Pempek Crispy Tenggiri - (Pempek Crispy di Luar - Kenyal di dalam)

Sebulan yang lalu saya pulang ke Palembang, dan membawa 2 kg daging giling tenggiri. Walau Lampung kaya akan Laut, beberapa kali memesan ikan tenggiri di penjual ikan selalu diberi alasan, Ikannya sudah dibawa ke Palembang bu. Jadi apa boleh buat. Si tenggiri yang dibawa dari Lampung terus dibawa ke Palembang, saya bawa balik lagi ke Lampung. Suami yang melihat tingkah saya cuma bisa tertawa. Tapi begitu mencicipi pempek crispy. Paling Lahap makannya. Ini loh ayah alasan bunda bela-belain bawa daging ikan. Lihat ayah makan Lahap. Alhamdulillah

Pempek Cripsy dengan daging tenggiri akan berwarna putih kekuning-kuningan jika direbus, lalu jika digoreng akan kekuningan khas gorengan. Pempek crispy saya tidak setipis pangsit goreng walau ada beberapa juga penjual di Palembang yang membuat pempeknya seperti itu. Saya tidak telalu suka, seperti makan kerupuk/ pangsit saja. Saya suka yang sedikit tebal dan kriuk diluar. Nyam..nyam..nyam. 



Membuat pempek crispy ini sama dengan pempek crispy kulit yang pernah saya posting disini, hanya saja pemakaian kulit ikan diganti daging ikan. Bisa menggunakan daging ikan apa saja, bahkan ikan sarden pun bisa, saya pernah membuatnya, klik disini  pempek crispy ekonomis. Gunakan perpaduan air dan telur untuk membuat pempeknya kenyal, lembut dan garing. Dulu saya membuatnya tanpa air dan menggunakan 6 telur untuk 1 kg ikan, memang enak sih,tapi ingat  kolesterol dan membuat minyak berbuih -buih saat digoreng. Menurut saya, penggunaan air dan telur diresep ini sudah pas. Jadi saya tidak mengotak atik resep ini lagi. 
Jika ingin adonan luar lebih krispi, setelah adonan setengah matang, celupkan adonan ke kocokan telur dan balur sekali lagi dengan tepung bumbu. Saya tidak melakukannya. Menurut saya 1kali celup ke adonan berbumbu telah cukup. Saat dicelupkan, cubit-cubit sedikit hingga kelihatan kriuknya, seperti ayam goreng francise itu. Cocol dengan kuah cuka, sedapnya. Pempek ini enak, tidak alot, dengan bumbu yang banyak jadi pembenci ikanpun biasanya tetap suka. Yuk buat sendiri pempek crispy tenggiri ini dijamin pempeknya crispy diluar, kenyal di dalam. Kenyal ya bukan alot. 
 Pempek Crispy Tenggiri
Bahan
500 gram daging giling ikan tenggiri /ikan gabus
1 sdt merica
35 gram garam /sekitar 2 sdm garam
100 ml air es
2 butir telur
15 butir bawang merah iris halus (bisa diganti dengan 1 butir bawang bombay)
10 butir bawang butir iris halus
1 buah daun bawang iris halus
300 gram sagu
Penyedap rasa bila suka (optional, saya tidak pakai)

Bahan krispinya
Tepung bumbu secukupnya (sekitar 100 gram)
Jika ingin gluten free bisa campur sagu/tapioka :maizena (3:1) lalu beri merica, bawang putih bubuk dan garam. Cicipi dan koreksi asinnya sesuai keinginan

Kuah cuka
34 pcs cabai rawit (setengah biarkan dengan tangkainya, tambah jika mau lebih pedas)
10 butir bawang putih
2 buah jeruk kunci
1 sdm garam
400 - 600 ml air
1kg gula aren /gula batok

Cara membuat pempek
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum sisihkan hingga dingin. Jangan sampai kecokelatan, sebentar aja agar bawang harum dan layu. 
  2. Masukkan Ikan giling ke baskom tambahkan ,air es dan garam aduk rata hingga menjadi pasta yang kental
  3. Tambahkan telur, irisan daun bawang, ketumbar ,merica aduk rata
  4. Tambahkan sagu bertahap. Aduk rata. Adonan lembek, tidak cair tapi tidak keras. Sisihkan
  5. Siapkan tepung bumbu, Lumuri tangan dengan tepung berbumbu, ambil satu sendok adonan, pipihkan di tangan yang terbalur tepung bumbu dan celupkan ke piring yang memiliki adonan berbumbu.
  6. Siapkan minyak tak usah terlalu banyak. Goreng pempek di wajan hingga terbentuk kulit saja. Adonan tidak matang seluruhnya. Goreng sebentar saja dan sambil memipihkan adonan yang lain. Besar kecilnya api disesuaikan dengan kecepatan tangan memipihkan pempek.Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan

  7. Pempek setengah matang ini, bisa di simpan untuk stok di freezer atau jika ingin menikmatinya kembali maka potong - potong pempek 3 -4 irisan /pempek dan  goreng kembali dengan minyak panas yang banyak hingga berkulit dan sedikit mengembang.
  8. Sajikan dengan cuka hitam

Cara membuat cuka
  1. Blender cabe rawit hijau dengan bawang putih dengan air
  2. Rebus cabe, gula batok yang dicacah kecil , air hingga gula larut. Kekentalan cuka tergantung keinginan. Tambahkan gula batok jika ingin kental atau kurangi airnya. 
  3. Tambahkan perasan air jeruk nipis/kunci
  4. Dinginkan.

Noted :
Lakukan fermentasi semalaman agar cuka lebih sedap dan pedasnya menyatu. Lama kelamaan cuka akan berkurang pedasnya. Ampas cuka bisa disaring untuk isian pempek panggang atau dibuang jika khawatir kualitas gula kotor. Pastikan gula aren kualitas terbaik sehingga ampas cuka tetap bisa kita manfaatkan.

Semoga bermanfaat
The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.