Cumi Saus Padang - Saus dengan citarasa asam pedas manis

Saus Padang, mungkin sudah tak asing lagi. Saus berwarna merah dengan citarasa asam manis dan pedas dalam satu sensasi gigitan. Warung tenda seafood kerap menyajikannya. Diolah untuk cumi, ikan, udang bahkan kepiting. Kalau menggunakan saus pabrikan biasanya tastenya akan cenderung sama satu sama lain. Menggiling bumbu saus sendiri tentu akan memiliki taste yang berbeda. Dan tentu saja kita bisa menyesuaikan dengan selera masing masing, mau terlalu pedas atau ringan saja pedasnya dan tanpa MSG. Baik kandungan MSG dari saus botolan ataupun dari sumber saus padang itu sendiri. Sekali lagi Homemade is the best. 


Jika saja kita mengenal bahaya bahan pengawet, tentu kita akan berusaha maximal menghindarinya. Apalagi jika ada keluarga yang survivor kanker. Sakit itu mahal sekali, karena itu jagalah kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi bahan makanan yang terjamin kualitasnya, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga. Sudah berusaha maximal dan masih terkena juga. Mungkin itu cara Allah menghapuskan dosa dan kesalahan kita, jadi yang bisa dilakukan selain ikhtiar pengobatan adalah ikhlas, walau tak mudah tentu saja. Belum mengenal bahan pengawet yang mengintai kita?, coba baca ini Mari Mengenal 7 bahan Pengawet di sekitar kita . Semoga cukup menambah wawasan. 


Nah berbicara dengan saus padang kali ini, ntah kenapa dinamakan saus padang, walau sumbernya bukan dari padang. Mungkin karena warnanya merah merona, seperti masakan padang pada umumnya. Aslinya rasanya tidak sepedas saat kita makan Ikan bakar /Ayam bakar bumbu padang di rumah makan padang. Rasanya lebih ke Asam Manis Pedas 

Agar lebih merah gunakan cabai keriting kering, namun jika tidak ada, stok saya lagi habis maka gunakan saja cabai merah segar. Rasanya sama, hanya warna merahnya seperti punya saya. Tidak terlalu merah merona. Dan gunakan bahan bahan segar agar rasa dan aroma masakanmu lebih kuat ,enak dan tidak amis. 

Cumi yang telah disiangi bisa dikupas kulitnya bagi yang menginginkan tampilan putih merona, atau biarkan dengan kulitnya bagi yang menyukainya. Jangan lupa siangi dengan benar dan rendam dengan air asam jawa agar cuminya kesat dan tidak berlendir.  Olahan cumi dan cara membersihkannya bisa baca disini Cumi Isi Kuah Kalio  Mau mencoba membuat Cumi Saus Padang, berikut ini resepnya

Cumi Saus Padang 

Bahan :
600 gram cumi ukuran besar /sedang (saya sekitar 6 pcs. Siangi, potong melintang setebal 2 cm )
1/2 sdm  garam
1 sdm asam jawa
1 sdm air jeruk nipis /jeruk purut/lemon
1 pcs tomat merah ,buang bijinya potong dadu (bisa diganti nanas)
1/2 sdm minyak wijen
100 ml air
1/2 sdm gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Bumbu Halus 
3 pcs cabai merah keriting
3 pcs cabai merah keriting
2 pcs  cabai rawit merah
5 pcs  bawang merah
4 pcs bawang putih
2pcs tomat (buang bijinya)
2 cm jahe (keruk kulitnya-saya 1 sdt jahe bubuk)
minyak untuk menumis

Taburan 
Daun bawang iris halus secukupnya

 Cara membuat
  1. Asam jawa rendam dengan  sedikit air hangat, lalu cumi yang telah di bersihkan dan dicuci bersih ( tinta, plastik,tentakel dan matanya telah dibuang) di rendam air asam jawa agar cumi kesat, tidak berlendir dan tidak ada aroma amis. Sisihkan. Cuci bersih. 
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Saya memblender dengan sedikit air. Tumis hingga harum dan matang dengan api kecil. Matikan api, masukkan cumi, dan bumbu lainnya. Nyalakan api kompor besar. Masak dan aduk rata cumi. Koreksi rasa. Masak cumi sekitar 5 menit dengan api besar. Masak cumi sebentar saja jangan lama-lama nanti alot
  3. Sajikan beri daun bawang iris

Selamat mencoba   The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.