Ikan Bakar Spicy dan Sambal Ala Mama

Bulan ini makanan kami penuh dengan kolesterol, pundak dan tekuk sudah mulai pegal pegal dan sering kesemutan. Daripada dalam 2 - 3 hari jari tangan kesulitan di tekuk dan memicu penyakit lainnya, gorengan dan memasak dengan menggunakan minyak dan margarin saya stop. Karena menu harian tetap harus berjalan, sedangkan tukang masak sudah mulai sakit maka follower di rumah terpaksa mengikuti. Kalau thiya aman lah, emang ibunya ini yang suka makan gorengan, minyak dan lain lain. Thiya paling suka cake maka untuknya telah saya stok roti ,biskuit kesukaannya. Suami? Alhamdulillah ikut saya yang dimasak istrinya.

Jadilah ikan Bakar Spicy ini jadi pilihan, ada 2 potong fillet ikan yang ada di kulkas sekitar @ 200 gram per potong, memang kebiasaan saya suka stok ikan, ayam dan sumber protein lainnya per porsi makan siang kami. Jadi kalau mau masak, tinggal di thrawing dan di olah dengan bumbu favorit. Siang ini makan nya ikan bakar, daging ikan dari ikan baracuda yang sebulan lalu saya beli di pasar. 


Sebelumnya saya pernah posting ayam bakar wong solo yang bercitarasa manis, kali ini ingin yang pedas dan saya aplikasikan pada Ikan Bakar. Jika mau menggunakan ayam boleh sekali. Dulu saat masih kerja, Teman kerja saya pak Karno suka sekali membuat ikan panggang ini, bumbu halusnya di tambahkan margarin agar lebih nendang rasanya. Dulu di mess G4 di tempat tinggal saya dahulu, kami akan kumpul di sepanjang korider mess untuk menikmati makan malam  dengan menu ikan panggang (Patin dan Gurame), Pak Karno bagian mempersiapkan ikan, saya dan teman cewek lainnya bagian merajang bumbunya. Kegiatan sebulan sekali itu nampaknya salah satu cara untuk mengakrabkan penghuni kamar yang berjumlah sekitar 40 orang lebih agar bersosialisasi. Karena fullnya kerjaan di Pabrik, begitu sampai kamar yang dilakukan adalah tidur (saya terutama). 

Masa condisioning itu telah berlalu, dan sayapun telah resign dari tempat itu, namun menu dan ilmu memanggang ikannya menjadi terpatri di sanubari. Terima kasih ya pak, berkat bapak saya jadi bisa menyiangi ikan 😀. Nah bumbu ikan ini seasoningnya saya tambah agar lebih nampol. Ikan bakar Spicy ini bercitara pedas dengan bumbu sambal kecap. Jika makan di restoran disajikan dengan sedikit berminyak, saya tidak menggunakan minyak agar lebih sehat. Bungkus dengan daun pisang agar ikan tak terlalu kering dan matang sempurna.Sambal kecap ini terinspirasi ala mama mertua saya yang suka sekali menyajikan sambal dadakan ini untuk kami santap menemani lauk makan kami. Yuk cobain 

Ikan Bakar Spicy dan Sambal Ala Mama

Bahan:
400 gram ikan fillet (bisa menggunakan ikan utuh yang dibelah dua melintang tanpa putus)
1 butir jeruk nipis peras airnya

Bumbu dihaluskan:
- 6 pcs bawang merah
- 3 pcs bawang putih
- 1 sendok makan ketumbar sangrai (haluskan)
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 cm jahe
- 1 ruas jari kunyit segar atau 1 sendok teh kunyit bubuk
- 1/4 sendok teh jintan
- 6 pcs cabai keriting (tambah  jika ingin lebih pedas)
-2 pcs cabai lombok  (tambah  jika ingin lebih pedas)

Bahan dan bumbu lainnya:
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula palem bubuk atau gula jawa/merah sisir halus atau 1 sendok  makan madu
- 1 sendok teh garam

*Bumbu Sambal Kecap
- 3 pcs bawang merah (potong dadu)
- 1 pcs bawang putih (potong dadu)
- 1 batang daun bawang (rajang kasar)
- 6 pcs cabai rawit iris tipis  (tambah  jika ingin lebih pedas)
- 2 pcs cabai merah keriting
- 3 sdm kecap manis
- 1 sdm kecap asin
- 1/2  buah tomat (potong dadu)
- 1/4  sdt garam
- 1 sdm air jeruk nipis

*Campur semua jadi satu, cicip dan koreksi rasa

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ikan, kucuri dengan air jeruk npis, sisihkan
  2. Blender halus bumbu ikan, saya mencampurnya dengan sedikit air. Tumis dengan sedikit minyak lalu masukkan bumbu. Saya tidak menumisnya  melainkan langsung di campur dengan ikan agar nol % minyak
  3. Campur dengan bumbu lainnya seperti kecap, gula dan garam. Rendam ikan minimal 1 jam (masukkan chiller)
  4. Panggang ikan. Saya memasukkannya ke dalam daun pisang. Lalu dipanggang hingga matang
  5. Sajikan dengan sambal kecap dan lalapan lainnya

Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.