Tumis Kue lobak Goreng ( Chai Tau Kway )

Melihat teman saya vivi, suka sekali menyantap makanan berbentuk kotak persegi yang semula kukira adalah nugget versi mini, ternyata bukan. teman saya sedang memakan tumisan kue lobak yang dijadikan bekal makan siangnya bertahun -tahun nan lampau. Bertahun -tahun kemudian, saat menemani bos saya menjamu tim bea cukai di restoran dimsum pecinan baru saya teringat kembali akan makanan lawas yang suka di makan teman sma saya tersebut. Kue lobak yang disajikan tidak seperti potongan tahu yang di celupkan ke sambal, melainkan di potong dadu lalu dimasak dengan bumbu tumis. 

Melihat cheft nya merebus lobak yang di parut, ada rasa heran kenapa harus seperti itu, Ternyata setelah beberapa kali membuat lobak sendiri, saya menyadari lobak memiliki aroma langu. Dengan di rebus sebentar aroma langunya akan berkurang. Teman saya tidak menggunakan ebi atau suiran ayam, melainkan hanya kaldu jamur. Jadi membuat kue lobak ini disesuaikan dengan selera saja. Memakan 1 porsi ini nyatanya cukup kenyang untuk saya dan suami. Sehingga kami tidak makan malam lagi. Kue lobak ini sangat mengenyangkan, sehat dan bergizi. 

Lobak sendiri ada banyak jenis dan varietas. Saya menggunakan lobak putih, walau saya yakin lobak eropa yang berwarna merah akan bisa di temui di Supermarket tertentu di kota besar dan rasanya tak kala lezat jika di buat tumis kue lobak goreng. Kalau di tempat saya, hanya ada lobak putih yang seperti wortel. Beberapa pedagang malah menyebutnya wortel putih. Yuk mari membuat cemilan atau makan malam berbeda dari biasanya dengan membuat tumis kue lobak goreng ini, 

Tumis Kue Lobak

Bahan kue lobak :
100 gram tepung beras
1 sdm  tepung maizena/ tapioka /sagu
100 ml air kaldu
250 gram lobak putih (1 pcs lobak ukuran besar)  parut
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan tumisan :
150 gram Taoge
1/2 buah wotel serut kasar
1 batang daun bawang iris kasar
2 sdm ebi, saya menggantinya dengan sedikit suiran ayam
1 sdm kecap manis
1/2 sdt merica
1 sdm seafood sauce
1/2 sdt kaldu bubuk (optional,saya tidak pakai)

Bumbu halus tumisan  :
5 siung bawang merah (aslinya nggak pakai)
3 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Parut lobak, rebus dengan sedikti air hingga airnya mendidih. Sisihkan. Tunggu dingin. Peras airnya. (Lewatkan step ini jika anda tidak masalah dengan bau langu lobak)
  2. Campur semua tepung , bumbu.di bahan kue lobak, masukkan ke loyang yang di alasi dengan plastik food grade, beri minyak. Sisihkan
  3. Tuang semua bahan ke loyang dan kukus hingga matang. Sisihkan tunggu dingin. Potong - potong sesuai selera.
Tumis Kue lobak Goreng ( Chai Tau Kway )
  1. Siapkan wajan anti lengket, goreng kue lobak yang sudah di potong - potong dengan sedikit minyak hingga kedua sisinya agak kering, Angkat atau sisihkan di pinggir wajan.
  2.  Tumis bumbu halus sampai matang dan harum, matikan api dan masukkan bumbu lainnya, (kecap, tauge,worel dan bahan lainnya) aduk bersama lobak hingga matang 
  3. Sajikan panas.

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.