Kani Roll ala Hokben

Bersama dengan Ekkado, Kani Roll adalah menu selanjutnya yang ada di Hokben, Rasanya sama dengan ekkado tapi tidak menggunakan telur puyuh dan dibuat lonjong menyerupai pepes /risoles. Maka secara basic bahan pembuatannya sama dengan ekado yang pernah saya posting sebelumnya disini. Kebetulan ada sisa kulit kembang tahu maka sayapun membuat kani roll. 


Kali ini saya menggunakan perbandingan daging udang yang lebih banyak dari resep sebelumnya, nyatanya memang lebih enak. Tapi saya nggak berani makan banyak -banyak, khawatir kolesterol kambuh, sekedar mencicipi beberapa saja. Kani Roll ini saya buat lebih kecil dari di hokben. Seharusnya 2 sdm makan ya dalam adonan agar lebih kembung kulitnya, next time saya akan perbaiki lagi.

Mengutip dari laman hokben, kani roll sendiri berasal dari olahan daging rajungan. Jika ada daging kepiting /rajungan bolehlah di pakai untuk membuat kani roll hokben ini, karena saya tidak ada, maka daging udang dan ayam adalah penggantinya. Gunakan perbandingan 1 :1, atau 2 :1 untuk rasa yang lebih nendang. Tapi kalau sudah khawatir kolesterol dan asam urat, kurangi saja dan ganti daging ayam atau ikan.

Bagi Ibu ibu yang ingin membuat bekal untuk anak, suami ataupun diri sendiri. Kani roll ini bisa masuk dalam list. Rasanya yang gurih, kaya akan protein, dan gizi lainnya bisa dijadikan lauk makan ataupun cemilan bagi keluarga. Membuatnya juga gampang dan bisa di jadikan frozen food. Resep ini bisa untuk sekitar 30 kani roll. Saya hanya membuat 1/2 resep saja dan cukup untuk keluarga kecil saya. Yuk ahh daripada makan ke restoran cepat saji terus yang menguras kantong buat sendiri yuk  kani roll mu. 

Kani Roll ala Hokben

Bahan
250 gram udang kupas
150 gram fillet dada ayam
1/2 batang wortel serut kasar
1 batang daun bawang cincang halus
1 sdm seafood sauce /ganti kecap asin
1 sdt minyak wijen
1 sendok makan tepung sagu / tapioka
1/2 sdt garam
1 butir putih telur
kulit kembang tahu untuk membungkus (gunakan yang tipis, potong persegi minimal 10 x 10 cm)
2 butir telur kocok untuk menggoreng kani roll
1/2  sdt bumbu ngohiong

Bumbu Halus :
4 pcs bawang putih
3 pcsbawang merah
1 sdt  merica bubuk

Cara Membuat
  1. Siapkan kulit kembang tahu, gunakan jenis kulit yang tidak perlu direndam. Bentuknya lebar, tipis, lemas dan mudah dilipat tanpa sobek. Potong persegi minimal sekitar 10 x 10 cm. Tepuk tepuk untuk membuang kelebihan garamnya ,sisihkan
  2. Siapkan fillet dada ayam dan udang kupas, masukkan ke chopper dan proses hingga halus. Bisa juga menggunakan daging ayam cincang, atau cincang ayam dan udang di talenan hingga hancur. Tuangkan ayam udang cincang ke mangkuk.
  3. Masukkan semua bumbu, aduk rata. Tambahkan wortel serut dan daun bawang, aduk hingga rata. Cicipi rasanya dengan menggoreng secuil adonan, sesuaikan gula dan garamnya.
  4. Siapkan dandang / kukusan, jangan isi air terlalu banyak agar ketika mendidih air tidak meluap dan merendam kani roll. Panaskan dandang dan  alasi permukaan dandang kukusan dengan sehelai daun pisang / kertas baking agar kai roll tidak lengket. Sisihkan
  5. Ambil 1 lembar kulit kembang tahu, letakkan 2 sendok makan adonan 2 cm di pinggir kulit. Beri olesan kocokan telur di pinggir kulit tahu, gulung memanjang. Rapatkan gulungan, dan lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Kukus dengan api sedang selama 20 menit. Angkat dan keluarkan kani roll
  7. Siapkan wajan isi minyak agak banyak. Panaskan minyak. Celupkan kani roll ke telur kocok, ketukkan untuk membuang kelebihan telur. Goreng  hingga keemasan, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan salad dan saus sambal.

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.