Kekian Ayam (Chicken Shrimp Roll)

Kekian Ayam hampir sama seperti Ekado, Kani Roll yang pernah saya posting, Hanya saja ukurannya lebih besar dengan penyajian di balut dengan tepung roti. Dan di potong -potong. Setiap negara punya masakan yang hampir sama karena perpaduan kebudayaan. Chicken Shrimp Roll ini saya tahunya dari keturunan Tionghua di Palembang, ternyata Japan food pun ada yang serupa. Jika ke Hokben atau resto cepat saji ala jepang kita akan menemukan menu seperti  egg roll karena di bungkus telur dadar tipis, mirip dengan kekian ini yang dibungkus kulit kembang tahu. Penyajiannya pun sama bisa dengan atau tanpa tepung roti. Rasanya enak. 

Jika kita mencicipi kekian ayam ini di negara asalnya ,tekstur daging giling tidak kenyal. Hal  itu dikarenakan mereka memasaknya tanpa penambahan tepung tapioka /sagu /maizena. Karakter lidah saya, lidah Indonesia suka yang kenyal sehingga dalam penyajian nya kita suka menambahkan sagu. Mirip dengan siomay, cireng atau pempek kan yang kenyal. Kekian sendiri bisa menggunakan daging ayam, udang, rajuan, pork hingga hanya tepung saja (kekian jawa). Di Palembang sendiri terkadang tidak dibungkus kulit kembang tahu melainkan langsung dibungkus daun pisang sepeti lontong baru kemudian dibalut tepung ,telur dan tepung roti. Kali ini saya membuatnya dengan dibalut kulit kembang tahu dahulu. Walau sesekali saya akan membuatnya tanpa kulit kembang tahu.

Aslinya kekian menggunakan daging babi dan angciu. Karena saya muslim, saya memasaknya dengan daging ayam, tanpa angciu. Dan seasoningnya pun mengikuti lidah saya. Kekian ini merupakan frozen food yang suka saya buat untuk di stok di freezer saya, bisa tahan sampai 3 bulan. Jadi jika akan menyimpannya untuk lauk sahur karena sebentar lagi ramadhan tentu bisa sekali. Saya dahulu selalu membuat dalam jumlah banyak. Saya stok di kulkas dan jika akan di masak, malamnya saya pindahkan ke Chiller. Praktisnya.😁. 

Seperti pesan saya di Postingan Ekkado, kulit kembang tahu yang digunakan adalah yang tipis dan dijual dalam keadaan terlipat. Dahulu saya belinya karena melihat logo halal yang tertera. Kulit kembang tahu tersebut terbalut garam halus. Tepuk -tepuk dahulu sebelum digunakan atau bila perlu lap dengan lap basah. Walau saran yang kedua saya tidak lakukan. Kekian ini bisa dibuat free gluten dengan cara jangan membalur kekian dengan tepung roti dan tepung terigu. Gunakan tepung campuran maizena dan sagu saja, lalu beri bumbu merica dan bawang putih halus. Jadi jika ada anak -anak yang diet gluten tetap bisa mencicipi kekian ini. Homemade bisa dipadupadankan apapun insyaallah.  Yuk mari buat Kekian Ayam (Chicken Shrimp Roll) mu sendiri

Kekian Ayam (Chicken Shrimp Roll)

Bahan
150 gram udang kupas
250 gram fillet dada ayam
1/2 batang wortel serut kasar
1 batang daun bawang cincang halus
1 sdm seafood sauce /ganti kecap asin
1 sdt minyak wijen
2 sendok makan tepung sagu / tapioka
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking soda
1 butir putih telur
kulit kembang tahu untuk membungkus (gunakan yang tipis, potong ukuran  20 x 30 cm)sebanyak 4 lembar
daun pisang / tali kasur untuk mengikat (saya menggunakan daun pisang)

1/2 sdt bumbu ngohiong (optional_saya kadang pakai kadang nggak)

Bumbu Halus :
4 pcs bawang putih
3 pcsbawang merah
1 sdt  merica bubuk

Bumbu Lainnya
2 butir telur kocok untuk menggoreng kekian
Tepung roti secukupnya
Tepung terigu /Tepung berbumbu secukupnya

Cara Membuat
  1. Siapkan kulit kembang tahu, gunakan jenis kulit yang tidak perlu direndam. Bentuknya lebar, tipis, lemas dan mudah dilipat tanpa sobek. Potong persegi panjang  sekitar 20 x 30 cm. Tepuk tepuk untuk membuang kelebihan garamnya ,sisihkan
  2. Siapkan fillet dada ayam dan udang kupas, masukkan ke chopper dan proses hingga halus. Bisa juga menggunakan daging ayam cincang, atau cincang ayam dan udang di talenan hingga hancur.Tuangkan ayam udang cincang ke mangkuk.
  3. Masukkan semua bumbu, aduk rata. Tambahkan wortel serut dan daun bawang, aduk hingga rata. Cicipi rasanya dengan menggoreng secuil adonan, sesuaikan gula dan garamnya.
  4. Siapkan dandang / kukusan, jangan isi air terlalu banyak agar ketika mendidih air tidak meluap dan merendam kekian. Panaskan dandang, kukus sebentar daun pisang hingga tidak getas. Sisihkan
  5. Ambil 1 lembar kulit kembang tahu, letakkan sekitar 2 sendok sayur adonan, Padatkan, bentuk lonjong. Gulung kulit lembang tahu. Ikat ujung -ujung nya dengan tali kasur /daun pisang. Sisihkan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6.  Alasi permukaan dandang kukusan dengan sehelai daun pisang / kertas baking agar kekian ayam tidak lengket.
  7. Kukus dengan api sedang selama 20 menit. Angkat dan keluarkan kekian. Dinginkan
  8. Siapkan wajan isi minyak agak banyak. Panaskan minyak. Lepaskan ikatan kekian, celupkan kekian ke telur kocok, ketukkan untuk membuang kelebihan telur. Masukkan ke tepung terigu, celup ke adonan telur, ketukkan untuk membuang kelebihan telur dan masukkan ke tepung roti. Jika ingin tebal lakukan sebanyak 2x atau lebih (saya 2x saja). Goreng  hingga keemasan, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan  saus sambal favoritmu
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.