Enting Enting Kentang Pedas Manis

Jajanan tempo dulu yang tetap jadi primadona, jika kebanyakan enting-enting terbuat dari kacang tanah, sebagai  anak dari seorang ibu penderita asam urat, saya mencoba membuat cemilan dengan kandungan purin terendah jadilah membuat enting enting kentang. Sama seperti kering kentang yang suka di jadikan lauk makan, enting enting kentang ini untuk cemilan saja. Namun ibu sudah tua, dengan gigi yang tak kuat lagi. Tapi mengobati dan memenuhi keinginannya,saya suka membuat ini untuk cemilan. Dan yang akan menikmati adalah ayah saya. Kalau ibu makan ini paling di emut saja. Sama seperti kalau ibu makan kerupuk, dan cemilan garing lainnya bisanya cuma di emut. Ibu menderita asam urat dan diabetes membuat saya suka  mati gaya untuk menghadirkan makanan kesukaannya.

Untuk bentuk bisa di sesuaikan dengan selera, bisa dimasukkan ke dalam loyang lalu di potong -potong persegi, saya suka membuat bentuk bulat-bulat begini, selain alasan lebih gampang menurut saya, juga sekalian uji tangan, hahaha (bercanda), tapi memang campuran kering kentang dan gula yang masih panas, harus cepat cepat di bulatkan, agar tidak mengeras dan kesulitan kita membentuknya. Dulu teman saya Ferawati yang dari Bengkulu suka membuat ini, jadi sejak dia memberi gula karamel pada enting enting kacang berbentuk pistel yang dia masak, saya suka saja kegiatan saat "buru-buru" melapisi karamel gula agar menempel sempurna. 

Kentang memiliki kandungan karbohidrate, vitamin, mineral, protein hingga asam folat yang baik bagi tubuh, walau biasanya kentang dijadikan sayuran, membuat olahan kentang berbentuk enting -enting bisa menjadi alternatif bagi siapapun yang menghindari kacang-kacangan terutama kacang tanah yang suka dijadikan cemilan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Enting -enting kentang ini manis dengan cara pedas di dapatkan dari cabai bubuk yang ditambahkan kepada karamel gula. Saya membuat enting -enting ini dari kentang 500 gram, dan hanya menjadi 1 toples gelas ukuran 250 ml. Lipat gandakan sesuai keinginanmu takaran di resep ini dan sesuaikan dengan level pedasmu. Yuk mari buat enting enting kentang pedas manis berikut ini

Entin - Enting Kentang Pedas Manis

Bahan :
500 gram kentang 
7 -8  sdm gula pasir (sekitar 80 gram)
2 sdm peres cabai bubuk (saya membuatnya dari cabai rawit kering, bisa menggunakan bon cabe atau merk lainnya, atau kurangi sesuai level pedas masing -masing)
1/2 sdt kapur (saya tidak pakai)
1 sdm air jeruk nipis (optional, untuk penambah aroma)
Minyak untuk menggoreng 
Cara membuat
  1. Kupas dan bersihkan kentang, biarkan kentang terendam air, untuk mencegahnya teroksidasi dan menyebabkan kulit kentang kehitaman. Jika menggunakan FP , chopper kentang kasar, saya menggunakan parutan biasa. 
  2. Cuci bersih kentang hingga air cucian jernih, jika air cucian keruh dan masih berwarna putih, cuci kembali kentang hingga air cucian jernih. Kentang parut yang masih memiliki pati (yang ditandai dengan air cucian masih putih /keruh) akan menyebabkan kentang tidak kering ataupun garing. 
  3. Beri taburan kapur bubuk dan rendam kentang 10 menit. Cuci bersih tiriskan. Saya tidak melakukan step ini, karena jika kentang telah di cuci bersih masih tetap kering dan garing. Panaskan minyak agak banyak, goreng kentang hingga kuning kecokelatan, ditandai dengan berkurangnya buih pada minyak. Pada saat dimasukkan, jangan aduk kentang karena mudah hancur, nanti jika telah menyatu dan sedikit kering, baru aduk hingga matang merata. Angkat dan tiriskan, lakukan hingga kentang parut sudah di goreng semuanya
  4. Dengan menggunakan wajan berbeda, masak gula pasir dan air jeruk nipis hingga gula mencair menggunakan api sedang. Jika sudah larut, tambahkan cabai dan aduk rata. Tambahkan kentang kering. Aduk cepat. Angkat. 
  5. Bulat -bulatkan kentang yang masih dalam keadaan hangat, kalau sudah dingin akan mengeras dan sulit di bentuk. Dinginkan , kemas di toples
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.