Celimpungan - Fish Ball Coconut Milk Palembang Style

Celimpungan adalah bola -bola ikan dengan kuah santan kelapa ala Palembang Sumatera Selatan, serupa dengan tekwan namun ukuran bola bola ikannya nya lebih besar. Biasanya dalam 1 mangkok hanya berisi 5 -6 celimpungan. Penampilan kuahnya sekilas mirip soto, tetapi kuah celimpungan biasanya lebih kental santannya, lebih creamy, yummy dan tidak pedas. Oleh karena itu penyajian celimpungan selalu diiringi dengan sambal merah /sambal cenge dalam bahasa palembang.

Bahan dasar celimpungan sama seperti empek -empek atau pempek ikan pada umumnya, maka nya jika saya membuat pempek, dalam 1 kg ikan akan jadi bervariasi tampilan mulai dari tekwan, pempek lenjer dan pempek crispy. Enaknya lagi variasi pempek ini bisa dijadikan frozen food. Jadi jika telah selesai dimasak, semuanya bisa saya bekukan per porsi untuk kemudian disantap sewaktu-waktu. 


Bola bola ikan ala Celimpungan atau tekwan ini tanpa terigu, oleh karena itu sedikit tips di postingan sebelumnya yaitu pempek Smoked Beef (Tanpa terigu dan Labu Siam) ini penting untuk di ketahui pemula agar celimpungan /tekwan yang dibuat matang sampai ke dalam, tidak keras dan mentah tengah, silahkan baca disini. Jika membuat pempek lenjer perlu di rounding dulu agar permukaannya rata, membuat tekwan /celimpungan ini tidak perlu karena memang bentuknya kribo /tidak rata.

Jika tidak menyukai santan yang kental bisa di encerkan ya, kebetulan saya lebih suka kuah santan yang kental. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng,dan sambal di sampingnya. Anak -anak aman makan, begitupun orang dewasa, kalau kurang pedas, tinggal sendokkan sambal banyak banyak. Yuk ahh buat sendiri celimpunganmu. 

Celimpungan   - Fish Ball Coconut Milk Palembang Style

Bahan Celimpungan /Tekwan :
Ikan Giling 500 gram (Pilih daging giling yang berwarna putih seperti ikan kakap, tenggiri,gabus)
Air es 200 ml
Sagu 300
35 gram garam 
2 butir putih telur
5 siung bawang putih halus (saya blender dengan sedikit air)

Kuah Santan
2 cm lengkuas memarkan
1 lembar daun salam
1 batang serai memarkan,ikat simpul
400 ml santan kelapa (dari 1/2 santan kelapa, atau 2 bungkus santan instan)

Bumbu Halus
10 pcs Bawang merah 
6 pcs Bawang Putih
2 cm  kunyit (1/2 sdt kunyit bubuk)
1 sdm  ketumbar
5 pcs Kemiri

Cara membuat Celimpungan
  1. Ikan,air dan garam diaduk cepat (bisa menggunakan mixer atau pengaduk). Aduk sampai kental dan berbentuk pasta (air dan daging ikan menyatu sempurna), Tambahkan putir telur, bawang putih halus  ke dalam pasta ikan, aduk rata dan simpan dalam freezer minimal 30 menit
  2. Didihkan air bersih hingga mendidih, kecilkan api
  3. Keluarkan pasta ikan, tambahkan  sagu ke dalam  adonan. Aduk rata secukupnya saja. 
  4. Ambil 1 sendok makan adonan, atau secubit besar  masukkan  ke dalam air mendidih dan masak sampai mengapung. Pastikan jangan terlalu banyak mengisi panci dengan adonan, nanti mentang dibagian dalam
  5. Angkat lalu masukkan ke baskom berisi air. setelah 10 menit tiriskan. Beri serbet pada tirisan tekwan /celimpungan agar  lebih kering dan tahan lama. Sisihkan. 
Kuah Santan
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan lengkuas, daun salam dan batang sereh. Aduk rata
  2. Tambahkan santan cair, masak sampai mendidih, jaga santan jangan sampai pecah dengan mengaduknya 1 arah saja, dan jangan terlalu mendidih.
  3. Masukkan celimpuangan ke dalam kuah sesaat akan disajikan, beri taburan bawang goreng. 
  4. Siap disajikan bersama sambal cenge /sambal favoritmu lainnya
Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.