Roti Chocolate Meisis Kelapa

Chocolate Meisis adalah favorit thiya, dan kelapa favorit suami. Kebetulan ada sisa kelapa kering sisa membuat Roti Kelapa Keju kemarin, jadilah di buat lagi Roti dengan resep serupa hanya berbeda topping. Meisisnya menggunakan meisis khusus, jadi kalau di panggang tidak terlalu meleleh seperti meisis Ceres yang suka dipakai untuk selai roti. Kemarin tanya tanya di Tbk, ada kata CSnya dan dikirimlah dari Jakarta ke Lampung, dengan ongkir 42ribu /kg. Tobat. Mahalalh ongkir dari harga meisisnya. Tapi saya sekalian belanja peralatan baking yang lain jadi untuk hemat ongkir di carilah alamat alternatif yaitu Kantor Cabang suami di  port Panjang dan Sms sama pegawainya yang kebetulan rekan kerja saya dahulu. Alhamdulillah diijinkan asal jangan keseringan. Ok sipp bu tika. Makasi sebelumnya. 😍 hemat 120 ribu karena belanja saya 6kg hehehe. Toko bahan kue yang saya beli  menjamin kalau produknya halal semua jadi saya nggak was -was deh. Sekalian beli untuk persiapan lebaran. Alhamdulillah


Sama seperti resep roti sebelumnya, saya menggunakan resep roti dari buku kanaya press ini. Mau yang pakai wripping cream atau nggak dan mengandalkan kuning telur agar roti lembut dan empuk ada di buku ini. Semua kembali ke budget dan selera. Saya tidak menggunakan wripping cream, asal adonan roti kalis, insyaallah roti akan lembut walau tanpa bread improver. 

Membuat roti lembut tanpa bread improver,kuncinya di adonan roti yang elastis, yaitu saat adonan dilebarkan tidak mudah robek /putus. Bisa menggunakan metode water roux, atau pengadukan langsung seperti metode ini. Metode water Roux sesekali di coba kalau ada persiapan, kalau modelnya dadakan ya begini ini. Suami saya tipe tipe klasic yang lebih suka isian roti kacang, kelapa, cokelat atau keju dibandingkan isian smoked beef, abon atau roti kekinian lainnya. Tapi kalau istrinya ini baking dengan rasa "luar", tetap saja di makan, walau bukan favorit. Sederhana banget ya. Alhamdulillah.

Resepnya sama dengan resep roti sebelumnya, saya tuliskan lagi disini ya. Untuk isiannya gunakan kelapa parut yang kulit arinya di kupas, kalau di pasar bilang aja untuk baluran lupis, tukang parut kelapa pasti udah mengerti, jadi kalau dia bersihkan kelapa akan bersih sekali tanpa ada kulit ari yang menempel, sehingga isian kelapa lebih enak tanpa ada rasa pahit. Gunakan juga kelapa yang masih muda, bukan dogan ya. Agar rasa kelapanya lebih nendang. Dan saya sangrai agar lebih awet dan tidak membuat roti mudah berjamur. Walau di buku di tulis di kukus, beberapa kali buat saya kukus, rotinya lebih cepat basi. Karena adonan roti saya benar -benar tanpa pengawet atau pelembut, sehingga isi kelapa saya buat sekering mungkin namun warna nya tetap putih, jangan kebablasan nanti jadinya abon serundeng kelapa lagi, heheeh. Siapa tahu saya akan membuatnya kembali, ini jadi catatan saya dan siapapun yang mau membacanya. Berikut resepnya

Roti Chocolate Meisis Kelapa

Bahan :
Bahan adonan roti :
400 gram terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang
125 gram gula pasir
10 gram ragi bubuk
1.5 gram bread improver (saya skip)
15 gram susu bubuk
9 gram garam
200 ml air
3 butir kuning telur (resep asli 1.5 butir telur)
65 gram margarine

Bahan Isi:
250 gram kelapa parut
75 gram gula pasir
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk

Olesan
1 kuning telur + 1 sdm cucu cair

Cara membuat
  1. Aduk rata terigu, gula, ragi bubuk, bread improver (jika pakai), susu bubuk hingga tercampur rata
  2. Masukkan air dan telur hingga tercampur rata
  3. Tambahkan margarin, garam aduk hingga rata. Saya menggunakan mixer aduk dengan kecepatan sedang hingga kalis. Jika menggunakan tangan, pindahkan adonan ke atas meja dapur yang bersih lalu dengan kedua tangan uleni seperti kita mencuci baju manual dengan tangan.Tanda adonan kalis saat dibentangkan dan ditipiskan tidak putus.
  4. Diamkan adonan selama 15 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi adonan masing -masing sebesar 50 gram dan bulatkan.Tutup dengan plastik /serbet, diamkan kembali selama 10 menit
  5. Ambil  adonan , giling setebal 2mm beli isi rapatkan kembali dan bulatkan. Susun adonan di loyang, beri jarak agar tidak menenmpel satu sama lain.  Lakukan hal sama hingga adonan habis. Diamkan selama  60 -90 menit sampai mengembang.
  6. Oles dengan kuning telur , beri taburan meisis
  7. Panggang dalam oven suhu 180 oC . Harap kenali oven masing -masing. Panggang sekitar 10 -15 menit. Sampai matang, ditandai dengan bagian bawah coklat /menguning dan atas kecoklatan.

Note
Membuat adonan isi, sangrai kelapa parut sampai agar kering, tambahkan gula pasir dan vanili, aduk rata. dinginkan. Siap di gunakan

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.