Mari Membuat Kering Ubi Jalar Pedas mu sendiri ( Crispy Sweet Potato Spicy)

Terinspirasi dari Kering kentang Pedas yang suka di jual di mall dalam kemasan toples atau kemasan plastik jika di pasar, Ibu saya suka membuat kering ubi jalar pedas ini atau crispy sweet potato spicy sendiri. Harga kentang yang relatif mahal, nggak sanggup di beli ibu, jadinya untuk tambahan pelangkap makan pagi di buatlah kering ubi jalar pedas ini. Menemani makan pagi kami, dengan sepiring nasi hangat dan sesendok kering ubi pedas ini cukup mengganjal perut di pagi hari. 



Untuk membuat Kering Ubi pedas ini, bisa menggunakan ubi ungu atau kuning. Sama seperti ketika membuat kering kentang , atau enting enting pedas yang pernah saya posting disini. Kunci agar ubi tetap renyah adalah mencuci bersih parutan ubi hingga patinya hilang atau air bilasan jernih. Agar lebih renyah bisa tambahkan air kapur. Nyai (nenek) saya suka nginang (nyirih) jadi dulu ada banyak stok air kapur sirih. Ibu suka ambil sekitar 1 sdm untuk merendam 1kg ubi. Tapi saya pernah buat tanpa air kapur sirihpun bisa tetap renyah asal ubi di cuci sampai air rendaman ubi berwarna jernih. Tanpa tips tersebut setelah ubi kering dimasukkan ke bumbu, biasanya akan melempem dan tidak renyah. 


 Kering ubi jalar pedas yang suka dibuat ibu minim gula yang menggumpal, jadi seperti ubi halus kering yang terbalut sambal pedas. Orang Indonesia sukanya pedas kan. Walau seiring bertambahnya usia level pedas akan berkurang, namun tidak mertua saya. Angkat tangan saya. Level pedasnya juara. Jadi sesuaikan porsi cabai lombok di resep ini. Kebanyakan gula akan membuat kering kentang /ubi jalar ini menempel satu sama lain (menggumpal). Bingung menbedakan jenis cabai bisa baca postingan Mengenal Cabai, Bawang ,Merica dan ketumbar disini dan Aneka Rempah disini 

Ubi jalar sama seperti kentang yang gampang sekali teroksidasi dan berubah warna menjadi kehitam -hitaman. Walau rasa tidak berubah, penampilannya tidaklah menggugah selera. Untuk itu sebelum di goreng pastikan ubi parut terendam air. Sesaat sebelum di goreng. Angkat dahulu dengan peniris /saringan kelapa sedikit di hentak -hentakan /di goyang goyang agar air menetes semua baru di masukkan ke penggorengan. Jika tangan lengket karena getah Ubi, cuci bersih tangan dengan minyak goreng lalu digosok gosok , baru menggunakan sabun agar minyak terangkat sempurna.

Selebihnya tergantung kesabaran, karena pekerjaan terlama menurut saya adalah memotong -motong seukuran korek api. Ntah kenapa ibu dulu telaten sekali melakukannya. Saya nggak ada blas. Konsistensi membuat sesuatu apalagi berukuran kecil bukan DNA saya. Jika ada Food Processor akan sangat membantu sekali. Berhubung saya tidak ada FP, saya lebih memilih memarutnya dibandingkan dengan memotong- motong seukuran korek api secara manual. Keseragaman dalam jumlah banyak adalah imposible saya lakukan. Jadi daripada berujung frustasi, dan mood saya hilang lebih baik sesuaikan dengan situasi dan alat tempur saja heheh. Yuk mari membuat Kering Ubi Jalar pedasmu sendiri

Kering Ubi Jalar Pedas (Crispy Sweet Potato Spicy)

Bahan: 
1 kg ubi jalar
1/2 sendok teh bubuk kapur sirih
1 sdm air jeruk nipis (optional, untuk penambah aroma)
Minyak untuk menggoreng 
5 lembar daun jeruk purut/kunci/nipis (buang tulang daunnya,sobek -sobek)
1 sdm gula Jawa, sisir halus
2 sdm  gula pasir

Bumbu dihaluskan:
6 pcs bawang merah
4 pcs bawang putih
15 cabai merah keriting
6 butir cabai rawit merah (tambahkan jika ingin  rasa yang lebih pedas)
4 butir kemiri, sangrai

Cara membuat
  1. Kupas dan bersihkan ubi jalar, biarkan ubi terendam air, untuk mencegahnya teroksidasi dan menyebabkan ubi  kehitaman. Jika menggunakan FP , chopper ubi kasar, saya menggunakan parutan biasa. 
  2. Cuci bersih ubi hingga air cucian jernih, jika air cucian keruh dan masih berwarna putih, cuci kembali ubi parut hingga air cucian jernih. Ubi parut yang masih memiliki pati (yang ditandai dengan air cucian masih putih /keruh) akan menyebabkan produk akhir ubi tidak kering ataupun garing. 
  3. Beri taburan kapur bubuk dan rendam sekitar10 menit. Cuci bersih tiriskan. 
  4. Panaskan minyak agak banyak, goreng ubi hingga kuning kecokelatan, ditandai dengan berkurangnya buih pada minyak. Pada saat dimasukkan, akan ada banyak buih, jangan isi kuali dengan banyak ubi, jangan aduk ubi karena mudah hancur, nanti jika telah menyatu dan sedikit kering, baru aduk hingga matang merata. Angkat dan tiriskan, lakukan hingga ubi  parut sudah di goreng semuanya
  5. Siapkan bumbu halus, saya memasukkannya ke gelas blender dry mill. Tambahkan sedikit air. Haluskan bumbu
  6. Panaskan sekitar 3 - 4 sendok makan minyak ,  Tumis bumbu hingga harum dan matang dan air menguap. Jika minyak kurang bisa ditambahkan sedikit demi sedikit. Bumbu harus kering dan matang, minyak jangan berlebihan nanti terlalu berminyak. Tambahkan perasan air jeruk nipis, daun jeruk nipis,gula jawa/ aren, gula pasir dan garam.  Aduk aduk hingga mengental. Koreksi rasa. 
  7. Masukkan kering ubi, aduk rata hingga semua bagian terbalut rata. Matikan. Dinginkan. Simpan di wadah kedap udara.
Note :
Jika minyak berlebih, diamkan dahulu di dasar wajan, saat disendokkan ke wadah, buang kelebihan minyak. Terlalu banyak minyak akan menyebabkan kering ubi tidak tahan lama renyahnya.


Selamat mencoba  The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.