Puding Roti Tawar Cokelat dengan Vla Alpukat

Punya sisa roti tawar yang lusa expired dan saya olah menjadi puding saja seperti biasa. Puding ini sangat lembut dan enak. Kebetulan pohon alpukat rekan kerja suami lagi berbuah lebat, sehingga saya minta suami membelinya saja. Pohon alpukat kami tidak berbuah banyak tahun ini, karena ranting dan dahan nya di tebang. Bulan  lalu hujan turun disertai angin kencang, beberapa dahan dan pohon tumbang tak kerkecuali dahan alpukat di belakang rumah saya. Jadi daripada dapur tetanga roboh dan merugikan orang lain, suami saya lantas memangkasnya hingga gundul. Alhasil tidak ada buah alpukat gratis tahun ini😭


Walau alpukat pak nendar ini tidak seperti alpukat mentega di pohon kami yang tanpa serabut di dalamnya. Alpukat pak nendar ini manis dan ada sedikit saja serabus saat alpukat dibelah. Rasanya sama enaknya dengan aplukat yang suka saya beli di pasar, bahkan lebih enak. Alpukat yang berbarengan di petik dipohon ini , jika tidak di peram dengan baik akan "menyusahkan" saya saat masaknya berbarengan. Sehingga sebagian saya peram di beras, sebagian saya masukkan di kulkas. Dan 3kg alpukat mentega akan matang selang seling , setiap hari kami akan makan aplukat. Jika matang nya berbarengan, olahan berupa sorbet alpukat akan jadi opsi pertama saya. Dan vla ini di buat dari sorbet alpukat yang saya diamkan pada suhu ruang serta saya beri tambahan air agar memudahkan saat di tuang.

Puding roti tawar ini hanya menggunakan 4 bahan yaitu agar-agar, susu cair, roti tawar tanpa kulit dan gula pasir. Rasanya enak sekali. Gunakan roti tawar berkualitas agar di dapatkan puding bercitarasa sedap, lembut, dan enak. Jika menggunakan roti tawar biasa rasanya tidak terlalu enak. Jenis roti tawar yang digunakan tanpa kulit dan lembut /double soft. Lalu beri saus dari alpukat yang diblender dengan susu cair, baik itu full cream, low fat ataupun enak juga jika menggunakan wripping cream.
Anak saya thiya suka sekali makan puding ini selain karena cokelat, puding ini juga lembut walau tidak selembut silky puding. Oleh karena itu kita bisa memasukkannya ke loyang dan di potong sesuai selera. Saya menggunakan susu cokelat, jika menggunakan susu plain tambahkan 2 sdm cokelat bubuk dan larutkan dalam air. Puding ini saya bilang menggunakan resep sederhana tapi rasanya enak sekali. Saya menggunakan 1L susu dan saya bagi 3/4 untuk puding, sisanya untuk fla. Jika anda ingin full susu tambah porsi susu dan kurangi air. Bagi yang ingin membuatnya berikut ini resepnya

Puding Roti Tawar  Cokelat dengan Vla Alpukat
Bahan Puding
1 bungkus agar agar plain (putih /cokelat)
150 gram gula pasir (kurangi /tambah bagi yang menginginkan rasa yang lebih/kurang manis)
Susu cair 800 - 900 ml (saya susu cokelat full cream)
4 - 5  lembar roti tawar tanpa kulit
Air matang secukupnya

Vla Alpukat
1 buah alpukat @350 gram
250 ml susu cair
3 - 4 sdm gula pasir
sejumput garam (1/8 sdt_optional)
Cara membuat 
  1. Masukkan 1 bungkus agar -agar, roti tawar tanpa kulit yang di sobek sobek ke dalam gelas blender juice, tambahkan gula pasir, susu cair. Lalu Blender hingga roti dll tercampur baik dan halus. Lalu tambahkan air /susu dan takar sampai volumenya 1100 ml. Koreksi manis /tidaknya. Jika kurang manis, silahkan tambah porsi gula sesuai selera.
  2. Pindahkan ke dalam panci, Didihkan hingga puding meletup letup. Tuang ke dalam wadah yang di basahi air matang. 
  3. Diamkan hingga mengeras. 

Vla Alpukat
  1. Blender daging alpukat, susu, garam  dan gula hingga halus. Tuang ke dalam piring saji bersama puding

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.