Roti Sobek Labu Cokelat (Pumpkin Chocolate Pillow Bun)

Saya suka roti yang  menggunakan tambahan kentang,sukun atau labu di adonan roti, hasilnya lebih lembut tanpa bread improver dan tidak mudah mengering jika disimpan dalam wadah. Antara kentang, sukun dan labu kuning saya lebih suka sukun dan labu. Cuma kendalanya pohon sukun setahun cuma 1 kali berbuah, begitupun labu jarang ada dipasar. Tidak seperti kentang yang setiap hari ada di pasar. Nah sekarang labu kuning ada banyak dijual di pasar. 1 labu gede sekitar 2kg dijual 10 ribu rupiah. Karena itu membuat roti dengan bahan labu lagi. Sebelumnya saya pernah buat donat pumpkin disini, atau chiffon pumpkin disini. Roti dengan tambahan pumpkin ini lembut sekali walau saya tidak menggunakan bread improver, enak, dan warna serat roti lebih kuning saja. Bau harumnya roti menyebar ke penjuru rumah. Dan lembutnya roti bertahan lama, tidak hanya saat baru keluar dari oven saja, tapi berhari hari. 3 hari kami baru bisa menghabiskan roti pumpkin ini.



Untuk isiannya bisa menggunakan vla instan, atau vla yang pernah saya posting untuk isian choux/sus durian cokelat saya disini. Anak saya thiya suka sekali cokelat, jadi kalau baking kudu pakai cokelat. Suami emang doyan ngemil karena nggak merokok, jadi sukanya ngemil roti atau keripik. Makanya baking hampir 3x seminggu. 

Labu kuning segar ditandai dengan kulitnya yang masih keras. Hal itu yang menyulitkanku saat mengupasnya. Karena itu,suka suruh suami untuk membelahnya, lalu dibersihkan biji dan serabutnya dan dipanggang tanpa perlu saya kupas. Hasilnya pure labu lebih enak, lembut dan tanpa keluhan pegal mengupas labu, tetapi mungkin tergantung jenis dan varietas labu juga ya. Labu sendiri ada 20 an spesies di dunia, serta ratusan varietas. Di pasar Lampung saya hanya bertemu jenis labu kuning seperti ini, dengan ukuran besar, kulit buah keras, bisa bertahan 2 bulan lebih di tempat kering. 

Labu kuning yang telah di panggang
Membuat roti ini super mudah, sama seperti membuat roti lainnya. Bentuk pillow ini di pilih juga karena hemat loyang. Kalau ukuran kecilkan perlu banyak loyang, tapi next time kalau buat ini size loyang saya kecilkan dan jumlah pillow saya kurangi. Saya menggunakan loyang 24 cm, bukan 20 -22 cm. Dengan size oven pas -pasan. Pinggir roti yang mengembang menyentuh dinding sisi kini  kanan oven dan depan belakang oven . Sehingga kempis, lengket di samping oven. Serta depan roti menyentuh dinding kaca oven. Saya saat memanggang khawatir rotinya keriput, alhamdulillah nggak, cuma beberapa sisi roti yang menempel dan kempis saja. Bagian tengah bagus. 


Kandungan gizi labu kuning sendiri sangat tinggi seperti kalium, antioksidan dan vitamin. Nutrisi dalam satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam antara lain 49 kalori; 1,76 gram protein; 0,17 gram lemak, 12 gram karbohidrat ; 2,7 gram serat dan 5,1 gram gula. Mempadupadankan labu kuning dan  roti selain meningkatkan kandungan gizinya juga sekaligun mengurangi konsumsi terigu. Yang semakin hari ada di setiap makanan kita orang Indonesia. Sekaligus ikut program pemerintah menggalakkan panganan lokal untuk di olah dengan berbagai macam olahan. Yuk mari membuat Roti Sobek Labu Cokelat

Roti Sobek Labu Cokelat
 (Pumpkin Chocolate Pillow Bun)

Bahan :
200 gram Labu kuning panggang (berat labu tanpa kulit setelah dipanggang)
400 gram tepung terigu protein tinggi
200 gram tepung terigu protein sedang /all purpose flour
20 gram susu bubuk
11 gram ragi instant
130 gram gula pasir
1/2 sdt vanilla
2 kuning telur
250 ml susu cair dingin -sesuaikan dengan keadaan labu (bisa lebih banyak atau lebih sedikit)*
70 gram butter /margarin
1/2 sdt garam

Bahan vla Cokelat
1 butir kuning telur (kocok lepas)
30 gram tepung maizena
100  gram dark cooking compound ,cincang kasar
25 gram gula halus (haluskan gula pasir menggunakan blender)
250 ml susu cair
1/2 sendok teh vanilla ekstrak
1 sdm  mentega/margarin
1/8 sdt garam jika menggunakan unsalted butter

Polesan
Carlo / 1 pcs Kuning telur + 1sdm susu cair

Cara membuat 
  • Vla 
  1. Dalam mangkuk kecil larutkan tepung maizena dengan sebagian susu cair sisihkan 
  2. Masukkan sisa  susu, gula halus ke panci, rebus sampai mendidih pinggiran panci menggunakan api kecil. Masukkan cincangan cokelat ,aduk hingga larut rata. Masukkan larutan tepung maizena aduk-aduk hingga meletup letup dan mengental, Matikan api
  3. Masukkan kocokan kuning telur. Aduk rata, nyalakan lagi api menggunakan api kecil. Masak kembali menggunakan api kecil sambil adonan di aduk-aduk agar tidak gosong hingga menjadi pasta yang kental.   
  4. Masukkan mentega /margarin  ,vanila dan garam, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur baik dengan adonan. Matikan api, aduk terus adonan perlahan hingga uap panasnya menghilang hal ini bertujuan agar vla tidak berkulit. Saat vla telah mendingin/hangat tutup permukaan panci dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas hingga dingin
Note :jika vla bergerindil, setelah dingin masukkan ke blender, lalu haluskan.
  • Roti
Masukkan Tepung, susu bubuk, ragi instant dan gula pasir aduk rata. Lalu masukkan labu kuning, kuning telur dan vanilla aduk rata. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan setengah kalis (tidak lembek dan tidak lengket)

Tambahkan Margarin/Butter  dan garam aduk rata , lalu uleni sampai kalis. Jika menggunakan Heavy Duty Mixer adonan akan cepat kalis, namun jika tidak memilikinya kita bisa memindahkan adonan ke atas meja lalu tabur sedikit terigu dan uleni adonan seperti kita mencuci baju. Memang proses menguleni adonan membuat tenaga terkuras, namun penggunaan labu kuning membuat proses menguleni tak terlalu sulit.

Jika adonan telah kalis ditandai dengan ambil sedikit adonan lalu lebarkan jika tidak putus artinya telah kalis masukkan ke dalam baskom/wadah sedang lalu tutup dengan serbet basah. Istirahatkan adonan 20 -30 menit. Tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab

Ambil adonan @50 gram tiap bulanan, susun berjajar. Lakukan sampai habis. Ingatkan urutannya karena kita akan memulai mengisi isian dengan adonan yang pertama di bulatkan

Ambil 1 adonan, gilas beri dengan isian vla cokelat, rapatkan, bentuk bulat dengna cara memutarnya di atas meja, letakkan di loyang. Lakukan sampai setiap sisi berisi 4x4 bulatan. Istirahatkan sampai mengembang 2x lipat sekitar 60 -90 menit. Jangan lupa tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Sisa vla masukkan ke plastik segitiga.

Panaskan oven 180 oC. Oven harus panas saat dimasukkan. Beri polesan roti, dan beri topping vla diatasnya. Panggang selama 15 -25 menit tergantung oven masing -masing. Ditandai atasnya kecokelatan dan dibawah nya juga sedikit cokelat. Sajikan

Note :
  • Sesuaikan takaran susu cair, saya amatiran buat roti jadi jangan dibully, emang kalau keseragaman bentuk nyerah saya. Jadi abaikan bentuknya ya hehehe.
  • Kelebihan sekitar 500 gram adonan saya buat pumpkin bun burger. Postingannya terpisah. 

Selamat mencoba  The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.