Sup Kimlo - Si Sup Kembang Tahu

Kalau pernah hadir di acara hajatan, pernah di sajikan sup kentang wortel dengan tambahan kembang tahu di dalamnya. Banyaklah kuah daripada isinya?. Ya begitulah, namanya juga makan siang untuk orang banyak.  Kalau di Palembang menu makan siangnya biasanya nasi kuning/nasi samin, pentol daging, sup kembang tahu, sambal nanas, dan beberapa menu lainnya. Sup kembang tau tersebut bernama Sup Kimlo hehehe. Jika makan siang pas hajatan, saya pasti mengambil nasi samin ,pentol daging dan sup kembang tahu Walau kata ibuku nggak matching. Nasi kuning dengan sambal nanas terus ada sup di tengahnya. Ntah kenapa aku suka saja makan sup kembang tahu itu. Rasa sedikit  asam dari kulit kembang tahu matching saja tuh berpadu dengan nasi samin dan sambal nanas. Walau saya yakin sup itu disajikan untuk menemani nasi putih. 

Tak perlu hajatan untuk hanya mencicipi sup kembang tahu itu, buat sendiri saja. Sama seperti sup kacang merah yang pernah saya posting sebelumnya disini. Kebetulan juga kembang tahu  sudah banyak di jual di pasar tradisional. 1 ons aja cuma 10ribu, bisa berkali kali masak untuk keluarga kecil kami. Untuk kuah kaldunya bisa menggunakan kaldu ayam, udang atau sapi atau jamur bagi yang vegetarian. 


Sup Kimlo ini merupakan masakan perpaduan budaya peranakan cina (Nonya) terhadap kebudayaan Indonesia. Ada yang menggunakan potongan bakso, udang, daging  ke dalam sup ini. Jadi sesuaikan dengan selera saja, variantnya saya yakin ada banyak di Nusantara. Khasnya sup ini menurutku karena ada bunga sedap malam, kembang tahu ,so'un. Gunakan kembang tahu yang tebal, yang rapuh untuk sup ini. Jadi segarnya sayuran, berpadu dengan asam bunga sedap malam, lunaknya kembang tahu dalam kuah kaldu seger banget di makan untuk teman makan siangmu atau sup di sore hari. Yuk ah buat sendiri Sup Kimlo /Timlo mu

Sup Kimlo - Si Sup Kembang Tahu

Untuk 1 Porsi
Bahan:
100 gram daging sapi, potong kubus
1 batang wortel potong sesuai selera (bentuk bunga,serong atau bulat seperti saya)
1 buah kentang potong dadu
1 bungkus kecil /2 sdm  bunga sedap malam kering (rendam dengan air hangat, buang airnya)
4 potong kulit kembang tahu (rendam dengan air, potong sesuai selera)
sedikit so'un (rendam dengan air)
1 batang daun bawang, rajang halus
1 batang daun seledri /daun sop rajang halus
600 ml air kaldu /secukupnya
1 sdt garam
1/4  sdt  gula pasir
1 sdt merica bubuk
1/8 sdt pala bubuk
1/2 sdt jinten bubuk
1/2 sdt kayumanis bubuk

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah


Cara membuat:
  1. Didihkan air masukkan potongan daging sapi, masak selama 1 -2 menit. Buang airnya. Ambil dagingnya.
  2. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan kecoklatan, tambahkan air masak, masukkan  daging hingga lunak atau air menyusut. Banyaknya air tergantung jenis daging.
  3. Masukkan wortel masak hingga 1/2 lunak, masukkan kentang  masak hingga lunak. Masukkan  kembang tahu, soun, bunga sedap malam aduk rata
  4. Matikan api.  Tambahkan bumbu rempah, daun bawang, daun sop , garam cicipi, tambahkan gula untuk mengimbangi rasa rempah. Koreksi rasa., cicipi rasanya.
  5. Angkat dan sajikan
Selamat mencoba   The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.