Tips Cara mengawetkan Aneka Jenis Makanan di rumah

Sebelumnya saya pernah memposting tentang Frozen Food sebagai Cara Pengawetan Makanan Jaman Now linknya disini  Sekarang kita akan membahasnya lebih spesifik yaitu  cara mengawetkan beberapa jenis makanan ikan, daging, buah-buahan hingga makanan olahan . Jika membaca link saya sebelumnya, kita harusnya sepakat bahwa pengawetan makanan yang murah adalah dengan menggunakan metode foozen. Dan hampir semua  makanan bisa dijadikan frozen food. Mulai dari daging dan olahannya, roti dan semua jenisnya mulai dari Pao, Pizza, Roll cake , pastry dll. Agar mendapatkan umur simpan makanan yang lama tanpa tambahan pengawet, dalam kualitas yang sama seperti aslinya (sebelum di frozen) sebaiknya menyimak beberapa tips berikut ini


Membekukan Ikan, Daging dan Ayam 
  •  Ikan sangat mudah busuk maka harus dicuci bersih. Bersihkan ikan dari sisik,isi perut dll. Bila hanya menginginkan dagingnya  fillet ikan dan pisahkan dari tulang dan durinya. Kucuri dengan perasan air jeruk nipis.  Kemas per porsi kebutuhan. Bisa di bekukan dengan memasukkan ke wadah plastik dengan atau tanpa air di dalamnya. masa simpan bisa sampai 8 bulan, namun untuk tongkol atau salmon bisa bertahan 3-4 bulan
  • Daging segar potong sesuai kebutuhan. pisahkan tulang dan bagian berlemak. Lemak membuat daging cepat tengik. Tata dalam wadah, jangan terlalu berdekatan lalu bungkus dengan plastik, bekukan di freezer. Pengemasan harus baik jangan bocor. Masa simpan : 6 -12 bulan. Jenis daging yang banyak mengandung lemak kurang bisa tahan lama
  •  Daging ayam pilih yang segar. Scrub dengan garam kasar untuk menghilangkan bau langu dan lendir pada daging ayam (ayam pedaging). Kemas per porsi dalam wadah plastik. Jangan membekukan jeroan dalam satu kemasan. Pisahkan,bungkus per porsi, tempatkan dalam wadah dan bekukan.Masa simpan ayam bisa 12 bulan. Sedangkan jeroaan kurang dari 3 bulan.
Menyimpan sayuran beku
Membekukan sayur mayur perlu cara khusus. Lakukan Metode blanching, yaitu dengan cara mencelupkan sayuran ke dalam suhu panas sesuai waktu yang dibutuhkan. Blanching bertujuan menghentikan aktivitas enzim pada sayuran dan membunuh mikroorganisme yang ada dipermukaan sayuran. Blanching yang berlebihan membuat sayuran terlalu matang, hilang rasa, warna berubah bahkan nutrisi berkurang. Perhatikan potongan sayur yang akan diblanching. Semakin besar ukuran sayur semakin lama blanching. 

Beberapa metode Blanching adalah
1. Blanching air. 
Cara paling mudah adalah mencelupkan ssayuran ke dalam air panas. Gunakan perbandingan air sesuai untuk sayuran yang akan dicekupkan 2L air panas untuk mencelup 500 gram sayur. Gunakan keranjang atau peniris saat mencelupkan sayuran. Biarkan air tetap mendidih selama proses blanching

2. Steam Blanching
Blanching dengan pengukusan memerlukan waktu yang sedikit lebih lama daripada blanching air. Gunakan pengukus yang memiliki lubang agar udara panas dapat menerobos lubang tersebut. Jangan mengisi air kukusan terlalu penuh beri jarang 5-6 cm dari saringan pengukusan. Steam blanch cocok untuk sayuran yang sudah diiris seperti labu, wortel atau tauge. 

Setelah proses blanching selesai. Dinginkan segera untuk menghentikan proses pemasakan akibat suhu panas. Masukkan sayur dalam air dingin yang telah diberi es. Tiriskan sayuran setelah cooling. Terlalu banyak air  yang tersisa akan menurunkan mutu sayuran yang dibekukan.

Tips khusus blanching sayur
  1. Rebung. Pilih rebung bagus. Kupas, bersihkan dengan air. Potong sebesar korek api. Blanch dalam air mendidih 100 oC selama 3 -4 menit. Dinginkan dalam air cooling, tiriskan, kemas dalam plastik, bekukan dalam freezer.
  2. Kacangan -kacangan. Pilih yang masih segar, kupas dan pisahkan berdasarkan  ukuran besar kecilnya.Kacang tanah /merah yang kecil bisa diblanching  2 -3 menit, sedangkan yang besar 4 -5 menit. Dinginkan, tiriskan, kemas dalam plastik, bekukan dalam freezer.
  3. Umbi-umbian.Pilih yang masih bagus. Ambil kentang /ketela pohon /ubi kayu lalu  kupas dan bersihkan. Rendam dalam air galam, potong -potong sesuai kebutuhan (Bulat, stick atau dadu) dan kelompokkan berdasarkan besar kecilnya. Untuk irisan kecil bisa dimasak   4 -5 menit, sedangkan yang besar 7 -10 menit. Dinginkan, tiriskan, kemas dalam plastik, bekukan dalam freezer. 
  4. Jagung manis.Ambil jagung yang masih segar,  kupas, bersihkan dan cuci. lepaskan bulir jagung dari tongkolnya menggunakan pisau. Blanch 3 -4 menit,dinginkan lalu tiriskan, kemas lalu bekukan. Bila ingin membekukan jagung utuh (cob corn) waktu blanching selama 9 -11 menit. 
  5. Wortel. Pilih wortel yang bagus dan segar, buang bagian ujungnya, kupas dan cuci bersih, potong sesuai kebutuhan dadu (diced) atau korek api (julienne). Celupkan dalam air panas selama 2 menit untuk ukuran kecil, 5 menit untuk ukuran besar. Dinginkan, tiriskan, kemas dalam plastik, bekukan dalam freezer.
Masa Simpan : Masa simpan sayuran beku bisa panjang. Sayuran bisa disimpan selama 10 bulan. Perhatikan suhu freezer dan kemasan jangan terbuka. Mutu sayuran tergantung suhu freezer dan pengemasan. Suhu turun naik membuat sayuran mudah kering, rasa berubah dan mutu menurun. Kemasan yang terbuka akan menjadikan makanan cepat kering.

Mengawetkan Telur

Telur jarang dibekukan karena telur segar bisa disimpan dalam suhu lemari es 2-3 minggu, apalagi telur tersedia setiap saat. Tapi tidak menutup kemungkinan agar praktis dan mempunyai telur berlebih, maka telur dapat dibekukan di dalam freezer. 

Bekukan telur yang masih segar. Jangan membekukan telur dengan kulitnya karena kulit telur mudah pecah. Telur matang kurang bagus dibekukan karena tekstur putir telur terasa seperti karet. Seperti Pempek Kapal selam frozen tekstur isian yaitu bagian putir telur saat telah di trawling dan digoreng ulangpun, tekstur putih telur nya seperti karet. Sehingga saya lebih menyukai pempek kapal selam bukan froozen dibandingkan dengan pempek atau makanan lainnya. 
Supaya hasil pembekuan sempurna ditambahkan garam atau telur sebelum telur dibekukan. Bisa hanya membekukan putih atau kuning telur saya. Bila menambahkan garam atau gula dicatat informasinya takaran garam /gulanya pada kemasan. Agar saat diolah kita bisa menyesuaikan dengan rasanya.

Masa simpan : Telur beku bisa tahan sampai 10 bulan

Mengawetkan bawang,cabai dan bumbu dapur

Bawang umumnya lebih tahan lama di bandingkan cabai. Baik bawang merah, bawang putih dan bawang bombay jika sudah dikupas bisa dimasukkan ke plastik terpisah dan diletakkan pada wadah kedap udara. Untuk mengawetkan dalam waktu lama bisa di letakkan di freezer dalam porsi secukupuya. Begitupun cabai, daun jeruk, daun kunyit, daun salam. Letakkan dalam wadah tertutup dan di letakkan di frezer, karena daun mudah kering, layu dan berwarna kecoklatan jika di letakkan di bagian sayur dan buah.

Mengawetkan Kaldu

Kaldu yang dibuat sendiri selain lebih sehat juga tahan lama. Asal mengerti caranya. Membekukan kaldu dengan porsi secukupnya adalah jawaban tepat, murah dan lezat. 

Jenis kaldu bisa berasal dari Ayam. Tulang sapi, daging, seafood. Manfaatkan Tulang ikan atau kulit udang untuk kaldu juga bisa. Caranya sangat mudah cukup untuk kaldu ayam siapakan bagian ceker ayam/tulang ikan lalu rebus dengan air secukupnya dan ditambahkan bawang putih lalu di rebus dengan api sedang hingga jumlah air berkurang 1/2nya. Jika saat perebusan ada busa berwarna coklat ,ambil saringan /sendok lalu ambil perlahan -lahan dan dibuang. Hal ini akan membuat kaldu ayam menjadi lebih sehat dan nikmat. Begitupun kaldu udang.Kucuri air jeruk nipis di kulit dan kepala udang lalu bilas hingga bersih selanjutnya  Kulit udang dan kepala udang direbus bersama bawang putih dengan air secukupnya. Lantas direbus sampai air berkurang setengahnya. Jika menggunakan kepala udang tekan -tekan bagian kepala udang untuk membantu keluar kaldu udang yang terperangkap di kepala udang. Warna kaldu tergantung dengan jenis udang. Terkadang putih keruh, sedikit hitam atau kemerahan. 

Air rebusan kaldu di diamkan sampai dingin lalu kemas dalam plastik berukuran secukupnya. Bisa dimasukkan ke dalam cetakan es batu dan bisa keluarkan secukupnya saat akan dipergunakan. Asal jangan lupa atau kecampur saja, ntar saat membuat es teh malah ditambahkan air kaldu :). Baiknya masukkan ke wadah kecil -kecil lalu dikemas. Agar aman dan terhindar dari rasa was -was. :)

Masa Simpan : Kaldu beku bisa disimpan dalam freezer selama 3 -4 bulan. Perhatikan pembungkusan, jangan sampai rusak dan suhu freezer tetap terjaga. 

Membekukan Buah -Buahan

Membekukan buah-buahan hampir sama dengan sayuran. Buah mengandung enzim yang dapat menyebabkan warna kecokltan (browning) dan kehilangan vitamin C. Orang lebih suka memakan buah dalam kondisi segar dan hanya disimpan dalam suhu lemari es. Tidak ada salahnya, kita membekukan buah untuk tujuan praktis atau persediaan buah berlebihan. Sayang daripada buah menjadi busuk :). Buah yang telah dibekukan akan berubah tekstur sehingga jika akan disantap biasa kurang enak. Saya biasanya mengolah menjadi smoothies, salad buah,  sorbet. Caranya cukup mudah yaitu dengan memblender halus buah beku dan dihidangkan menjadi smoothies atau sorbet. Jika akan menyajikan salad buah cukup di potong -potong saat telah setengah beku dan disiram mayonaise. Yummy

Jika akan membekukan buah -buahan, maka pilih buah yang segar dan bagus. Bisa dipilih nanas, mangga, arum manis, apel dan rambutan, kupas dan cuci bersih. Jangan dibiarkan terlalu lama di suhu terbuka agar tidak berwarna coklat. Untuk menghindari warna cokelat, siram dengan air dingin yang ditambahkan perasan jeruk atau rendam dalam air garam. Potong sesui kebutuhan, celupkan dalam air panas dinginkan dan tiriskan, kemas dalam plastik tertutup, bekukan. Jangan menggunakan wadar dari logam karena asam pada buah -buahan akan bereaksi dengan logam dan menghasilkan rasa kurang enak. 

Untuk hasil terbaik, bisa dicelupkan gula setelah cooling, tiriskan lalu bekukan. Gula dapat membantu mempertahankan rasa dan warna dan tekstur buah -buahan.

Masa Simpan : Buah -buahan di dalam freezer bisa mencapai 8 -12 bulan.Buah -buahan yang masam terkadang tidak terlalu lama masa simpannya. Perhatikan kemasan jangan sampai bocor atau berlubang.

Membekukan Roti, Cake dan Puff Pastry

Jika kita ke area frozen food di supermarket ada banyak roti, mantau, pastry yang dibekukan. Nah itu adalah bukti bahwa frozen food bisa di terapkan hampir di semua sektor makanan. Jadi jangan khawatir rasa dan bentuk roti mengalami banyak perubahan setelah dibekukan. Tidak perlu khawatir roti berjamur. Untuk persediaan buat sendiri pizza base, roti  dan pastry, lalu simpan di dalam freezer. Ambil roti secukupnya untuk sarapan pagi sehingga  tidak perlu membuat roti atau pastry setiap hari.

Cara membekukan roti sangat sederhana. Setelah roti atau pastry dipanggang dan matang, dinginkan kemas dalam plastik. Lebih baik mengemas roti perpotong atau perporsi. Jangan terlalu besar bongkahannya. Masukkan dalam freezer. Adonan dasar roti pizza, donat atau pastry bisa di panggang sampai matang tanpa warna coklat dipermukaannya. Saat akan dijual di thwaring dan diberi topping sesuai pesanan. Lebih Praktis, ekonomis dan tidak repot bukan?

Masa Simpan : Roti, Cake dan Puff Pastryu bisa disimpan dalam freezer selama 3-4 bulan. Perhatikan pembungkusan, jangan sampai rusak dan suhu freezer tetap terjaga. 

Makanan Olahan
Makanan olahan adalah jenis makanan yang sudah diolah dan ditambahi bahan -bahan lain sehingga menjadi lebih bervariasi. Jenis makanan olahan misalnya lauk pauk seperti rendang daging ,nugget, sosis, lumpia, siomay dll.Agar pembekuan mencapai hasil maksimal, perlu diperhatikan kebersihan dan sanitasi peralatan selama proses pembuatan.

Bersihkan bagian kotor sayur, buah,udang ,ikan atau bahan lain dalam pembuatan makanan. Cuci peralatan seperti mangkok, pisau,piring,sendok dan wadah food processor. Sisa kotoran pada bahan yang akan di olah akan mengkontaminasi makanan.Setelah proses pemasakan, dengan cara digoreng, dikukus atau direbus, dinginkan makanan sampai benar-benar dingin. Jika perlu, gunakan kipas angin atau blower agar suhu panas cepat hilang atau bisa juga direndam dalam air dingin. Jangan membekukan makanan dalam kondisi panas karena hasil pembekuan kurang sempurna, banyak bunga es, merusak freezer dan pembekuan tidak sempurna

Bungkus makanan dalam wadah tertutup rapat. Jangan biarkan udara freezer masuk. Beri tanggal pembuatan. Jika akan di olah. Thawringkan dahulu.


Semoga bermanfaat The Secret Ingredient Is Always Love Denia Kitchen

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.