Minuman Yogurt Jambu Biji

Minuman susu yang berasal dari fermentasi bakteri  atau dikenal Yogurt memang disukai banyak orang. Rasanya yang  asam dengan aroma buah bahkan cokelat menjadikan yogurt sebagai minuman yang baik akan pencernaan ,tidak hanya anak kecil tapi juga orang dewasa. Saya tahu ada banyak minuman yogurt rasa buah, aneka merk di luar sana, namun tak ada salah nya mencoba membuatnya sendiri di rumah. Apalagi jika memiliki yogurt plain di dalam kulkas bukan. Memadukan Yogurt plain dengan buah favoritmu akan menambah kenikmatan menyantap buah tersebut dengan cara yang sehat tentu saja. 


Yogurt bisa dikonsumsi oleh orang yang alergi susu, karena kandungan atau struktur laktosa pada susu telah di rusak oleh Bakteri. Namun meminumkan susu asam /yogurt ke anak anak tetap perlu di perhatikan, apakah menimbulkan reaksi seperti diare /konstipasi dll. Karena pencernaan anak kecil masih rentan terhadap sesuatu yang terlalu asam. Setidaknya itu yang di alami Putri. Anak Tetangga saya, jika thiya mengkonsumsi susu yogurt tidak berdampak apa apa, malah pencernaannya lancar, Putri malah diare. Selalu awasi dan catat daftar makanan /minuman alergen (menimbulkan alergi) pada anak -anak baik itu sembelit, diare, gatal -gatal dll, sehingga kita mudah menelurusi pencetusnya jika anak mengalami masalah kesehatan. 


Pada kebanyakan negera, produk yang tidak mempunyai bakteri hidup disebut yogurt dan jika bakterinya pda produk akhir mati /dipasterisasi disebut susu yogurt (minuman). Minuman yogurt ini biasanya disimpan tanpa lemari es pun tidak apa -apa. Saya mempunyai yogurt dengan bakteri hidupnya masih ada dan tanpa rasa (yogurt plain) dibelikan oleh suami dan masa expirednya mendekati akhirnya 2 minggu lagi. Yogurt plain ini bisa dijadikan penambah rasa pada salad buah, minuman, bahkan cake. Nah kali ini saya menjadikannya minuman karena jambu biji di belakang rumah saya sedang berbuah. Maka tak ada salahnya bukan membuat minuman yogurt jambu biji. 3 bahan nya telah siap yaitu madu ,yogurt , dan jambu. Rasaya nikmat sekali dengan aroma dan rasa jambu biji yang kuat, asam dari yogurt dan penyeimbang rasa manis  dari madu. 

Saya menggunakan jambu biji dengan bagian tengah berwarna merah, anak saya suka sekali makan daging buah jambu biji ini, tetapi tidak bagian dalamnya. Karena sayang akan kandungan gizinya, bagian merahnya saya koleksi di kulkas. Karena itu warna di foto sedikit pink. Agar anak saya bisa meminum minuman ini, smothies ini saya saring terlebih dahulu.Rasanya enak sekali, segar dan lezat. 250 ml habis dalam sekejap. Yuk cobain 

Minuman Yogurt Jambu Biji 

Bahan
2 buah jambu biji matang cuci bersih
4 buah bagian jambu biji berwarna merah (skip jika tidak ada)
2 sdm yogurt plain (sekitar 100 gram)
250 ml air matang
3 - 4 sdm madu (tambahkan jika kurang manis), bisa ganti dengan gula pasir

Cara membuatnya
Blender semua hingga halus. Saring dan dinginkan. Sesuaikan manis dan asamnya sesuai selera. Nikmati dalam keadaan dingin

The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.