Jantung Pisang Serundeng Kelapa (Banana Blossom With Dry Coconut Flakes)

Saya suka sekali mengkonsumsi jantung pisang, selain baik untuk memperlancar Asi, memperlancar peredaran darah saat menstruasi juga untuk sebagai antioksidan yang baik bagi jantung. Manfaat Jantung Pisang tidak hnaya untuk wanita tapi juga pria, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Terkadang Jantung pisang saya tumis saja seperti di sini Tumis Jantung Pisang, tetapi terkadang saya menambahkan kelapa parut kering seperti sekarang. Sekilas sepeti urap ya, tapi bukan. Saya menggunakan kelapa parut  yang saya sangrai sebentar, sama seperti resep daun pakis dahulu yaitu Pakis Serundeng Kelapa link nya disini.


Tidak semua Jantung Pisang bisa diolah menjadi sayuran. Jantung pisang Kepok adalah yang terbaik, namun jantung pisang yang saya foto ini bukan pisang kepok, melainkan sejenis pisang janten yang berukuran lebih besar. Jantung pisang ini jika diiris akan cepat sekali kehitaman, oleh karena itu rebus sebentar di air mendidih sebelum di olah. Tidak seperti jantung pisang kepok yang ada warna putih saat diolah, jantung pisang sejenis janten ini tidak tapi rasanya sama enaknya dengan kepok. Jangan pernah mengolah jantung pisang Ambon untuk disayur karena rasanya akan sepat dan pahit sekali. Kata papa hanya jantung pisang yang berasal dari pisang yang umumnya diolah sebagai kolak, atau goreng atau bakar yang bisa dijadikan sayur. Untuk pisang yang rasanya manis seperti ambon tidak cocok dijadikan sayur. 

Untuk 1 buah pisang kepok, saya menggunakan sekitar 1/2 kelapa parut atau 200 gram kelapa kering. Lebih enak jika menggunakan Sambal lengkung yang merupakan kelapa kering berbumbu, linknya disini tetapi stok lagi kosong, sehingga saya menggunakan kelapa parut biasa. Baiklah ini dia resepnya ya

Jantung Pisang Serundeng Kelapa
 (Banana Blossom  With Dry Coconut Flakes)

Bahan :
1 buah jantung pisang kepok /janten / jantung pisang yang bukan dari jenis pisang buah
250 gram kelapa parut sangrai hingga kering kurang lebih 200 gram kelapa kering
1/2 sdt garam
1 batang serai geprek
1 daun salam
1/2 sdt terasi (skip jika tidak suka)
Bumbu Halus*6 pcs cabe merah keriting
2 pcs cabe rawit merah (Tambah jika mau lebih pedas)
1/2 sdt gula (saya tidak pakai)
7 pcs bawang merah (2 pcs saya iris tipis, abaikan jika ada bawang goreng untuk taburan)
4 siung bawang putih
       
Cara membuat

  1. Kupas helai demi helai jantung pisang, hingga tersisa yang berwarna putih saja. Hati - hati mengolah jantung pisang, getah  di daun pisang dan jantung pisang tidak mudah di hilangkan walau dengan pembersih noda merk apapun. Pegang gagang yang terbentuk lalu iris iris. Sisihkan
  2. Didihkan air,  masukan batang serai dan daun salam. Masukkan irisan jantung pisang lalu rebus sebentar sekitar  2 menit di air mendidih, Angkat dan tiriskan.
  3.  Blender bumbu halus  dengan sedikit air , tumis Bumbu iris, masukkan bumbu halus hingga harum. 
  4. Masukkan jantung pisang, aduk rata dan tambahkan kelapa parut kering, masak hingga tumisan mengering, tambahkan garam dan gula aduk rata dan koreksi rasanya.
  5. Sajikan

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.