Salad Buah dengan Dressing Mayo, Yogurt dan Madu

Salad buah adalah potongan- potongan buah yang disajikan dalam satu wadah. Cara menyajikan buah seperti ini mulai populer di Indonesia beberapa tahun terakhir, bahkan telah mewabah hingga ke kota terpencil di Indonesia. Rujak adalah salad versi lokal. Jika rujak di nikmati  dari buah mengkal asem manis dengan saus berupa saus kacang. Maka salad buah berisikan buah -buahan manis dengan dressing saus dari minyak, cuka atau produk susu fermentasi. Kali ini saya menggunakan mayonaise, yogurt dan Madu atau terkadang SKM (Si kental Manis) sebagai campuran dressing sauce. Rasanya juara.

Seperti kita ketahui mengkonsumsi buah sangat baik bagi kesehatan kita sehari -hari. Buah lokal ataupun luar memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Dengan negara yang di lalui garis khatulistiwa hampir semua buah-buahan tumbuh subur di negara kita. Pepaya, Mangga, Anggur, Strawberry, Pisang, Buah Naga. Walau ada beberapa jenis yang dahulu adalah buah impor,  seiring dengan kemajuan teknologi pertanian, buah -buahan tersebut bisa tumbuh dan di panen di Indonesia.

Salad buah banyak di jual di outlet -outlet baik di mall ataupun bakery, namun membuatnya pun tak susah. Dukanya  tinggal bukan di perkotaan adalah sulitnya mendapatkan makanan enak, sesuai selera maka homemade adalah jawabannya. Membuatnya pun tak susah. Mengkonsumsi buah -buahan emang bagus untuk tubuh, saya sedang berusaha mengurangi timbangan. Jadi mengganti makanan karbohidrate di malam hari dengan buah-buahan segar seperti ini baik untuk mengatasi rasa lapar dan tidak membuat angka timbangan naik. Makan buah -buahan langsung, lama -lama bosan juga makanya memvariasikan jenis dressing pada buah bisa jadi alternatif.

Gunakan buah -buahan sesuai stok di kulkas saja. Potong dadu, lalu tata pada piring saji. Foto di atas hanya anggur yang baru dibeli di pasar. Pisang di beri tetangga yang baru panen. Masyarakat di sini memang sukanya menanam buah -buahan sendiri. Dan pisang adalah buah yang saya tidak pernah beli di pasar. Kalau mau beli pisang harus lihat -lihat kebun tetangga dulu. Kalau tidak ada yang berbuah, dan saya kepingin baru saya akan beli. Kadang belum habis pisang dari tetangga A, datang pisang dari tetangga B. Mulai dari kepok, janten, raja hingga ambon. Alhamdulilah

Buah naga relatif mudah di tanam. Di sini ada beberapa yang menanam buah naga di halaman depan, sehingga kalau panen tinggal petik saja dan selang seling matangnya. Ada yang putih, merah dan kuning. Rasanya manis sekali. Nggak perlu di olah jadi salad buah, terkadang langsung dimakan begitu saja. Namun kalau di kulkasmu ada banyak stok buah dan bervariasi, wah saya suka sekali menjadikannya salad buah. 

Untuk Alpukat, biasanya di temani susu kental manis, tapi sejak mengenal dressing dari campuran saus mayo, yogurt dan madu ini saya lebih menyukai rasanya. Alpukat yang cenderung hambar (tidak pahit tapi tidak juga manis), enak sekali jika dicicipi dengan saus pada resep ini. Rasanya asem manis segar deh. Jika saus dressingnya kurang, buat kembali ya dan beri topping favoritmu. Saya menggunakan keju. Yuk cobain buat sendiri salad buahmu dan berhentilah beli di outlet -outlet buah. Lebih terjamin bahan dan kehigienisannya

Salad Buah

Bahan :
Anggur merah 100 gram
Pisang ambon 1 pcs
Alpukat 1/2 pcs
Buah Naga 1/2 pcs
Aneka buah lainnya seperti mangga, pir, apel

Saus Dressing
1 sdm air perasan jeruk lemon (optional, saya tidak pakai)
5 sdm  mayonaise (sekitar 1 bungkus kemasan 100ml)
2 sdm yogurt plain (sekitar 100 gram)
2 -3 sdm SKM /Madu
Keju parut secukupnya

Cara membuat
  1. Cuci bersih buah-buahan dan kupas, lalu potong -potong sesuai selera simpan dalam wadah, Sisihkan.
  2. Dalam wadah lain ,campur mayonaise, SKM/Madu, yogurt  aduk rata. Cicipi rasanya sesuaikan asam dan manisnya sesuai selera. Beri Madu, atau SKM untuk menyesuaikan rasa manisnya. Tuang ke dalam wadah buah.
  3. Beri parutan keju diatasnya
  4. Masukan kulkas agar lebih enak saat disantap.
Note : Saya menggunakan sendok makan biasa, bukan sendok takar. Sesuaikan rasa dressing saus dengan selera. Jika yogurt terlalu asam bisa tambahkan madu atau SKM. SKM lebih enak, namun jika khawatir dengan berat timbangan, skip dan ganti madu.
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.