Gulai Daun Kacang Tolo

Daun Kacang Tolo atau disebut juga Daun Dadap sering dijadikan sayuran masyarakat disini dengan cara di masak gulai. Daun dari Kacang Tolo ini sering dijadikan sayur, disamping kacang tolonya sendiri. Tanaman ini biasa ditanam di pekarangan rumah dan masih satu keluarga dengan kacang panjang, namun berbeda supspesies. Jika kacang panjang memanjang/merambat, kacang tolo tidak, seperti kacang hijau yang buahnya berada di atas permukaan bukan di dalam tanah. Tanaman ini dapat tumbuh dilahan yang kering, karena itu masyarakat disini suka membudidayakannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.

Batang Tanaman Kacang Tolo ini memiliki bulu-bulu haus, jadi kalau mau disayur yang di ambil adalah daunnya saja, dan batang yang sangat muda. Rasanya enak. Namun memang paling enak jika di gulai. Kalau dimasak tumis saja,saya kurang suka. Baik bobor atau gulai saya suka. Sedap, pedas dan bikin saya ketagihan. Hehehe. Sekantong daun kacang tolo ini hanya dijual seharga 1rb -2 rb saja (bagi yang tidak menanamnya sendiri seperti saya). Murahnya😍. Dan kandungan gizi akan sayuran keluarga kami bisa terpenuhi. Alhamdulillah.

Memasak gulai daun kacang tolo bisa ditambahkan tahu atau tempe semanggit. Agar sekali makan,ada tambahan protein juga. Dan kalau nggak ada lauk lain. Makan gulai tahu daun kacang tolo ini saja sudah nikmat banget rasanya. Kalau mau ditambahkan udang, suiran ayam ok saja. Resep nya sama seperti gulai labu siam yang pernah saya posting disini, Tinggal ganti ganti jenis sayurannya saja. 

Agar lebih bergizi, tambahkan juga kacang tolonya, selain daunnya. Tapi saya sendiri tidak pakai. Kacang tolo ini kaya akan kandungan gizinya. Kacang Tolo/Kacang Tunggak/ Black Eye Peas  seberat 100 gram memiliki kandungan protein sebanyak 22,9 gram.  Protein ini sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya sebagai tempat pembentukan sel-sel darah merah, otot, serta sistem kekebalan atau sistem imun tubuh. Jadi konsumsi juga ya sih kacang tolo, disamping kacang kedelai dan kacang hijau. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang enak untuk dijadikan sayur atau cemilan. Nah bagi yang mau memasak si Gulai Kacang Tolo, berikut ini resepnya

Gulai Kacang Tolo 

Bahan :
2 pcs tahu goreng , bela 2 , lalu goreng hingga berkulit , potong dadu (sisihkan)
1 kantong daun kacang tolo (petikm dan ambil daun serta batang muda nya saja, cuci bersih,tiriskan)
2 pcs  daun salam
1 batang serah memarkan ikat simpul
1 sdm minyak untuk menumis
300 ml air kaldu (jika tidak ada pakai kaldu instan, tambah air untuk kuahnya)
400 ml santan dari 1/2 kelapa atau 1 sachet santan instan
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bumbu Halus
5 buah cabe merah
5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
2 butir kemiri, sangrai


Pelengkap :
Bawang goreng (saya tidak pakai)

Cara Membuat:

  1. Goreng tahu hingga berkulit. Angkat, dinginkan. Potong dadu
  2. Panaskan Minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam dan serai. Aduk rata.
  3. Tambahkan santan dan air kaldu, masak hingga ada buih dipinggir panci, Aduk searah agar santan tidak pecah. Masukkan daun dadap/daun kacang tolo. Tambahkan tahu. Aduk rata
  4. Tambahkan garam,gula. Aduk rata.Koreksi rasa
  5. Sajikan, tabur dengan bawang goreng

 Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.