Lumpia Isi Sayuran - Sprill Roll with Vegetables

Setelah hampir 6 bulan menetap kembali di Lampung, saya baru tahu tempat jualan Spring Roll rumahan disini, kulit lumpia ini banyak dijual di pasar dengan harga murah 1 pack kurang dari 20 ribu. Dan bisa dijadikan isian macam -macam. Sangat membantu bagi ibu rumah tangga seperti saya yang ingin buat cemilan sore hari tapi malas sekali jika ingin membuat kulit risoles /lumpianya sendiri. Dengan Kulit lumpia ini saya bisa membuat piscok (pisang cokelat) untuk thiya, Lumpia isi sayuran untuk kami.
Isinya bisa fleksibel, mau seperti ragout yang pernah saya posting disini Risoles Telur Asin, America Risoles dari Smoked beef dan Mayo disini atau kali ini pakai bumbu sederhana saja yaitu isi sayuran. Untuk penyedapnya bisa tambahkan ebi halus, atau cuiran ayam, kaldu sapi blok atau kaldu ayam blok. Sesuai selera saja. Kali ini saya menggunakan ebi halus yang akan saya keluarkan kalau stok ayam, daging habis hehehe.

Kulit lumpianya berasal dari pack yang sama dengan sumpia peanut yang pernah saya posting disini. . Postingnya duluan yang sumpia, padahal lumpia ini dulu yang saya buat. Kalau pernah ke semarang , isi lumpianya menggunakan rebung. Nanti kapan-kapan saya mau posting juga dengan isian rebung. Kalau dimakan ada sensasi krez..krezznya. 

Sebagai Orang Palembang yang selalu stock cuka pempek, makan gorengan ini mesti pakai cuka pempek, jika mau memakannya dengan cabai rawit ok saja sih. Enak juga. Untuk isiannya saya menggunakan sawi putih dan wortel. Namun jika ingin menggunakan kubis, bengkoang, caisim, pakcoy enak juga kok. Isi sayurnya sesuaikan dengan stok kulkas aja, jangan terpaku pada resep. Yuk mari buat lumpia isi sayuran mu sendiri. 

Lumpia Isi Sayuran

Bahan 
12 lembar kulit lumpia /spring roll 12x12 cm
6 lembar daun sawi putih 
1 buah wortel
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
1 sdm ebi halus /cuiran ayam (optional)
1 batang daun bawang iris -iris

Olesan : putih telur / 1 sdm terigu beri sedikit air
Bumbu halus
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih 

Cara membuat
  1. Cuci bersih sayur, kupas wortel dan parut. Iris-iris sawi
  2. Tumis bumbu hingga harum.
  3. Masukkan semua sayur dan bumbu kecuali  garam dan kulit lumpia😁. aduk rata. Cicipi dan koreksi rasa. Garam menyesuaikan dengan asinnya ebi (jika pakai). Masak sebentar hingga sawi layu. Matikan api dan dinginkan
  4. Peras air yang ada dikuali. Pindahkan ke piring. 
  5. Ambil 1 lembar kulit lumpia, beri 1 sdm isi, beri sekeliling dengan olesan dan lipat seperti amplop lalu gulung. Lakukan sampai habis
  6. Panaskan minyak, goreng hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan
  7. Sajikan dengan saos sambal /cuka pempek/cabai rawit
Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.