Red Velvet Pukis Yogurt

Anak kesayangan minta dibuatkan kue pukis lagi. Padahal udah niat mau buat cemilan lain untuk di posting di blog. Namanya permintaan anak semata wayang, bunda nya baking lagi dengan memanfaatkan yogurt di kulkas yang bentar lagi expired. Jadilah Pukis Yogurt dengan perasa Red Velvet. Perasa ini sudah lama beli di tbk di Palembang, bersamaan dengan pasta taro, blackforest dan bahan lainnya. Jadi pukis ini nggak pakai buah bit alami untuk pewarnanya, murni mengandalkan pewarna dan perasa pabrikan yang food grade. 


Makanan kekinian kian marak dan menjamur di Tanah air. Mulai dari Martabak, cake ,hingga pukis ini. Dengan aneka topping dan rasa. Era sekarang food rasanya bisa tabrak sana tabrak sini. Tinggal kitanya aja mengikuti lidah kekinian atau tetap setia pada rasa original. Untuk saya dan suami bagi lidah kami pukis pandan yang pernah saya posting disini adalah pukis terbaik dan sesuai lidah kami. Karena menggunakan santan dan pandan yang lebih familiar di Lidah. Namun tidak bagi anak -anak generasi sekarang , termasuk anak saya dan teman -temannya. Red Velvet Pukis ini primadona dengan warna lebih menarik, rasa yang lebih creamy dan saat di sajikan habis dalam sekejap. 


Jika di rasa warna nya kurang ngejreng, tambahkan lagi beberapa tetes pewarna atau gunakan blenderan buah bit (kalau ada). Buah bit disini nggak  ada, dan terus terang saya masih parno menambahkan banyak pewarna walau food grade sekalipun sehingga warna pukis saya tidak terlalu ngejreng. Baiknya almond (jika pakai) di sangrai sebentar agar garing. Saya memasukkan pukis yang matang ke dalam oven dan dipanggang dengan api atas sehingga bagian atas pukis ikutan kering. Selebihnya rasa pukis ini enak,manisnya pas, ada sedikit rasa asam dari yogurtnya namun itu tidak terlalu kuat. Seperti kita minum minuman yogurt saja. Asem manis gitu dengan kulit yang lembut dan berongga. 

Saya membuat ini sudah sering. Jika stok heavy cream saya habis, terkadang saya skip dan ganti dengan susu evaporasi atau susu cair biasa. Memang rasa creamy /susu nya berkurang. Terkadang saya tidak ada stok yogurt plain tetapi susu fermentasi (yakult, cimory) ada banyak di sini dan saya pakai itu. Memang rasa sedikit berubah tapi pukis ini tetap jadi dan enak saja. Kendala tinggal bukan di perkotaan ya seperti itu. Kadang dalam baking kita harus pandai pandai mix and match sesuatu bahan baik dairy cream dll hehehe. Tapi jangan patah semangat untuk menyajikan cemilan sehat  untuk keluarga hanya karena satu bahan tidak ada. Oh ya Test rasa pukis dahulu, tuang sedikit adonan di cetakan. Jika manisnya pas sesuai lidah masing masing baru masak pukisnya, jika tidak tambahkan porsi gula halus dan cicipi dahulu. Karena yogurt plain tanpa penambahan gula sedikitpun. Sesuai kan dengan selera ya. Yuk buat sendiri pukis kekinian mu si Red Velvet Pukis Yogurt, ini benar -benar layak di coba. 

Red Velvet Pukis Yogurt

Bahan
250  gram tepung terigu protein tinggi
150 ml susu cair
65  gram margarin /mentega, lelehkan
40 gram cream kental
1 sdt ragi (pastikan fresh)
50 ml air hangat
100 gram yogurt plain (saya merk biokul)
130 gram gula pasir
3 butir telur
1/2 sdt garam (skip jika menggunakan mentega)

Almond Slice dll untuk taburan (sangrai sebentar)
(bisa menggunakan topping lainnya)

Cara membuat
  1. Masukkan 1/2 sdt gula dan 50 ml air hangat ke dalam gelas, tambahkan ragi. Sisihkan 10 menit, sampai keluar busa. Jika tidak ada busa /gelembung udara setelah diberi  tambahan waktu, Buang. Buat lagi dengan  ragi  baru. Kemungkinan ragi rusak.
  2. Lelehkan margarin. Jangan sampai margarin mendidih, sebagian saja yang mencair, matikan api. Sisihkan. Biarkan dingin
  3. Timbang dan Ayak terigu . Sisihkan.
  4. Masukkan telur, garam dan gula dalam wadah, kocok hingga tercampur rata dengan kecepatan rendah, naikkan kecepatan tinggi. Kocok hingga kental, mengembang dan putih. 
  5. Masukkan campuran yogurt berselang seling dengan terigu. Saya membaginya 3 bagian. Aduk rata
  6. Tambahkan margarin /mentega leleh. Aduk rata. 
  7. Beri beberapa tetes pewarna dan perasa red velvet. Aduk rata. Diamkan minimal 30 menit, jangan lupa ditutup dengan serbet.
  8. Sebelum dipanggang, panaskan cetakan dengan api besar. Saya memberi tatakan kompor sebelum cetakan pukis agar pukis bisa matang merata tanpa gosong.
  9. Tuang pukis di cetakan yang panas tandanya saat adonan di tuang ada bunyi berdesis. Kecilkan api kompor lalu panggang sebentar. Saat buih sedikit berkurang tutup pukis dengan tutupan panci agar atas pukis juga matang. Jika mau di beri topping bisa dilakukan sesat sebelum buih berkurang /hanya menyisakan sedikit adonan mentah di atasnya. 
  10. Cek kulit luar pukis, dengan menggunakan tusukan sate. Jika sudah kecokelatan dan matang.Cuil sedikit pukis. Ambil pukisnya. Bisa juga mengunakan penjepit.

Selamat mencoba The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.