Kalau nggk pakai kentang, jadi lebih keras atau meling bahasa Palembangnya. 


Keju yang merupakan salah satu produk dairy cream, dan kalau ada teman saya yang bertanya siapa sih yang nggak suka keju. Saya angkat tangan dan mereka pun terheran -heran. Dulu saya tidak menyukai keju, menurut saya rasanya aneh saja- Asin begitu, tapi keseringan di ejek teman-teman lama -lama saya jadi mencoba menyukai keju hingga akhirnya keju addict. Bahkan mewabah sampai ke cemilan.  Keseringan beli cemilan, mahal dan belum tentu tahu kualitas minyak yang dipakai, sekarang jadi suka buat sendiri. 



Saya suka mengukus kentang 500 gram, lalu saya kemas per buah di freezer, sewaktu -waktu memerlukan kentang kukus untuk memasak seperti Onde -onde atau stick kentang keju ini, stick kentang daun kelor dll tinggal saya diamkan pada suhu ruang dan dilumatkan. Kadang kalau cuma 1 buah kentang dikukus kan berat di gas. Apalagi kalau gas sekarang ini makin langka. Oh ya bentuknya nggak 100 % lurus lurus ya, seperti stick keju lainnya, Kreasi saya dan putri saya. Thiya suka sekali memutar tuas gilingan mie nya, jadi membuat ini benar-benar hemat tenang, karena putri saya benar-benar membantu. Untuk semua adonan di resep ini, thiya semua yang memutar tuas gilingannya, saya bagian memasukkan dan memegang adonan saat dimasukkan.  Memasak beres, bermain sama anak sambil buat ini beres juga. Alhamdulillah, Yuk kalau ada yang mau membuatnya berikut resepnya

Stick Kentang Keju

Bahan :
200 gram tepung terigu protein sedang
30 gram maizena
150 gram kentang kukus /1 buah kentang ukuran sedang (haluskan)
50 gram keju cheddar parut
1 sdt baking powder
1 sdm oregano
1 sdt basil
30 -50 ml air es
30 gram margarin
4 siung bawang putih (haluskan), atau 1 sdt bawang putih bubuk
1.2 sdt merica bubuk

Cara membuat :
  1. Kukus kentang hingga lembut, dinginkan dan haluskan
  2. Saya memblender bawang putih dengan sedikit air es, dan di masukkan ke chiller /freezer hingga dingin sementara saya menimbang bahan tepung dll
  3. Masukkan tepung terigu, maizena, kentang,keju dan bahan lainnya kecuali margarin. Aduk- aduk hingga menggumpal, tambahkan margarin. Aduk hingga 1/2 kalis. Saya memasukkan semua bahan ke mixer. 
  4. Ambil gilingan mie, masukkan adonan ke gilingan mie mulai dari ukuran terbesar hingga sedang. Setiap ukuran giling masing-masing 3 x. Lakukan sampai semua habis. Saya sampai gilingan no.4. 
  5. Potong -potong lembaran dengan gunting sesuai panjang stick yang diinginkan. Lalu potong di mesin gilingan mie. Tata dinampan dan luruskan (jika ingin lurus), beri jarak satu sama lain. Sisihkan
  6. Panaskan minyak, hingga panas nya sedang. Lalu masukkan stick kentang kejunya dan masak hingga sedikit berwarna kecokelatan. Tiriskan dan dinginkan.
  7. Simpan dalam wadah kedap udara.
Notes : Jika kentang dikukus, air sekitar 50 ml, namun jika direbus cukup 30 ml. Tambahkan air perlahan-lahan, jika adonan menggumpal dan sulit tercampur, tambahkan sedikit air. Setiap rolling adonan jangan lupa diberi tepung tipis saja

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.